Bagi kalian sih kutu buku, membaca adalah kegiatan hiburan untuk mengisi waktu luang di sela – sela kesibukkan bekerja. Namun bagi pelajar dan mahasiswa membaca merupakan suatu kewajiban, jika tidak membaca buku mereka tidak akan dapat menerima pelajaran dengan baik.

Agar apa yang kalian baca tetap tersimpan di dalam memory, maka dibutuhkan cara membaca yang tepat agar kegiatan membaca lebih efektif dan efesien. Selain metode SQ3R : Survey, question, read, recite, review, dan metode seperti scanning dan skimming. Masih ada banyak langkah – langkah untuk membaca buku secara efektif. Yuk simak penjelasan dibawah ini :

  1. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Membaca
    Waktu dapat memperngaruhi efektivitas kalian dalam membaca. Membaca pada waktu yang tidak tepat dapat membuat konsentrasi kalian terpecah. Selain itu informasi yang kalian baca tidak bisa didapatkan secara utuh. Sebisa mungkin jangan sampai kalian menunda buku yang sedang dibaca karena hal tersebut dapat mengurangi pemahaman isi pada buku tersebut. Waktu yang tepat untuk membaca biasanya berada di suasana yang tenang seperti malam hari.
  2. Pilih Posisi Nyaman Untuk Membaca
    Posisi nyaman ketika membaca buku dapat mempengaruhi proses dalam menangkap informasi yang disajikan di dalam buku tersebut. Setiap orang memiliki posisi nyaman yang berbeda – beda, ada yang senang membaca buku sambil duduk dan meletakkan bukunya di sebuah meja. Ada juga yang lebih senang membaca buku sambil berbaring.
  3. Jaga Jarak Pandang
    Menjaga jarak pandang ketika sedang membaca sebuah buku merupakan satu hal yang sangat penting. Jika kita perhatikan membaca dengan jarak antara mata dan buku yang dekat memang terlihat lebih fokus tapi justru membaca dengan jarak dekat dapat membuat kalian sulit memahami isi dari bacaan buku tersebut karena hanya melihat bacaan dari kata perkata. Secara teori jarak pandang yang baik adalah sekitar 30cm, dalam jarak ini pandangan kalian akan lebih luas dan dapat melihat buku secara utuh.
  4. Membaca Ringkasan Buku Terlebih Dahulu
    Biasanya di setiap buku terdapat ringkasan isi pada bagian akhir, sampul belakang. Bacalah ringkasan buku tersebut terlebih dahulu sehingga dapat memberi gambaran pada isi buku yang akan kalian baca. Point penting pada buku juga akan diperkenalkan secara singkat di ringkasan tersebut.
  5. Membaca Satu Kalimat Utuh
    Membaca satu kalimat utuh dapat memudahkan kalian untuk menangkap informasi secara sempurna. Untuk lebih efektif dan juga cepat, maka kalian tidak dapat membaca secara kata perkata, kata – kata tidak dapat berdiri secara sendiri. Mereka saling tergabung dalam satu kalimat yang harus dibaca dalam satu kesatuan. Jangan membaca kata perkata karena akan menghabiskan waktu dan juga dapat memecah pemahaman tentang informasi di buku tersebut.
  6. Beri Tanda Pada Point Penting
    Mengetahui ide utama yang disampaikan pada buku yang kalian baca merupakan salah satu cara agar kalian cepat paham dengan apa yang sedang kalian baca. Tidak semua paragraf di dalam buku tersebut merupakan point penting. Untuk mengantisipasi kemungkinan lupa pada point penting di buku tersebut maka kalian harus memberikan penanda atau highlighter dengan menggunakan stabilo, garis bawah atau lingkaran pada setiap kalimat.
  7. Lebih Sering dan Rajin Membaca
    Rutin melatih diri dalam membaca buku maka akan membuat kalian semakin efektif dan cepat dalam membaca. Biasakanlah membaca apa saja setiap harinya, misalnya : novel, majalah, koran, artikel – artikel di internet dll. Kalian dapat terus meningkatkan kuantitas membaca setiap harinya sehingga  juga dapat meningkatkan kualitas dalam membaca.

Sumber :

https://www.kata.co.id/Cara/Membaca-Cepat/698

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Total
2
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…