Pendiri : Nursida Syam
Kontak :081933132269
Alamat : Dusun prawira, Desa Sokong Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara

Sinopsis :

Diprakarsai oleh 5 orang ibu rumah tangga yang mempunyai hobi membaca, Klub Baca Perempuan pun terbentuk. Organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan ini berdiri sejak tahun 2006 dan menjelma menjadi kelembagaan tahun 2014. Klub baca ini muncul sebagai upaya dalam mencerdaskan kaum wanita di Nusa Tenggara Barat dan kelak siap mendampangi buah hatinya menjadi generasi yang cerdas.

Klub Baca Perempuan ini memiliki tujuan utama salah satunya, yaitu menjadikan pendidikan sebagai pintu masuk untuk menyelesaikan segala macam permasalahan sosial, seperti kemiskinan, ketidak-setaraan gender, kekerasan dan lain sebagainya. Pendidikan inilah yang diawali dengan kesadaran untuk membaca, karena dengan membaca seseorang dapat menjadi individu yang berwawasan dan berpengetahuan luas.

Kegiatan yang sudah dilakukan Klub Baca Perempuan secara mandiri cukup banyak, diantaranya mendirikan 24 cabang taman baca di seluruh Lombok Utara, membuka sekolah alam Anak Negeri, membuka PAUD-TK Anak Negeri, Menyelenggarakan pelatihan gratis untuk para ibu agar terdorong minat bacanya, mengadakan road show kampanye gemar membaca, menyelenggarakan acara inspiratif dengan mendatangkan tokoh-tokoh muda inspiratif, serta mendirikan bank buku untuk para masyarakan NTT.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan Klub Baca Perempuan dan dukungan dari lapisan masyarakat NTT menjadi Klub Baca Perempuan ini memiliki banyak prestasi. Prestasi ini antara lain ; Anugerah Perempuan SheCAN!2013, Nugrajasadharma Pustaloka 2013 dari Perpusnas RI, Kartina Award 2014 dari Telkom Indonesia, Liputan 6 Award, Penghargaan dari Gubernur NTB pada Hari Anak Nasional, dan Penghargaan dari Pemerintah Daerah Lombok Utara pada acara Pesta Rakyat Gendu Rasa tahun 2013.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…