Home Forums Literasi Forum Merangkul Sekolah Lewat Anjali

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by Iman Suligi Iman Suligi 1 week, 1 day ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #9994
    Iman Suligi
    Iman Suligi
    Moderator

    Taman Baca Masyarakat mengisi celah waktu diantara jam sekolah dan saat anak kembali berada di rumah. Jika di sekolah tersebab beberapa hal, misalnya sempitnya waktu untuk bisa mengunjungi perpustakaan, terbatasnya ruang perpustakaan, koleksi buku yang tidak memadai sampai yang mungkin tak dikehendaki adalah perpustakaan tidak berfungsi.
    Celah waktu itu bisa diisi TBM untuk dikunjungi. Tetapi sejumlah masalah juga muncul tentang keberadaan TBM itu sendiri. Ketersediaan TBM yang masih sangat terbatas dan belum tersebar memadai. Sampai disitu terasa memang tidak cukup mudah menjawab masalah pengembangan literasi.
    Kampoeng Batja, telah berdiri sembilan tahun dan juga cukup dikenal masyarakat baik melalui media sosial atau tayangan televisi. Beberapa sekolah mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi sudah banyak yang datang berkunjung, namun tetap saja itu tak menjadikan kunjungan ke Taman Baca menjadi sebuah tradisi . Diperlukan kegiatan kegiatan lain yang atraktif untu menarik masyarakat berkunjung kesana.
    Dari sekian macam yang sudah dilakukan, Anjangsana Literasi ( Anjali) adalah sebuah cara untuk mendekati sekolah. Kendati ini sudah ditawarkan secara gratis, nampak sekali bahwa atensi belum membesarkan hati. Beberapa sekolah memang memberikan respon yang menyenangkan ketika dikunjungi. Saya sempat diberi kesempatan berdialog dengan para guru di sebuah SD di kota kami. Waktu yang tidak banyak itu ternyata sangat bermanfaat seklai. Kami berdiskusi bagaimana mengisi kegiatan 15 menit membaca di sekolah dengan cara-cara yang menarik. Sementara itu sebuah SMK menggunakan kunjungan saya untuk mengisi acara Orientasi Siswa Baru disana. Sebuah SD memanfaatkan waktu Anjali untuk membuka Taman Baca yang berkonsep alami disana.
    Sebenarnya Anjali adalah sebuah rekayasa mendekatkan anak pada literasi bila di sekolah kurang terisi dan di rumah tidak terfasilitasi.
    Dengan apa yang sudah dilakukan, kelak Anjali sebagai salah satu program Kampoeng Batja di Jember akan selalu diperbaharui. Semoga.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.

[snax_content]

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…