20 Taman dan Komunitas Baca Ini Berhasil Menjadi Jawara Gramedia Reading Community Competition 2018

Perhelatan Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 telah memasuki babak final. Berdasarkan penilaian dewan juri, terpilihlah 20 taman / komunitas baca pemenang yang berasal dari 5 regional. Regional tersebut meliputi: Regional Sumatera; Regional Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat; Regional Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta; Regional Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan; serta Regional NTT, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

20 Pemenang GRCC 2018 terdiri dari 4 komunitas atau taman baca yang berhasil meraih Juara 1,2,3 serta Harapan I di masing-masing regional. Kriteria penilaian untuk menentukan pemenang kompetisi tahun ini ialah berdasarkan materi presentasi yang sudah dibuat oleh finalis. Selain itu, 3 (tiga) poin penilaian utama (konsistensi, kreatifitas, dan manfaat bagi masyarakat) juga tetap memiliki bobot tertinggi. Dewan juri juga mengumpulkan Informasi dari berbagai sumber sebagai bahan pertimbangan.

Proses Penjurian Finalis Gramedia Reading Community Competition 2018

 

Selain Gramedia, dewan juri yang terlibat dalam penentuan pemenang GRCC 2018 juga berasal dari beberapa bidang, antara lain pemerintahan, media, forum TBM, dan perwakilan dari korporasi Kompas Gramedia. Dari beberapa bidang tersebut, terdapat 7 (tujuh) dewan juri Finalis GRCC 2018 yaitu:

  1.  Harris Iskandar – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  2. V. Sugiarto – Operation and Property Management Director PT Gramedia Asri Media
  3. Firman Hadiansyah – Ketua Umum Forum Taman Baca Masyarakat (TBM)
  4. Yogi Arief Nugraha – Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV
  5. Amir Sodikin – Redaktur Pelaksana Kompas.com
  6. Yovita Arika – Kepala Desk Humaniora Harian Kompas
  7. Eddy Sutedja – Korporasi Kompas Gramedia

Selanjutnya ke-20 pemenang GRCC 2018 ini akan diundang ke acara Awarding GRCC 2018 and Launching literasinusantara.com untuk menerima penghargaan. Acara ini akan digelar pada Jumat, 28 September di Balai Kartini, Jakarta. Kedepannya, para pemenang ini berhak mendapatkan hadiah development funding berupa uang tunai, bantuan buku selama 1 tahun kedepan, dan kesempatan untuk berkolaborasi bersama Gramedia dalam acara bertajuk literasi.

Dalam sambutannya, Harris Iskandar selaku Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud menyatakan bahwa pihak pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan yang bertujuan meningkatkan minat baca. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh teman-teman (Gramedia). Memang saat ini literasi menjadi sebuah momen tersendiri dalam masyarakat.”

Ia juga menyampaikan bahwa dukungan dan kolaborasi merupakan salah satu kunci utama terwujudnya minat baca yang baik. “Untuk menunjang keinginan membaca yang tinggi, dibutuhkan fasilitas berupa buku yang menarik serta berkualitas. Selain itu, kolaborasi yang ditawarkan oleh Gramedia pastinya akan memberikan semangat lebih besar kepada mereka. Dalam momen ini, kami (kemendikbud) berharap agar semua upaya kita dapat menghadirkan lompatan peradaban di Indonesia”, tutupnya.

Bagi komunitas dan taman baca yang belum berhasil menjadi pemenang GRCC 2018, bukan berarti bahwa kesempatan mereka akan habis tahun ini. GRCC merupakan kompetisi yang diselenggarakan secara rutin oleh Gramedia, sehingga masih banyak kesempatan lainnya.

Dalam pidato penutup yang disampaikan oleh V. Sugiarto selaku Operation and Property Management Director PT Gramedia Asri Media,  pihaknya berkomitmen untuk mengadakan kegiatan bertema literasi secara rutin dengan tema yang berbeda. “Seharian ini (proses penjurian) kita sudah sama-sama melihat bahwa banyak orang-orang yang sudah bergerak langsung, tidak hanya wacana saja. Oleh karena itu, sudah semestinya kita dapat membuat sebuah kolaborasi bersama untuk menghadapi tantangan literasi di Indonesia.” tukasnya.

Dewan Juri Finalis GRCC 2018 (dari kiri ke kanan) ; Yogi Arief Nugroho (Wapemred Kompas Tv), Eddy Sutedja (Kompas Gramedia), Firman Hadiansyah (Ketua Umum FTBM), Harris Iskandar (Dirjen Paud Dikmas Kemendikbud), Yovita Arika (Kepala Desk Humaniora Harian Kompas), Amir Sodikin (Redpel Kompas.com), V. Sugiarto (Operation and Property Management Director Gramedia), dan Yosef Adityo (Corporate Secretary GM Gramedia).

Berikut daftar 20 komunitas dan taman baca yang menjadi pemenang Gramedia Reading Community Competition 2018 (klik link di bawah ini);

Unduh Daftar Pemenang GRCC 2018 disini

Leave your vote

8 points
Upvote Downvote

Total votes: 10

Upvotes: 9

Upvotes percentage: 90.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 10.000000%

Total
183
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…