Perpustakaan Cinta Baca merupakan salah satu Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2018. Perpustakaan Cinta Baca yang dibawahi oleh Yayasan Cinta Baca berada di kota Bogor. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bogor, Perpustakaan Cinta Baca menyelenggarakan Pelatihan Guru PAUD Se-Kota Bogor. Acara diselenggarakan pada tanggal 29-30 November 2018. Peserta terdiri dari 30 orang guru paud se-kota bogor.

 

Praktek menciptakan permainan untuk anak

Rangkaian acara terdiri dari seminar yang diberikan oleh ibu mirta laban (valounteer cinta baca) tim PAUD CINTA BACA. Selain seminar, diselingi juga dengan praktek bersama yaitu dengan menciptakan permainan yang akan di aplikasikan langsung di sekolah masing-masing tempat mengajar para peserta.

 

 

 

 

 

Maria Montessori memberikan pelatihan kepada peserta yang merupakan guru PAUD Kota Bogor

“Bermain adalah pekerjaan seorang anak”. Demikian kalimat bijak yang ditulis oleh Maria Montessori. Nahwa dengan dan melalui bermain, sesungguhnya anak-anak sedang belajar.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah lama menjadi fokus perhatian Yayasan Cinta Baca, khususnya di Kota Bogor. Dalam beberapa kesempatan, Cinta Baca bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor menyelenggarakan seminar maupun pelatihan bagi pegiat pendidikan, khususnya para guru anak usia dini.

Kota Bogor terdiri atas enam kecamatan. Agar kuota peserta dari masing-masing kecamatan lebih banyak dengan begitu banyak guru yang menerima manfaat pelatihan, Cinta Baca akan menyelenggarakan pelatihan dalam enam gelombang (Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Utara, Kecamatan Bogor Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kecamatan Bogor Tengah, dan Kecamatan Tanah Sareal).

Pada 29 dan 30 November lalu, pelatihan guru PAUD bertema “Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan” ditujukan bagi pegiat pendidikan anak usia dini dari Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Utara. Menyusul nanti dua kecamatan pada Desember 2018 dan dua kecamatan pada Januari 2019.

 

Mirtha Laban sedang memberikan seminar kepada peserta

Dinas Pendidikan Kota Bogor menyambut baik pelatihan ini; sangat berguna bagi pengembangan wawasan dan keterampilan para guru PAUD. Cinta Baca menghadirkan narasumber Mirtha Laban, salah satu relawan Cinta Baca yang pernah berkecimpung dalam pendidikan anak dan mengajar di Melbourne, Australia. Para guru mesti memahami dan berpikir kreatif dalam mendidik anak-anak usia dini. Gaya belajar anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Dunia anak adalah dunia bermain; dan dari bermain itu mereka belajar: meyerap informasi dari panca indera; mengolah, dan mengekspresikannya. Ini merupakan saah satu pesan penting dari materi pelatihan kali ini.

Gelombang pertama, pelatihan diikuti 22 guru PAUD se-Kecamatan Bogor Selatan. Sementara itu, gelombang kedua, pelatihan diikuti oleh 28 peserta dari Kecamatan Bogor Utara. Seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan. Terlebih lagi, pelatihan diisi dengan praktik bagaimana menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas PAUD.

Yayasan Cinta Baca juga menyampaikan pelatihan “Kejar Baca” (storytelling) kepada para guru. Tujuannya, sejak usia dini, anak-anak PAUD dikenalkan pada buku bacaan. Bukan hanya dikenalkan, melainkan juga kepada mereka dibacakan buku-buku cerita yang menarik dan sarat pesan moral. Melalui Kejar Baca ini, daya imajinasi, kreativitas, serta keberanian anak juga ditumbuhkembangkan.

Sebaga informasi, pelatihan ini bukan kali pertama kerjasama antara Yayasan Cinta Baca dengan Disdik Kota Bogor. Mei 2018 lalu, Cinta Baca bekerja sama dengan Disdik Kota Bogor telah menyelenggarakan pelatihan bagi para guru PAUD se-Kota Bogor bertema “Mengenalkan Literasi kepada Anak Didik”. Kala itu, narasumber pelatihan adalah Ibu Sisca Konda Andrina, STP., M. PsiT, juga merupakan salah satu relawan Cinta Baca.

Ke depan, khususnya 2019, Cinta Baca berencana menyelenggarakan pelatihan ini secara rutin dengan tema-tema yang praktis menjawab kebutuhan pengajaran guru PAUD. Kolaborasi antara Yayasan Cinta Baca, Dinas Pendidikan, serta mitra-mitra Cinta Baca, seperti Gramedia (melalui Literasi Nusantara) kami harapkan akan dapat memperlengkapi dan membekali para pegiat pendidikan anak usia dini.

Literasinusantara.com akan terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan inspiratif dari seluruh komunitas dan taman baca di Indonesia, guna menyebarkan virus-virus literasi di wilayah mereka.

Liputan ini merupakan rangkaian kegiatan #JelajahLiterasi Gramedia dan literasinusantara. Kami mengunjungi sekaligus ingin menularkan semangat juang dari komunitas dan taman baca diseluruh pelosok negeri.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…