Gramedia kembali mengadalan Awarding Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2017. Acara yang telah digelar kedua kalinya berlokasi di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat 28 September 2018 pukul 13.30. Acara ini di hadiri oleh Bapak Lilik Oetama selaku CEO Kompas Gramedia, Bapak Y. Priyo Utomo selaku CEO PT Gramedia Asri Media, Bapak Rusdi Amral selaku Corporate Communication Director, Bapak Thomas Athanasius selaku Corporate Secretary Kompas Gramedia, mewakili Menteri Pendidikan Bapak Ir. Harris Iskandar, Ph.D selaku Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mewakili Menteri Sosial Ibu Puti Chairida Anwar selaku Kasubdit Pelayanan Sosial Anak Balita dan Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial Republik Indonesia, dan mewakili Menteri Desa PDTT Bapak Bonivasius Prastya Ichtiarto selaku Kepala Biro Humas Kementerian Pedesaaan PDTT Republik Indonesia.

Sebanyak 20 taman dan komunitas baca dari Aceh hingga Papua telah terpilih untuk menerima penghargaan. Mereka merupakan juara dari 5 wilayah regional yang sebelumnya telah ditentukan oleh Gramedia. Kelima regional ini dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik yang berbeda, sehingga tidak ada juara nasional. Adapun kelima regional tersebut adalah Regional Sumatera; Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat; Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta; Jawa Timur, Bali, NTB dan Kalimantan; serta Regional NTT, Sulawesi dan Indonesia Timur.

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2018

Gramedia Reading Community Competition merupakan kompetisi rutin PT Gramedia Asri Media untuk mencari komunitas dan taman baca yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dari seluruh Indonesia. Selanjutnya, mereka yang terpilih akan mendapatkan development funding berupa hadiah dan donasi buku selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara literasi di wilayag masing – masing bersama Gramedia.

Puncak acara diisi oleh penampilan spesial dari anak didik dari masing-masing komunitas baca pemenang GRCC tahun 2016. Sejumlah 100 penampil didatangkan dari seluruh Indonesia. Anak-anak multitalenta ini akan menampilkan pertunjukan seperti membaca dan musikalisasi puisi, penampilan teaterikal, dan beragam tarian serta lagu daerah. Tentunya, acara ini juga diisi dengan inspirational sharing dari Kang Maman (Penulis dan Penggerak Literasi) serta Ibu Nursyida Syam (Penggerak Literasi dari Klub Baca Perempuan Lombok Utara), dimana beliau beserta anak – anak didiknya berusaha bangkit setelah didera gempa.

Selain penganugerahan pemenang GRCC 2018, Gramedia juga meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com. Situs web tersebut dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi, seperti artikel, aktifitas, profil komunitas/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan oleh Gramedia.

Launching website literasinusantara.com

Secara khusus, didalam website ini tersedia pilihan menu donasi untuk para penggiat literasi, khususnya para pemenang GRCC. Beberapa pilihan donasi yang dapat diberikan meliputi Donasi Operasional (untuk kegiatan dan kebutuhan operasional taman baca), Donasi Paket Buku (pemesanan melalui Gramedia), dan donasi untuk kampanye atau acara literasi yang digelar oleh para pemenang. Setiap donasi yang diberikan akan langsung ditujukan kepada masing – masing penggiat literasi.

Gramedia senantiasa berupaya untuk menginisiasi kegiatan bertema literasi. Melalui berbagai kegiatan tersebut. Gramedia berharap semakin banyak masyarakat yang mencintai kegiatan membaca, menulis, dan menginspirasi satu sama lain melalui karyanya. Berkolaborasi bersama para penggerak literasi di seluruh Indonesia, merupakan wujud keseriusan Gramedia dalam mendukung pemerintahan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui literasi.

Acara Awarding Gramedia Reading Community Competition 2018 & Launching literasinusantara.com didukung oleh banyak pihak Kementerian Pendidikan, perbankan, asuransi, dan perusahaan – perusahaan yang peduli akan literasi di Indonesia.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Total
13
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…