Inilah Komunitas & Taman Baca yang Berhasil Menjadi Finalis GRCC 2018

Setelah melakukan verifikasi dan penjurian, tim Gramedia telah berhasil menentukan finalis Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018. Verifikasi ini dilakukan dengan cara survei langsung ke 150 komunitas dan taman baca semifinalis. Tim Gramedia di seluruh Indonesia melakukan survei serentak pada 1 s.d. 25 Juli 2018 lalu.

Tim Gramedia Maumere pada saat melakukan survei ke komunitas dan taman baca yang menjadi semifinalis GRCC 2018

Pada saat verifikasi, tim Gramedia mewawancarai perwakilan beserta masyarakat sekitar komunitas. Hal-hal yang ditanyakan terkait kegiatan dan manfaat dari keberadaan mereka di tengah masyarakat. Selain itu, tim Gramedia juga dapat meninjau secara langsung kondisi taman baca atau komunitas tersebut.

Kondisi ruang baca salah satu semifinalis GRCC 2018

Banyak hal-hal menarik terjadi selama proses verifikasi dilakukan, antara lain akses jalan menuju lokasi komunitas dan taman baca yang cukup sulit, sambutan dan semangat para semifinalis ketika disurvei oleh Gramedia, dan antusiasme masyarakat sekitar ketika diwawancarai. Terdapat pula hal-hal mengharukan mengenai kondisi ruang baca, kisah inspiratif semifinalis, dan semangat tak kenal padam meski perjuangan mereka penuh dengan rintangan.

Tim survei Gramedia sedang bercengkerama bersama anak-anak disekitar lokasi semifinalis GRCC 2018

 

Usai melakukan verifikasi, tim survei Gramedia pun mengumpulkan hasil nilai dan laporan kepada panitia pusat GRCC 2018. Hasil inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan penilaian tim juri yang terdiri dari jajaran General Manager Gramedia serta perwakilan forum TBM. Kali ini, dewan juri diminta untuk menentukan 40 finalis dari 150 semifinalis yang ada, sehingga masing-masing regional pun hanya terdiri dari 8 finalis saja.

Selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 27 dan 30 Juli lalu, tim juri melakukan penilaian terhadap hasil survei yang dilakukan oleh tim Gramedia. Seperti pada saat menentukan semifinalis GRCC 2018, proses pemilihan finalis kali ini pun membutuhkan perhatian ekstra. Hal ini dikarenakan para semifinalis GRCC 2018 merupakan komunitas dan taman baca yang memiliki manfaat nyata untuk masyarakat. Ketua dewan juri Semifinal GRCC 2018, Yosef Adityo menyatakan “Komunitas dan taman baca yang lolos semifinal GRCC 2018 kontribusinya sangat nyata bagi masyarakat sekitar, sehingga kami juga cukup sulit menentukan mana yang akan melaju ke tahap selanjutnya. Namun karena ini sebuah kompetisi, jadi kami tetap harus memilih finalisnya”.

Proses penjurian 150 semifinalis GRCC 2018

Berdasarkan pertimbangan para dewan juri, ada kebijakan khusus untuk finalis regional Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan, yaitu terdapat 10 finalis. “Karena regional tersebut (Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan, red.) sejak awal pesertanya hampir 2 (dua) kali lipat dibandingkan dengan regional lainnya. Jadi kami memutuskan untuk mengambil 10 finalis. Kalau yang lainnya kan hanya 8 (finalis, red.) yang kita ambil”, ujar Yosef Adityo pada saat diwawancara oleh tim Literasinusantara.com usai melakukan rapat pleno penjurian.

Proses survei Tim Gramedia ke salah satu semifinalis GRCC 2018

Untuk tahap selanjutnya, para finalis akan diminta untuk membuat presentasi yang berisi masterplan untuk tahun 2019, apabila mereka berhasil menjadi pemenang kompetisi ini. Masterplan inilah yang akan digunakan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan pemenang GRCC 2018 bersama Gramedia di tahun 2019.

Bagi yang sudah penasaran, berikut daftar komunitas dan taman baca yang melaju sebagai finalis Gramedia Reading Community Competition 2018 (klik link di bawah ini);

Unduh Daftar Finalis GRCC 2018 disini

Untuk para finalis, bersiap untuk membuat masterplan terbaik versi kalian yaa! 🙂

Salam Literasi!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 10

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 5

Downvotes percentage: 50.000000%

Total
518
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…