Pendidikan yang berkualitas merupakan kebutuhan dasar bagi setiap insan dan bagi pembangunan sebuah bangsa secara keseluruhan. Pendidikan bermutu akan memberikan dampak perubahan yang baik bagi pembangunan masyarakat yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif bagi kemajuan sebuah bangsa. Jika kita ingin melayani dan memberdayakan masyarakat maka memberikan layanan pendidikan yang berkualitas merupakan sebuah keharusan yang tidak dapat ditawar.

Komunitas belajar dan membaca PAPUA HEI merupakan wadah pendidikan anak-anak usia sekolah nonformal. Awal berdirinya PAPUA HEI berada di Jalan Mandala nomor 12 Dok V atas Kota Jayapura Papua. Lalu berkembang di Rindam XVII/Cenderawasih, Ifargunung, Sentani, Jayapura Papua. Dan sekarang berada di Jalan Maluku, Serui Kota, Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Sebagai komunitas baca yang melayani pendidikan nonformal di kalangan masyarakat Papua, komunitas baca PAPUA HEI merasa rindu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Hal ini dilatarbelakangi data statistik tingkat pendidikan Papua yang hampir selalu menduduki posisi terbawah dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

Komunitas Baca PAPUA HEI
Anak-anak didik PAPUA HEI sedang membaca di rumah kayu. (Dokumen Pribadi)

Membangun kualitas pendidikan yang bermutu membutuhkan berbagai upaya dengan variabel penentu yang tidak sedikit. Salah satu variabel utama yang mendapat porsi terbesar dalam membangun kualitas pendidikan yang bermutu adalah Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang unggul akan dapat diperoleh jika sarana penunjang untuk memfasilitasi peningkatan kualitas SDM tersebut dapat terealisasi. Fasilitas penunjang utama bagi peningkatan kualitas SDM adalah tersedianya sumber informasi yang memadai.

Sumber informasi yang sangat tepat adalah pengadaan buku-buku berkualitas dan menarik perhatian anak, akan mampu mewujudkan generasi yang berwawasan luas dan memiliki kemampuan untuk lebih tajam dan berhikmad dalam menjalani masa muda mereka dalam upaya mencapai masa depan untuk membangun Tanah Papua. Hal ini akan sangat berdampak dalam mengubah pola pikir terbelakang menjadi pola pikir visioner untuk generasi muda Papua.

PAPUA HEI terus bergerak, dengan beberapa orang yang menggerakannya dari belakang. Mereka adalah Pulung Patria Daga sebagai Penasihat, Ratna Catur Hastuti sebagai Ketua, Adi Susanto sebagai Koordinator Lapangan, Bendahara Dika Sayu Rahmawati, Sekretaris ada Yosefa Anandita Dea Rahmawati dan beberapa anggota seperti Maniar Yoshevin Da Simanora, Endang Sri Rahayu, Martha Lembang, Ibu Marta, Ibu Bonai, dan lain-lain. Hingga kini murid dari komunitas baca ini ada sekitar 350 anak yang terus berjalan dengan dana pribadi.

Komunitas Baca PAPUA HEI
Antusiasme anak-anak didik di PAPUA HEI saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. (Dokumen Pribadi)

Kisah inspiratif

Yunira merupakan siswi perdana yang bergabung dalam komunitas baca PAPUA HEI kelas Jayapura pada 2016. Awalnya Yunira adalah siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri meskipun secara akademis dia memiliki kemampuan di atas rata-rata teman di sekolahnya. Melalui program bedah buku dengan tema-tema yang terkait dengan tujuan atau visi hidup di komunitas baca PAPUA HEI, Yunira bertumbuh menjadi siswi yang mampu menunjukkan kualitas percaya diri.

PAPUA HEI, dalam setiap pengajarannya, selalu berusaha menanamkan perasaan cinta tanah air Indonesia. Dan, melalui program bedah buku dengan tema visi hidup dan cinta tanah air inilah Yunira menjadi seseorang yang mewakili Provinsi Papua dalam kompetisi remaja inspiratif Papua yang diselenggarakan oleh Cenderawasih Post. Yunira pun mewakili Papua ke New Zealand karenanya. Enam bulan setelah kegiatan kunjungannya ke New Zealand, ia kembali dihubungi untuk mendapatkan tawaran sekolah dan pekerjaan di negara itu. Namun ia menolak tawaran tersebut atas dasar pertimbangan bahwa Yunira ingin membangun tanah Papua. Dan kelak ketika ia bekerja, ia ingin bekerja untuk membangun bangsanya, Indonesia.

Ingin berkontribusi untuk PAPUA HEI? Silakan kunjungi Kolom Donasi supaya PAPUA HEI dapat tetap menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas.

Kontak

Nomor telepon: 082245599923 (Ratna)

Alamat: Jalan Maluku, Serui Kota, Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Media Sosial: @papuaheiofficial

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…