Globalisasi kini membuat sekat-sekat antar negara semakin tipis. Bahasa-bahasa sebagai intrumen komunikasi pun semakin banyak dipelajari lintas negara. Sulit membayangkan bahwa anak muda tidak terkena bahasa asing sama sekali. Bahkan di ponsel atau pun televisi yang mereka tonton, pasti ada istilah dari bahasa asing.

Ada lebih dari 7000 bahasa di dunia ini dan bila dipikir-pikir, akan sulit memilih 1 bahasa paling penting dari ribuan bahasa yang ada itu. Tapi sebenarnya tidak sesulit itu. Ada 23 bahasa yang digunakan lebih dari separuh manusia di bumi ini. Dan 10 di antaranya, dianggap sebagai bahasa yang paling penting. Penting di sini dipertimbangkan dari faktor jaringan profesional, kolaborasi akademik, transportasi dan perjalanan, dan kebutuhan dalam bisnis. Apa saja 10 bahasa paling penting itu?

1. Bahasa Inggris

Jelas. Bahkan kurikulum sekolah kita mewajibkan bahasa Inggris menjadi bahasa paling penting. Ada lebih dari 375 juta orang sebagai penutur asli bahasa Inggris. Tetapi jumlah seluruh orang di dunia yang menuturkan bahasa Inggris ada 1.5 miliar orang.

Bahasa paling penting ini pula yang menjadi bahasa ibu internet dan teknologi komputer, yang telah diakui secara global. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi negara Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada, yang mana mereka termasuk dalam 10 negara dengan tingkat ekonomi paling tinggi di dunia.

2. Bahasa Mandarin

Tidak ada bahasa di dunia yang punya penutur asli sebanyak bahasa mandarin. 982 juta orang adalah penutur asli dari negara China, sedangkan keseluruhan di dunia yang menuturkan bahasa Mandarin ada 1.1 miliar orang.

Negara China juga merupakan salah satu negara terkuat di dunia, sehingga bahasa Mandarin layak masuk ke jajaran bahasa plaing penting di dunia. Menurut perkiraan para ahli ekonomi, China akan menjadi negara dengan ekonomi paling kuat di dunia pada 2050. 

Bahasa Paling Penting di Dunia
Bahasa paling penting di dunia (ilustrasi). Sumber

3. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa paling penting dengan persebaran terluas di dunia. Ada 330 juta penutur asli dan jumlah keseluruhan penuturnya di dunia ada 420 juta orang.

Bahasa Spanyol menjadi bahasa utama di lebih dari 20 negara, yang mayoritas berada di kawasan Amerika Latin. Bagaimana pun, bahasa ini juga bahasa paling penting di Amerika Serikat karena 35 juta orang imigran AS menggunakan bahasa Spanyol di rumah mereka.

4. Bahasa Jepang

Bahasa paling penting dari benua Asia lainnya adalah bahasa Jepang. Kekuatan ekonomi Jepang begitu besar sehingga banyak para pebisnis yang melakukan ekspor impor juga menuturkan bahasa Jepang. Ada sekitar 127 juta orang penutur asli bahasa Jepang dan lebih dari 1 juta lainnya adalah penutur dari luar.

Bahasa Jepang merupakan bahasa yang indah karena mereka pun, selain bahasa Mandarin, juga mempunyai hurufnya sendiri. Meskipun tidak terlalu populer di luar Jepang, namun jika kamu membutuhkan informasi seputar teknologi dan industri modern lainnya, bahasa Jepang wajib dipelajari.

Baca juga: Setiap Penerjemah Pasti Melewati 10 Langkah Ini. Kamu di Langkah Berapa?

5. Bahasa Jerman

Jerman menjadi salah satu negara di dunia yang memimpin perekonomian, teknologi, dan sains. Jerman pula yang mendominasi perekonomian Eropa selama beberapa dekade. Bahasa Jerman pun menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan di benua Eropa. 105 juta orang adalah penutur asli, dan ada 80 juta orang di dunia yang menggunakannya sebagai bahasa kedua.

Beberapa orang menganggap bahwa bahasa Jerman terkesan serius dan otoritatif, yang mencerminkan tekad Jerman untuk menjadi negara terkuat. Tapi bila dipelajari, sebenarnya kesan tersebut tergantung dari si penuturnya sendiri.

6. Bahasa Rusia

Para penulis besar di dunia yang hingga hari ini karyanya masih dipelajari berasal dari negara ini. Sebut saja Fyodor Dostoyevsky dan leo Tolstoy. Rusia juga merupakan negara dengan teritori paling luas sedunia.

Ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa utama mereka sehari-hari dan 110 juta orang juga menggunakannya, namun bukan sebagai penutur asli. Rusia punya pengaruh sangat kuat di antara benua Eropa dan Asia. Lantaran negara ini menjadi batas antara benua Eropa dan Asia.

Bahasa Paling Penting di Dunia 2
Bahasa Paling Penting di Dunia (ilustrasi). Sumber

7. Bahasa Perancis

Selama berabad-abad, bahasa Perancis digunakan untuk urusan diplomatik. Hari ini, terdapat 79 juta orang yang menggunakan bahasa paling penting ini untuk sehari-hari. Namun, total keseluruhan penuturnya meningkat hingga 370 juta orang.

Tentunya Perancis masih menjadi negara dengan tingkat ekonomi tertinggi di dunia dan Perancis punya kebudayaan yang sangat memikat para turis dan semua orang di dunia. Satu lagi, bahasa Perancis secara luas dianggap sebagai bahasa cinta, yang berarti, menjadi bahasa yang paling penting di dunia.

Baca juga: Apa Bahasa Tertua di Dunia? Berikut Urutannya

8. Bahasa Arab

Tidak kurang 22 negara menuturkan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka. Ada lebih dari 205 juta orang di wilayah ini tetapi bahasa Arab semakin banyak dituturkan oleh lebih dari 100 juta orang di dunia.

Tidak perlu ditanya lagi, bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh umat Muslim dalam doa-doanya, yang mana 1.5 miliar orang menganut Islam sebagai kepercayaannya. Jadi, hal inilah yang membuat bahasa Arab menjadi salah satu bahasa paling penting di dunia.

9. Bahasa Hindi

Bahasa Hindi menjadi standar bahasa di dunia dan beberapa negara di sekelilingnya. 450 juta penutur aslinya menggunakan bahasa Hindi dan 200 juta non-penutur asli membuat bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia.

Masih kepada tingkat ekonomi, India digadang-gadang akan menduduki peringkat 2 perekonomian terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya warga penduduk di India dan pesatnya industri & teknologi yang mampu mengimbangi besarnya populasi di India.

Baca juga: Fakta Mengejutkan 9 Manfaat Membaca Cerita Fiksi

10. Bahasa Portugis

215 juta orang adalah penutur asli dan 235 juta orang adalah total penutur bahasa Portugis. Di Portugal, bahasa ini adalah bahasa ibu. Juga di Brazil dan 7 negara lainnya, yang kerap dianggap sebagai salah satu bahasa paling penting di belahan bumi selatan.

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…