Pendiri:Febri Mustikawati
Kontak: 085641775789
Alamat: Welahan tambakselo RT 01/08, Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah

Prihatin dengan kondisi masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggalnya yang memandang sebelah mata arti penting pendidikan, membuat seorang Mahasiswi bernama Febri Mustikawati tergerak untuk membangun sebuah taman baca masyarakat. Cibiran dan pandangan tidak suka di lontarkan saat Mahasiswi Universitas Negeri Semarang ini mulai mendirikan taman bacaan masyarakatnya ini. Namun, tekat bulat untuk membantu mencerdaskan masyarakat Indonesia ini terus ia pegang teguh. Akhirnya pada tanggal 7 Februari 2013 berdirilan taman baca masyarakat (TBM) Golek Ilmu yang berlokasi di Desa Welahan Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Taman Baca Goleh Ilmu ini terdiri dari perpustakan, kegiatan belajar mengajar, dan pelatihan bagi masyarakat sekitar. Targetnya pun bukan hanya anak-anak, pemuda pemudi dan para orangtua pun menjadi target utama dalam kegiatan taman baca ini, hal ini tak lain karena orangtua lah yang menjadi guru pertama bagi anak-anaknya, yang akan menunjukkan dan mengajarkan kegiatan positif untuk anak-anakmereka.

Melihat respon yang diberikan oleh masyarakat tidak membuat semangat untuk mengabdi Febri berkurang melainkan semakin termotivasi dan tertantang. Berbagai cara dilakukan oleh Febri yaitu dengan mengumpulkan berbagai macam buku usaha kecil menengahdan pelatihan kepada Ibu rumah tangga yang ada disekitar rumah. Pada awalnya, pelatihan yang dilakukan tidak mendapat respon yang baik. Dengan menggunakan pendekatan, akhirnya masyarakat tertarik dan mau belajar untuk membuka usaha kecil dengan membaca berbagai buku usaha yang telah disediakan.

Untuk menarik minat baca pemuda dalam Taman Baca disediakan aneka novel dan cerita fiktif yang sering digemari pemuda. Tidak hanya itu, disediakan pula berbagai jenis buku cerita anak dan buku pelajaran yang merupakan hasil dari sumbangan teman kuliah dan Toko Gramedia. Hingga akhirnya masyarakat mulai mengakui adanya taman baca ini dan mendukung adanya pengembangan untuk mendidik anak-anak yang ada disekitar sehingga mereka berani untuk bermimpi.

Berjalannya waktu,tepatnya 3 tahun setelah berdirinya Taman Baca Golek ini, kenggotaannya pun kini sudah mencapai 40 orang. Untuk fasilitas buku bacaan pun sudah cukup banyak, buku-buku ini di dapatkan dari teman sesama mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan Toko Gramedia. Sedangkan dana yang digunakan untuk keberlangsungan kegiatan taman baca ini didapatkan dari sumbangan salah satu teman dan tabungan pribadi milik pendiri Taman Baca Golek ini.

Taman Baca Golek Ilmu dipusatkan dirumah salah satu tokoh masyarakat. Dimana setiap malam minggu diadakan kegiatan arisan warga yang bertempat dirumah tersebut, sehingga masyarakat dapat membaca berbagai buku untuk sembari menunggu waktu selesai. Taman Baca ini juga dilengkapi dengan papan tulis dan alat tulis yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar mengajar. Taman Baca Golek Ilmu memiliki sekitar 40 anggota dan belum memiliki struktur kepengurusan. Pelaksanaan operasional dilakukan oleh Febri dan bantuan seorang sepupu yang akan menggantikannya selama kuliah. Dana yang digunakan untuk Taman Baca inipun masih menggunakan sumbangan dari seorang mahasiswa dan sedikit uang tabungan Febri yang dikumpulkan dari uang beasiswa yang didapatnya.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…