Dalam sejarah pendidikan yang ada di Indonesia, sosok Kartini dikenal sebagai pelopor perubahan dalam dunia pendidikan. Apa yang telah dilakukannya pada masa kolonial Belanda, terus dikenang oleh banyak orang hingga saat ini. Bahkan dia dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional dan untuk mengenang jasa-jasanya, tiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini.

Kemarin, tanggal 22 April Yayasan Bustanul Hikmah Sukorejo mengadakan acara karnaval dan berbagai acara untuk memperingati dua hari besar. Yang pertama dalam rangka memperingati Hari Kartini dan yang kedua memperingati Hari Buku Sedunia.

Hari Kartini
Anak-anak dan orang tua sedang sibuk memilah buku.

World Book Day atau Hari Buku Sedunia, jarang sekali diketahui apalagi diperingati oleh mereka yang awam. Oleh sebab itulah, sebagai rasa syukur dan bentuk ucapan terima kasih pada sosok Kartini kami memperingatinya dengan serangkaian acara. Sekaligus mengenalkan kepada masyarakat awam, bahwa ada juga hari besar yang patut diketahui dan dirayakan, yaitu Hari Buku Sedunia. Mengingat selama ini mereka “ awam” hanya paham hari-hari besar Nasional saja.

Baca juga: Kartini Masa Kini: Meraih Mimpi dengan Prestasi

Adapun rangkaian acara di Desa Sukorejo Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo atau Yayasan Bustanul Hikmah Sukorejo yaitu karnaval dengan tema kartini dan buku. Dilanjutkan dengan pembacaan Puisi oleh adik-adik TK Bustanul Hikmah. Selepas pembacaan puisi ada juga acara Fashion Show oleh adik-adik TK juga. Dan tidak kalah serunya yaitu acara lomba menata buku oleh ibu dan anak.

Hari Kartini
Para peserta karnaval berfoto bersama.

Fashion Show dan pembacaan puisi ini bertujuan untuk melatih rasa percaya diri adik-adik agar berani maju atau tampil ke depan. Sedangkan untuk game ibu dan anak, ini bertujuan untuk melatih kekompakan antara ibu dan anak. Karena jika kekompakan atau tim bisa bersinergi dengan baik, tentunya kelak kita mampu bekerjasama dengan siapapun. Sedangkan untuk acara karnaval, ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa ada dua hari besar dalam bulan ini yang perlu diketahui dan diperingati, sekaligus sebagai media kreativitas dari masing-masing peserta. Karena dalam karnaval ini, para peserta mengenakan aneka kostum yang berbeda-beda sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Untuk Anda yang penasaran dengan acaranya silahkan tonton video berikut:

Dan untuk melihat serangkaian kegiatan peringatan hari buku sedunia tahun 2018 bisa dilihat pada link berikut: Peringatan Hari Buku Sedunia 2018

Untuk peringatan Hari Buku Sedunia tahun 2017 bisa dilihat pada video berikut:

Untuk peringatan Hari Buku Sedunia tahun 2016 bisa dilihat pada video berikut:

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini pernah membantu kami,

SALAM LITERASI!

 

*) Artikel ini merupakan kiriman komunitas dan murni karya mereka. 

 

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…