Menangis adalah salah satu reaksi emosinal yang paling umum pada manusia. Kita semua pernah menangis paling tidak sekali dalam hidup kita.

Tidak semua tangisan disebabkan oleh kejadian negatif, tetapi ia bisa juga datang dari kejadian positif.

Sebuah penelitian saintifik terbaru yang terbit di jurnal Psychotherapy merangkum pengetahuan tentang tangisan emosional.

Penelitian ini mengidentifikasi pentingnya menangis dan juga dimaksudkan sebagai penelitian lanjutan untuk masa depan.

Apa saja isi dalam penelitian tersebut? Berikut beberapa ulasan dan temuan menarik yang dirangkum dalam 13 fakta tentang menangis beserta manfaat dan kerugiannya:

13 Fakta tentang menangis beserta manfaat dan kerugian

  1. Apa alasan paling umum yang membuat seseorang menangis? Pertama, yaitu karena kehilangan (misalnya ketika suatu hubungan berakhir atau orang yang dicintai meninggal); Kedua ketidakberdayaan menghadapi situasi; ketiga, rasa sakit dan ketidaknyamanan fisik; keempat, tangisan empatik. Misalnya, menangis karena reaksi emosional dari orang lain; kelima, merasakan situasi yang sangat positif seperti kegembiraan.
  2. Bayi laki-laki maupun perempuan tidak menunjukkan perbedaan ketika menangis
  3.  Namun, ada perbedaan yang besar antara kedua jenis kelamin tersebut saat dewasa: Rata-rata, perempuan menangis 2 sampai 5 kali per bulan sedangkan laki-laki menangis antara 0 sampai 1 kali per bulan. Perbedaan ini dimulai pada akhir masa kanak-kanak dan kemungkinan besar disebabkan oleh perbedaan budaya (semisal, anak laki-laki sering diberitahu untuk tidak menangis. Hal ini berpotensi menyebabkan ketidakmampuan laki-laki untuk menangis sama banyaknya dengan perempuan saat dewasa).
  4. Kepribadian berhubungan dengan menangis. Seseorang dengan empati yang besar lebih mudah menangis dalam situasi yang positif maupun negatif dibanding orang yang kurang empati. Sebaliknya, orang dengan kecenderungan neurotik (yaitu kecenderungan kecemasan, depresi, keraguan diri, dan perasaan negatif lainnya) lebih mudah menangis dalam situasi negatif ketimbang orang yang kurang memiliki kecenderungan neurotik. Namun kecenderungan ini tidak menunjukkan perbedaan dalam situasi positif.
  5. Kelekatan (attachment) dalam seseorang juga mempengaruhi perilaku menangis. Kelekatan adalah kecenderungan seseorang untuk terus lekat dengan seseorang yang lain. Orang dengan kelekatan yang cenderung bebas tidak lebih banyak menangis daripada orang dengan kecenderungan kelekatan yang mengikat dan mencemaskan.
  6. Orang-orang di negara kaya dan demokratis lebih sering menangis daripada negara-negara lain.
  7. Melihat seseorang menangis dapat mengubah sudut pandang kita tentang orang tersebut. Orang yang menangis diasosiasikan dengan empati yang lebih besar, dapat diandalkan, tulus, dan tidak agresif. Namun, melihat seseorang menangis juga memiliki efek negatif karena mereka dianggap memiliki emosi yang kurang stabil.
  8. Lokasi juga menentukan anggapan yang didapat. Menangis di tempat kerja dianggap lebih negatif daripada di tempat yang lebih pribadi.
  9. 50% orang merasa lebih baik setelah menangis.
  10. Sekitar 10% orang merasa lebih buruk setelah menangis.
  11. Manfaat menangis tergantung dari lingkungan di sekitarnya. Jika orang-orang di sekitar memberi kenyamanan dan dukungan, maka menangis dapat memberi efek lebih baik.
  12. Menangis terjadi pada 15-30% sesi psikoterapi.
  13. Menangis dalam sesi psikoterapi kemungkinan besar dikaitkan dengan hasil terapi yang lebih baik, karena ia mendukung keluarnya ekspresi emosional yang merupakan langkah penting dalam keberhasilan sebuah terapi.

Baca juga:

Cara untuk Menghilangkan Kebiasaan Kritik Diri Sendiri

10 Cara Disukai Orang-orang Menurut Ahli Psikologi

 

RUJUKAN:

Psychology Today

Sumber gambar: Hellosehat.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…