Rangkaian pelatihan guru PAUD se-Kota Bogor (6 kecamatan) tuntas. Setelah beberapa waktu lalu pelatihan diselenggarakan bagi para guru PAUD di Kecamatan Bogor Utara, Bogor Selatan, Bogor Timur, dan Bogor Barat (di Kota Bogor), Yayasan Cinta Baca pada 28-29 Januari 2019 kemarin membekali para guru di Kecamatan Bogor Tengah dan Tanah Sareal. Ini adalah gelombang terakhir dari rangkaian pelatihan bertema “Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan”.

Ibu Mirtha Laban yang menjadi narasumber pelatihan ini mengaku sangat gembira melihat antusiasme dan semangat guru-guru dari keenam kecamatan Bogor selama mengikuti Pelatihan Guru PAUD ini.

 

 

“Mereka semua semangat ketika mencoba bermain dengan berbagai permainan yang membangun kreativitas, dan juga saat diminta untuk mempraktikkan cara membacakan buku cerita dengan menarik. Dari evaluasi dan masukan yang diberikan oleh para peserta, saya melihat bahwa mereka semangat untuk segera menerapkan apa yang sudah dipelajari, di sekolah mereka masing-masing. Kiranya semangat guru-guru PAUD dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan ini semakin dapat ditularkan kepada guru-guru yang lain, dan murid-murid mereka dapat menikmati faedahnya,” tambahnya melalui testimoni yang dikirim via surel kepada Yayasan Cinta Baca.

Pelatihan Senin, 28 Januari diikuti oleh 19 guru dari Bogor Tengah. Meski Senin pagi Bogor diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat para guru untuk datang dan belajar di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor Baru. Ibu Eli Sahara Harahap, Kasi PAUD, membuka pelatihan dan menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Cinta Baca yang selama ini terus berbagian dalam menyelenggarakan pelatihan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Ia berharap kemitraan Yayasan Cinta Baca dengan Dinas Pendidikan Kota Bogor terus terjalin makin baik. Ia juga berpesan kepada para guru supaya mengikuti pelatihan sungguh-sungguh dan kemudian mempraktikannya, sebab mereka orang “beruntung”; tidak semua guru dapat kesempatan pelatihan berharga tersebut.

Pada hari berikutnya, pelatihan dihadiri oleh 20 guru PAUD dari Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Kepala Bidang PAUDNI dan DIKMAS Kota Bogor, Bapak Uju Juyono, menyampaikan kata pembuka dalam pelatihan tersebut. Mewakili Dinas Pendidikan Kota Bogor, ia juga mengapresiasi komitmen Yayasan Cinta Baca yang setiap tahun menyelenggarakan pelatihan guru di lingkungan Kota Bogor, khususnya bagi para guru PAUD dan pegiat pendidikan anak usia dini. Ia menambahkan bahwa pelatihan ini jika dikalkulasi bisa berbiaya mahal, tetapi Yayasan Cinta Baca atas dukungan berbagai pihak (Red: termasuk dari Gramedia) bisa menghadirkan pelatihan yang terjangkau bagi para guru di Kota Bogor.

Dari enam rangkaian pelatihan ini, total ada 132 guru yang menerima manfaat, baik secara pengetahuan maupun keterampilan. Dan, salah satu tindak lanjut pelatihan ini adalah dibentuknya WhatsApp Group bagi para guru PAUD. Ke depan, informasi seputar pendidikan anak hingga pelatihan lanjutan akan makin optimal disampaikan melalui group tersebut.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…