Sebuah pepatah mengajari kita agar tidak menilai sesuatu hanya dari luarnya saja. Kalian pasti pernah mendengar pepatah “don’t judge a book by its cover!” dengan pepatah seperti ini bukan berarti membuat para desainer bermalas – malasan untuk mendesain sebuah buku yang berkualitas dan enak dipandang.

Kenyataanya desain sampul buku menjadi salah satu alasan utama pembeli untuk membeli sebuah buku. Diantara banyak buku yang berada di sebuah toko, sampul yang menariklah yang  akan membuat pembaca penasaran untuk mendekat dan melihat isi buku tersebut. Oleh karena itu seorang desainer di tuntut untuk membuat sampul buku yang menarik dan bagus. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai persiapan dalam membuat sampul buku yang membuat orang tertarik untuk membacanya. Yuk kita simak uraian dibawah ini

  • Mengetahui Target Pembaca
    Sebelum menentukan untuk membuat desain sampul buku, kalian harus mengetahui target pembaca pada buku tersebut. Cara mudah untuk mengetahui target pada buku tersebut adalah dari judul dan sinopsisnya. Melalui judul dan sinopsis pula kalian dapat menentukan gaya  desainnya.
  • Memetakan Desain
    Setelah mengetahui target pembaca, memahami judul serta sinposis sebuah buku, hal selanjutnya adalah memetakan desain sampul apa yang akan kalian buat? apakah kalian akan mengusung tema gembira khas anak – anak? atau tema kebahagiaan orang dewasa ataukah tema sedih dan pilu? Dalam memetakan desain ini tidak hanya berkaitan dengan pemilihan warna saja namun juga pemilihan foto, simbol, font dan elemen desain lainnya.
  • Menentukan Warna
    Saat membuat sampul untuk sebuah buku fiksi maupun nonfiksi maka kalian harus mengetahui apa isi buku yang akan kalian desain. Mengetahui tema cerita dari buku tersebut merupakan hal yang penting untuk menentukan warna pada sampul. Misalnya untuk buku dengan cerita misteri atau thriller biasanya menggunakan warna hitam dan merah. Untuk buku teenlit biasanya menggunakan warna – warna cerah seperti pink dan biru. Pilihan warna ini dapat membuat otak tertarik dan minat untuk baca meningkat.
  • Memilih Objek Foto atau Gambar
    Untuk mendapatkan desain sampul yang menonjol, kita perlu menempatkan objek foto dan gambar yang kontras dengan warna latar sampul tersebut. Ketika kita memposisikan objek di bagian tengah sampul, dan di sorot dengan warna yang lebih cerah maka objek tersebut akan terlihat menonjol. Desain seperti ini menjadi favorit untuk novel fiksi. Objek foto atau gambar dapat menyampaikan pesan yang kuat bagi pembaca.
  • Menentukan Font dan Efek
    Menentukan font dapat dilakukan bersamaan dengan pembuatan sampul buku. Ada banyak jenis font yang dapat dipilih untuk membuat sampul buku. Banyak yang menarik namun tidak sedikit pula yang justru membuat tulisan sulit terbaca. Maka dari itu, buka perkara mudah untuk memilih salah satu jenis font yang sesuai dengan tema dan sampul buku tersebut.

Inilah dasar – dasar yang perlu kalian ketahui sebelum membuat sebuah desain sampul buku, terlebih jika ingin menjadi seorang desainer buku. Sampul buku yang mampu bercerita akan merebut hati para pembaca untuk bergegas menikmati lembaran – lembaran di dalamnya.

Sumber :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…