TBM AR-RASYIID

Pendiri: Alfiatunnur
Kontak: 082366263639
Alamat: Jl. Laksamana Malahayati Km 8,5 Desa Kajhu, Aceh Besar

Taman Baca ini didirikan dilatarbelakangi peristiwa Tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 silam. Akibat peristiwa tersebut, banyak sekali fasilitas umum khususnya sekolah yang hancur termakan air pasca Tsunami. Fasilitas perpustakaan berikut buku-bukunya pun ikut musnah. Melihat kenyataan itu lah para relawan Aceh mendirikan berbagai taman baca bagi masyarakat Aceh, termasuk salah satunya adalah Taman Bacaan Masyarakat Ar-Rasyiid.

Taman baca yang berada di Jl. Laksamana Malahayati Km 8,5 Desa Kajhu, Aceh Besar ini bertujuan untuk memfasilitasi layanan membaca khususnya bagi warga sekitar dan masyarakat umum, selain itu menumbuhkan kecintaan membaca sejak usia dini dengan memperkenalkan buku-buku bergambar dan dongeng, merangsang kreatifitas anak-anak, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan.

Untuk hal sarana dan prasarana, taman baca ini sudah memiliki tempat penyelenggaraan sendiri berupa rumah yang berstatus pinjam tanpa sewa.

Fasilitas yang sudah dimiliki demi menunjang kegiatan di taman baca ini pun sudah lengkap, seperti ruang kerja, ruang meeting, gazebo, meja dan kursi yang jumlahnya memadai, papan tulis, rak buku, komputer, dan jumlah buku bacaan sekitar 1.200 lebih yang awalnya tak kurang dari 500 judulbuku.

Dalam hal kegiatan, Taman Baca Ar-Rasyiid ini memiliki kegiatan-kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan hingga sekarang antara lain, pelatihan merajut, senam jantung sehat. Sedangkan untuk kegiatan yang bergerak dibidang pendidikan antara lain, pojok baca, workshop peningkatan minat baca melalui story telling, kuliah umum, les Calistung dan Bahasa Inggris, pelatihan komputer, Festival Kreativitas Taman Bacaan Masyarakat, dan lomba-lomba seperti story telling, menulis puisi, dan surat.

Prestasi TBM Ar-Rasyiid, antara lain :
Penampilan terbaik pada festival seni tari FTBM Aceh 2013, Juara 1 dan 3 Lomba membaca puisi Festival Taman bacaan Ar Rasyid
Juara 2 Lomba bercerita Festival Taman Bacaan Ar Rasyiid.
Juara 2 pengelola Taman Bacaan PTK PAUDNI Aceh Besar 2014
Juara 3 pengelola Taman Bacaan PTK PAUDNI Aceh Besar 2015
Juara 3 lomba menulis puisi festival TBM Ar Rasyid 2016
Juara 3 dan juara favorit Gramedia Reading Community Competition 2016 Regional Sumatera
Taman Bacaan Masyarakat kreatif tahun 2016 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…