Sumpah pemuda dirumuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang saat ini kita kenal dengan sebutan Jakarta. Ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah pergerakan bangsa Indonesia. Pemuda zaman dulu di masanya telah mampu mendorong terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia yang saat ini kita nikmati, tidak terlepas dari perjuangan pemuda – pemudi zaman dulu. Lalu bagaimana dengan pemuda zaman now?  Tidak bisa kita pungkiri lagi, keseharian pemuda pemudi zaman dahulu sangat berbeda dengan gaya hidup pemuda pemudi saat ini. Lain dulu lain sekarang, beda zaman, beda tren dan tentunya banyak hal yang berubah.

Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda di tanggal 28 Oktober 2018 ini, LiterasiNusantara akan membahas mengenai 5 perbedaan gaya hidup pemuda zaman dulu dengan kids zaman now. Yuk kita lihat perbedaannya :

  1. Teknologi
    Dari segi teknologi pemuda masa kini lebih menguasai dibandingkan dengan pemuda zaman dahulu. Kita ketahui perkembangan teknologi masa kini semakin pesat, membuat segala hal menjadi mudah. Seperti saat ini jika ingin menonton sebuah acara, dimana saja dan kapan saja kalian dapat melakukan streaming melalui youtube tapi tidak untuk pemuda zaman dahulu, mereka hanya bisa menonton dengan sebuah TV yang tayangnya hanya satu kali per episode. Kemudahan lainnya untuk saat ini yaitu ketika kalian ingin berpergian dan membutuhkan transportasi, hanya dengan kehadiran internet dan sebuah handphone kalian dapat memesan langsung tanpa harus mencari keluar rumah. Sedangkan untuk pemuda zaman dahulu, mereka harus keluar rumah untuk mencari transportasi umum dan masih banyak kemudahan lainnya yang saat ini di nikmati oleh pemuda pemudi zaman now. Semakin berkembangnya internet saat ini rata-rata anak Indonesia sudah menggunakan gedget, bahkan anak TK pun sudah dapat mengaplikasikan gedget sendiri tanpa bantuan orang tua.
  2. Pendidikan
    Pemuda zaman dulu harus berfikir keras untuk dapat menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Dulu banyak dari masyarakat Indonesia yang mengalami kondisi ekonomi yang terbilang sulit. Akses dari rumah ke sekolah pun jauh dan fasilitas dari pemerintah masih sangat terbatas sehingga pemuda zaman dulu harus berjuang sendirian untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya. Beda dengan pemuda zaman sekarang, ditenggah kondisi negara sudah lebih maju, kebanyakan kids zaman now malah bermalas-malasan untuk sekolah dan sering bolos. Padahal orang tua mereka mampu membiayai sekolah mereka, akses ke sekolah pun saat ini sudah dapat ditempuh dengan mudah, terlebih lagi saat ini pemerintah sudah banyak membuat program sekolah gratis di kota – kota besar.
  3. Pergaulan
    Pemuda saat ini jelas lebih dapat di katakan gaul dibandingkan dengan pemuda zaman dulu. Jalan ke sebuah mall merupakan hal yang wajib untuk menghabiskan akhir pekan mereka, termasuk juga nongkrong di cafe – cafe hits di kotanya. Anak zaman sekarang bergaulnya lebih banyak di media sosial, jika bertemu dengan teman tujuannya hanya untuk mendapatkan spot bagus untuk foto dan video yang akhirnya akan mereka post di media sosial masing – masing. Berbeda dengan pemuda zaman dulu, ketika bertemu dengan temannya mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dengan kerabatnya dan tidak sibuk dengan gedget.
  4. Gaya Hidup dan Penampilan
    Untuk penampilan pemuda zaman sekarang jelas lebih hits dibandingkan dengan pemuda zaman dulu. Namun terkadang penampilan yang mereka katakan hits itu sering disalahartikan, banyak dari mereka yang berpenampilan terlalu berlebihan. Sedangkan pemuda zaman dulu penampilan mereka lebih sederhana dan apa adanya. Untuk gaya hidup pemuda zaman sekarang terlihat lebih boros daripada pemuda zaman dulu, pemuda zaman sekarang terlebih di kota-kota besar, mereka lebih mementingkan ke eksisan mereka dengan berpergian menghabiskan uang demi sebuah content di media sosial daripada menabung untuk masa depan.
  5. Percintaan
    Pemuda zaman sekarang lebih berani dan terang – terangan ketika berpacaran. Bahkan saat ini banyak anak SD dan SMP yang gaya pacarannya sudah seperti orang dewasa. Pemuda zaman sekarang lebih takut dengan pacar dibandingkan dengan pemuda zaman dulu dan mereka biasanya berani pamer kemesraan di depan umum. Berbeda dengan pemuda zaman dulu, pacaran yang malu – malu, pakai surat cinta dan malam minggu belum tentu berani datang kerumah sang pacar.

Pemaparan diatas tidak dapat dijadikan patokkan untuk pemuda dan pemudi zaman sekarang loh lits! Masih banyak pemuda pemudi zaman sekarang di Indonesia yang memiliki segudang prestasi dan membawa nama harum untuk bangsa. Nah kalau kalian bagaimana lits?

Sumber :

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/27/196/1803801/okezone-week-end-5-perbedaan-kids-zaman-now-dan-pendahulunya-dulu-dijodohkan-kini-kecil-kecil-sudah-pacaran

https://www.kompasiana.com/kenkurniawan22/56cdd0d010937356398876ff/perbedaan-remaja-jaman-sekarang-dan-dulu

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…