Di berbagai wilayah Indonesia, kita masih dapat melihat ada banyaknya komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, seperti komunitas baca, taman baca, atau komunitas mengajar. Komunitas-komunitas dengan tujuan mulia tersebut sekaligus menjadi jembatan penghubung langsung dengan masyarakat. Namun, seringkali fasilitas yang dimiliki, menjadikan mereka belum dapat secara maksimal mencapi tujuan tersebut.

Gramedia sebagai perusahaan yang erat bersinggungan dengan dunia pendidikan, menyadari bahwa masalah ini sudah seharusnya menjadi perhatian dan segera dibenahi. Keberadaan Gramedia yang tersebar di seluruh Indonesia diharapkan mampu menjadi media untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah-daerah. Mengingat penduduk Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke, keterbatasan untuk menjangkau masyarakat secara keseluruhan masih menjadi sebuah “pekerjaan rumah” yang menunggu untuk diselesaikan.

Berangkat dari transformasi yang mengusung semangat Transforming Your Ideas, Gramedia memiliki perhatian terhadap komunitas-komunitas yang bergerak di bidang literasi, Gramedia ingin mendukung komunitas yang inspiratif, penuh inisiasi dan inovatif dalam meningkatkan kualitas masyarakat, khususnya di bidang minat baca dan pendidikan. Oleh karenanya, Gramedia mengadakan kompetisi bertajuk Gramedia Reading Community Competition pada tahun 2016 lalu. Kompetisi yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini, memiliki fokus untuk mencari komunitas yang memiliki perhatian dan aktivitas sosial di bidang pendidikan pun, dapat mengikuti kompetisi ini.

Dari kompetisi tahun lalu ini, Gramedia telah berhasil mendapatkan 17 pemenang dari Aceh hingga Papua. Para pemenang ini telah melalui berbagai tahap penjurian yang dilakukan oleh Gramedia bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Mereka merupakan penggiat literasi yang memberikan banyak kontribusi untuk masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, Gramedia menjadikan GRCC ini sebagai kompetisi 2 tahunan guna memberikan dukungan yang lebih luas kepada penggiat literasi.

Komunitas yang menjadi pemenang dalam GRCC ini mengemban tugas untuk melakukan social movement dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Mereka terjun di daerahnya masing-masing untuk secara aktif mengajak masyarakat agar memiliki minat yang bagus dalam membaca. Gramedia mendukung dalam hal penyediaan buku-buku berkualitas yang akan didistribusikan kepada masyarakat.

Selain bantuan buku, melalui website www.literasinusantara.com ini, Gramedia ingin menyediakan wadah bagi para pemenang Gramedia Reading Community Competition. Tujuannya tidak lain adalah agar penggiat literasi yang luar biasa ini memiliki media pemersatu untuk menggaungkan aktivitas literasi mereka. Website ini juga menyediakan forum diskusi dengan berbagai topik terkait literasi. Akhirnya, Gramedia mengajak segenap elemen masyarakat untuk mendukung penggiat literasi melalui beberapa pilihan donasi yang tersedia di website ini.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…