Program Short Course Guru dan Tenaga Kependidikan Indonesia ke Luar Negeri yang diusung Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah selesai dilaksanakan. Program ini berlangsung selama tiga pekan, dimulai sejak tanggal 2 Maret hingga 23 Maret 2019 di sebelas negara. Peserta disaring melalui proses wawancara ketat dengan menggunakan Bahasa Inggris oleh tim penilai yang ditugaskan oleh kementerian. Namun, beberapa dipilih lewat jalur prestasi yang pernah diraihnya. Termasuk salah satu pengelola TBM Kolong.

Satu tahun lalu, Doni, pengelola TBM Kolong berhasil meraih juara 1 pada ajang Apresiasi Guru dan Ketenaga Kependidikan tingkat Nasional di Pontianak, Kalimantan Selatan. Dalam ajang tersebut, TBM Kolong mengangkat judul “S.M.A.R.T Sebagai Strategi Pengelolaan Tbm Kolong Melalui Program C-More Dalam Membangun Karakter Masyarakat Sekitar Bawah Fly Over Ciputat Tangerang Selatan.” Dan dengan judul ini, TBM Kolong berhasil meraih juara pertama diikuti Jawa Tengah dengan peringkat ke dua dan Aceh di peringkat ke tiga. Atas prestasi tersebut, TBM Kolong turut diikutsertakan dalam kegiatan Short Course ke Negara Thailand.

TBM Kolong Thailand
Panelis tengah mempresentasikan pembelajaran.

Kegiatan ini di dukung oleh pemerintah Tangerang Selatan khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  Selama pelatihan di Thailand, Pengelola TBM Kolong ditempatkan di SEAMEO Collage, sebuah organisasi milik UNESCO yang beranggotakan menteri-menteri pendidikan di negara-negara Asia Tenggara. Seluruh peserta berjumlah 55 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah SMA-SMK dari seluruh Indonesia dan beberapa orang pendidik non-formal, termasuk pengelola TBM Kolong.

Baca juga: Kartini Masa Kini: Meraih Mimpi dengan Prestasi

Di Thailand, para peserta belajar tentang berbagai bentuk pendidikan di berbagai negara anggota SEAMEO. Tak hanya itu, para peserta juga mengunjungi beberapa sekolah yang menerapkan sistem pendidikan dari pemerintah Negara Thailand. Melihat perbedaannya, lalu mengadopsi hal-hal baik di lembaga masing-masing. Begitupula dengan TBM Kolong. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan TBM, saat ini TBM Kolong akan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama mengenyam pendidikan di Thailand. Selain itu ilmu ini juga akan di sharing ke tbm lain.

TBM Kolong Thailand
Pemaparan teori kepenulisan kepada para peserta di Batam.

Sebagai bentuk pengimbasan, para peserta diminta menuliskan tentang apa-apa saja pengetahuan baru yang telah didapatkan selama pembelajaran di Thailand ke dalam sebuah buku. Buku ini akan menjadi koleksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai buah dari program Short Course Guru dan Tenaga Kependidikan Indonesia ke Luar Negeri. Selama 3 hari ke depan, Doni, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Kolong akan mengikuti pelatihan penulisan tugas akhir Short Course ke Luar Negeri di Batam di mulai sejak tanggal 23 hingga 26 April 2019.

*) Artikel ini merupakan kiriman komunitas dan murni karya mereka. 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…