Terdapat 7000 bahasa yang dituturkan di dunia. Masing-masing dari bahasa tersebut dituturkan oleh orang-orang dengan latar belakang yang berbeda. Sebenarnya para ilmuwan masih kesulitan untuk menentukan bahasa apa yang tertua di dunia.

Untuk waktu yang lama, manusia menggunakan suara primitif dan gestur untuk berkomunikasi satu sama lain. Lalu ditemukan struktur bahasa yang terlihat pada skrip-skrip yang telah ditulis berabad-abad lampau. Darinya, para pakar linguistik berargumen bahwa sebuah umur bahasa harus ditentukan dengan kemunculan pertama teks bahasa tersebut dan kegunaannya pada masa sekarang. Apa saja bahasa tertua itu? Berikut urutannya.

1. Bahasa Latin

Bahasa tertua pertama sejauh penemuan para ilmuwan adalah bahasa Latin. Pertama kali muncul pada tahun 75 sebelum masehi. Banyak manuskrip kuno yang ditulis dengan bahasa Latin. Umumnya isi manuskrip tersebut berisi tentang peperangan yang berhasil dimenangkan di Semenanjung Italia.

Kekaisaran Romawi pun menggunakan bahasa Latin sebagai bahasa formal mereka. Bahasa ini merupakan akar dari bahasa Spanyol, Perancis, Italia, Portugis, Catalan dan orang-orang Roma, juga asal-usul dari banyaknya kata-kata hari ini termasuk kata-kata dalam bahasa Inggris.

2. Bahasa Armenia

Bahasa tertua kedua ini banyak digunakan orang-orang dalam rumpun Indo-Eropa (kelompok bahasa-bahasa bekerabat dengan jumlah penutur terbesar di dunia). Teks tertua yang menggunakan bahasa ini dapat kita temukan pada terjemahan Kitab Injil yang dibuat pada abad ke-5.

Berdasarkan pada teks paling terakhir ditemukan, bahasa Armenia dimulai sejak 450 SM. Bahasa ini masih dituturkan oleh kira-kira 5 juta orang hingga kini, yang berlokasi di Iran, Georgia, Russia, dan Ukraina.

Bahasa Tertua di Dunia
Manuskrip tentang hukum dalam bahasa Armenia yang ditulis oleh Mkhitar Gosh, seorang pemikir di abad 12. Sumber

3. Bahasa Korea

Menjadi salah satu bahasa tertua, bahasa Korea ini mengalami perkembangannya hingga kini. Bahasa Korea kuno digunakan pada masa Tiga Kerajaan, di mana Kerajaan Silla yang paling dominan menggunakannya.

Bahasa Korea pertengahan ditemukan pada abad 15, dengan menggunakan Hangul, karakter unik Korea yang dikembangkan oleh Raja Sejong Agung dan kawan sejawatnya. Yang paling modern hingga kini digunakan adalah bahasa Korea modern yang digunakan sejak abad 17.

4. Bahasa Ibrani

Kembali ke 1000 SM, skrip pertama bahasa Ibrani ditemukan. Bahasa ini diperkirakan telah berumur lebih dari 3.000 tahun. Salah satu bahasa tertua ini adalah bahasa resmi negara Israel.

Bahasa Ibrani dilabel sebagai bahasa yang suci karena bahasa ini kerap digunakan sebagai bahasa yang digunakan pada beberapa teks-teks religius. Sempat hilang pada tahun 200 sampai 400, bahasa Ibrani muncul kembali. Dituliskan dan dituturkan hingga kini oleh seluruh penganut Yahudi di seluruh dunia.

Baca juga: Setiap Penerjemah Pasti Melewati 10 Langkah Ini. Kamu di Langkah Berapa?

5. Bahasa Aram

Bahasa Aram menyumbangkan beberapa kata kepada bahasa Arab dan bahasa Ibrani. Bahasa Aram menjadi salah satu bahasa tertua di dunia berdasarkan pada dokumen diplomatik yang digunakan antara negara Aramaik dari abad 10 SM.

Beragam dialek bahasa Aram modern dituturkan di beberapa negara hingga hari ini seperti Lebanon, Israel, Suriah, Iran, Amerika Serikat, Australia, Russia, dan beberapa wilayah di Eropa. Antara 579.000 sampai 1.000.000 orang menuturkan bahasa Aram sebagai bahasa ibu mereka.

6. Bahasa China (Mandarin)

Ditemukan pada skrip pertama yang muncul dengan karakter hurufnya yang unik pada 1250 SM. Bahasa China merupakan salah satu bahasa tertua yang telah berumur lebih dari 3.000 tahun. Saat ini, bahasa ini paling banyak dituturkan di dunia dengan jumlah 1.24 miliar penutur di lebih dari 37 negara.

Archaic atau bahasa China Kuno adalah bahasa yang umum digunakan di sebagian awal dan pertengahan Dinasti Zhou pada abad ke-11 sampai abad ke-7 SM. Bukti yang ditemukan adalah teks China Kuno pada artifak yang terbuat dari perunggu di Shujing (Sejarah Klasik), Shijing (Syair Klasik) dan bagian-bagian Yijing (Perubahan Klasik).

Bahasa Tertua di Dunia
Gulungan manuskrip Dunhuang yang berisi tiga fragmen tentang Buddha yang diperkirakan dibuat pada abad ke-7. Sumber

7. Bahasa Yunani

Pada 1450 SM bahasa Yunani ditemukan. 13 juta orang yang hidup di Cyprus, Albani, dan Yunani menuturkan bahasa ini. Sebagai salah satu bahasa tertua, bahasa Yunani mempunyai sejarah panjang di antara banyaknya bahasa yang dituturkan di Eropa. Bahasa ini juga merupakan cabang dari bahasa rumpun Indo-Eropa.

Huruf-huruf bahasa Yunani dibuat dari skrip yang digunakan oleh bangsa Fenisia di mana nantinya, huruf-huruf ini yang menjadi cikal bakal sistem penulisan Gothic, Coptic, Armenian, Cyrillic, dan Latin. Filsafat Aristoteles dan Plato, ilmu pengetahuan tentang logika dan matematika, astronomi dan beberapa cabang sains lainnya menggunakan bahasa Yunani dalam manuskripnya. Ini yang membuat Yunani dikenal sebagai bangsa lahirnya ilmu pengetahuan.

Baca juga: 10 Buku Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Versi Goodreads

8. Bahasa Mesir

Bahasa ini masih masuk dalam daftar bahasa tertua di dunia. Bahasa Mesir telah berumur lebih dari 4.700 tahun. Sebuah autobiografi yang ditemukan di dinding Piramida Mesir Kuno dibuat pada sekitar tahun 2600 SM hingga 2000 SM.

Bahasa Mesir ini ditampilkan dalam bentuk Hieroglif Mesir 600 tahun sebelum kemunculan teks lengkap dalam bahasa Mesir. Bahasa Mesir masih dituturkan hingga kini, salah satunya sebagai bahasa liturgi Gereja Coptic.

9. Bahasa Sansekerta

Para pakar linguistik berpendapat bahwa bahasa ini punya pengaruh yang besar pada beberapa bahasa di Eropa. Mereka juga percaya bahwa bahasa ini datang dari Tamil, sebuah kelompok etnis dari Bangsa Dravida yang berasal dari Asia Selatan. Tamil juga adalah suku bangsa tanpa negara tertua dan terbesar di dunia modern ini.

Bahasa Sansekerta, yang telah berumur 4.000 tahun (beberapa menyebut 6.000 tahun), digunakan sebagai bahasa klasik di India. Hingga kini, bahasa Sansekerta masih menjadi bahasa resmi di Semenanjung India. Bahasa ini pula dianggap sebagai bahasa dewa karena banyak teks Hindu menggunakan bahasa ini.

Baca juga: Belajar Bahasa Asing? Ketahui 10 Bahasa Paling Penting di Dunia Ini

10. Bahasa Tamil

Daftar bahasa tertua yang terakhir adalah bahasa Tamil yang dipercaya telah berumur 5.000 tahun lamanya. Muncul pertama kali tahun 300 SM sebuah koleksi sastra berbahasa Tamil.

Bahasa ini secara luas dituturkan di beberapa negara seperti Singapura dan Sri Lanka. Di India, bahasa Tamil menjadi salah satu bahasa yang pertama dituturkan di sana.

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…