Gramedia bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan Komite Buku Nasional menyelenggarakan Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018. Acara yang diadakan oleh Gramedia ini mengangkat tema Explore Ideas, Inspire People. Sebuah acara inspiratif dan inovatif yang betujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan angka literasi di Indonesia. Selain itu bertujuan juga untuk memberikan motivasi kepada pembaca, penulis semula ataupun penulis yang sudah masuk ke dalam dunia kepenulisan untuk tetap berkarya serta meningkatkan kemampuan menulis. Acara ini merupakan ajang temu, diskusi, dan sharing antara penulis dan pembaca. Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018 diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 07 & 08 April 2018 di Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jl. Medan Merdeka Selatan, No. 11, Jakara Pusat.

Acara Gramedia Writers and Readres Forum (GWRF) 2018 menghadirkan 25 penulis yang menjadi narasumber antara lain Tere Liye, Eka Kurniawan, Sapardi Djoko Darmono, Leila S. Chudori, Joko Pinurbo, Maman Suherman, Dhony Dirgantoro, Bernad Batubara, dan lainnya. Acara yang berlangsung selama dua hari ini terdiri dari sesi panel diskusi antara peserta dan penulis. Terdapat juga sesi editors clinic dimana peserta mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan para editor. Pada sesi ini perserta akan mendapatkan masukkan terhadap naskah yang telah mereka tulis, dan juga diramaikan oleh Gramedia Exhibitions yang menyajikan banyak produk dengan harga khusus.

Opening ceremony yang diadakan pada hari Sabtu, 07 April 2018 pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh Bapak Y. Priyo Utomo selaku CEO PT. Gramedia Asri Media, Bapak Suwandi S. Brata selaku Publishing and Education Director PT. Gramedia Asri Media,

Bapak Rusdi Amral selaku Corporate Communication Director Kompas Gramedia, Bapak Drs. Muh. Syarif Bando, M.M., selaku Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Bapak Hassan Abud selaku Direktur Hubungan AntarLembanga Dalam Negeri Bekraf. Rangkaian acara opening ceremony GWRF 2018 di awali dengan sambutan yang diberikan oleh Publishing and Education Director yaitu Bapak Suwandi S. Brata dan di lanjutkan sambutan yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu Bapak Drs. Muh, Syarif Bando, M.M. Selanjutnya di meriahkan dengan menuliskan quotes dan tanda tangan pada wall of fame sebagai tanda bahwa GWRF 2018 telah di buka para peserta.

Animo masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi, terlihat di pagi hari selama dua hari acara berlangsung peserta yang datang sudah antre untuk registrasi uang dan ingin segera mengikuti rangkaian acara Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018. Terdapat tujuh belas sesi panel diskusi yang mengisi serangkaian acara ini dengan tema – tema yang seru dan inovatif seperti sastra indonesia di dunia internasional, menggerakan literasi melalui sosial media, rahasia dibalik karya, komik indonesia itu asyik, pengembangan ip, perhitungan pajak untuk penulis, menulis untuk pembaca millenials, menyayangi puisi dan banyak tema menarik lainnya.

Panel diskusi terakhir pada acara Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018 di tutup dengan sesi yang diisi oleh dua tokoh legend dibidang sastrawan yaitu Sapardi Djoko Damono dan Joko Pinurbo. Selain itu juga sesi ini di akhiri dengan Musikalisasi Puisi yang diisi oleh penampilan dari Opie Andaresta dengan membawakan puisi dari Joko Pinurbo, serta Tatyana Soebianto dan Umar dengan membawakan puisi dari Sapardi Djoko Damono. Seluruh penonton yang menyaksikan pertunjukkan Musikalisasi Puisi terpakau di buatnya, semua mata tertuju pada penampilan dari pengisi acara yang menampilkan Musikalisasi Puisi masing – masing penulis.

Antusisme dari para pengisi acara dan peserta di acara Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018 sangat positif, mereka mengharapkan Gramedia dapat mengadakan acara serupa di tahun depan. Dengan adanya acara Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2018 ini, Gramedia berharap dapat menjadi destinasi baru masyarakat Indonesia dalam menikmati literasi dengan cara yang menyenangkan.

(Intan Tri Damayanti & Alchia Amanda Putri/ PR GoRP)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…