Pendiri: Togu Simorangkir, Eka Dalanta
Kontak: 081375378476
Alamat: Jl. Dolok Malela,Sp. Pemandian Silulu No. 1, Desa Serapuh, Kecamatan Gunung Malela, Simalungun, Sumatera Utara

Togu Simonangkir, lelaki alumni S2 Oxford University yang membagikan mimpinya, kini pun menjadi mimpi kami bersama. Dengan harapan anak di sekitar Danau toba memiliki wawasan, literasi yang baik, sehingga memiliki kesadaran lingkungan agar Danau Toba lestari. Alusi Tao Toba membawakan buku bacaan dengan cara berkeliling desa.

Program Alusi Tao Toba tidaklah hanya kapal belajar saja, ada kereta belajar (sepeda motor dalam bahasa medan), dan Tao Toba Membaca. Banyak peristiwa yang terjadi disetiapprogram yang kami jalankan, yang menyentuh hati, dan membuat kami semakin kuat dengan mimpi ini.

Alusi Tao Toba, sebuah yayasan yang sedang menjalankan program Tao Toba Membaca dengan mendirikan Sopo Belajar. Beberapa kelas ada di Sopo Belajar yaitu, English for Fun, Kelas Kreativitas, Klub Baca, Kelas Musik, Kelas Minat dan Bakat, Menggambar & Mewarnai serta pemutaran film bertema lingkungan, budaya, ilmu pengetahuan dan budi pekerti. Pendirian kelas ini dilatar belakangi minimnya sarana pendidikan non-formal di sekitar Danau Toba. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah wahana belajar untuk meningkatkan kualitas SDM sektar Danau Toba.

Sopo Belajar Lotung, adalah Sopo Belajar pertama yang didirikan berlokasi di Desa Pardomuan, ini berusia hampir 200 tahun, yang sebelumnya digunakan sebagai lumbung padi, kini menjadi lumbung ilmu. Sopo Belajar kedua didirikan pada September 2013, yang diberi nama Sopo Belajar Janji Maria. Sopo Belajar ketiga didirikan pada Nopember 2015. Pada tahun ini juga didirikan sopo belajar ke-4. Sopo Belajar di Samosir membawa perubahan
besar bagi anak-anak yang mengaksesnya. Untuk itu kami memiliki mimpi “Satu Desa Satu Sopo Belajar”.

Pada April 2010 program Tao Toba Membaca dibiayai secara swadaya dengan menggalang dana melalui “2000 Untuk Toba” selama 365 hari. Selain itu juga kampanye Satu Buku Sejuta Mimpi untuk menggalang buku dari masyarakat luas. Berenang Berbagi dan Bersepeda Berbagi dilakukan pada tahun 2012 dan 2015.

Ditahun 2015 bersama dengan agenda Berenang Berbagi, yayasan kami mendapat donasi kapal belajar, dan mengoperasikan kapal belajar ini beberapa bulan sampai akhirnya dikembalikan kepada donator karena tidak sesuai dengan prinsip Alusi Tao Toba. Sejak kapal dikembalikan, kami terus mengumpulkan dana dalam berbagai upaya charity. Hingga akhirnya pada 7 Mei 2016 berhasil meluncurkan kapal sendiri. Tujuan utama yayasan ini sebenarnya agar tiap desa bisa memiliki sebuah sopo belajar.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…