Mungkin kita biasa menandawarnai kalimat dalam buku dan mencatat bagian-bagian penting pada saat membaca buku nonfiksi. Kerap kali kegiatan ini mengalihkan kita dari fokus isi buku itu sendiri.

Di sisi lain, ada keinginan di dalam diri untuk menandwarnai banyak hal dan mencatatnya sekaligus, tanpa benar-benar memahami isinya. “Ah gampang, yang penting sudah dicatat.” Pada saat berminggu-minggu setelahnya kita kembali membaca buku itu, rasanya tidak ada bedanya dengan membaca keseluruhan dibanding hasil catatan.

Kegiatan mencatat seharusnya tetap memberi kita fokus pada isi, tapi tidak jarang pula malah mengalihkan fokus kita. Kalau begitu masalahnya, mungkin kamu bisa coba metode lain dalam mencatat. Caranya sederhana dan mudah dilakukan.

1. Buat indeks kata kunci

Ketika kamu membaca, siapkan kertas kosong atau buku catatan kamu untuk membuat indeks kata kunci pada ide besar dari suatu paragraf/bab yang kamu baca.

2. Beri nomor

Ketika kamu menemukan suatu pembahasan yang berhubungan dengan ide besar yang kamu cari, tandai di sebelah indeks kata kuncimu dengan nomor halaman di mana pembahasan yang berhubungan tadi terletak. Cara ini akan membantumu lebih cepat dalam mencari hal-hal yang penting.

3. Tambahkan banyak indeks

Semakin kamu banyak membaca, maka indeks kata kunci akan semakin banyak. Cara ini pula yang membuat kita semakin mudah mengategorikan suatu pembahasan. Kata kunci mengenai ide besar bacaan yang terkumpul membuat kita mudah dalam mencarinya lagi dan berguna hingga kapan pun kamu kembali membacanya lagi.

Baca juga: 14 Tips Efektif Baca Buku yang Membosankan Jadi Asyik

Dengan cara ini pula, jika kamu ingin mengambil lebih dalam pada sebuah ide spesifik buku, kamu dapat dengan mudah menemukannya dengan mudah beserta pembahasan yang masih relevan ada di halaman berapa.

Beruntungnya lagi, metode ini cukup sederhana dan tidak mengacaukan fokusmu dalam membaca. Ini contoh gambarnya jika kamu masih samar-samar membayangkannya:

Fokus Membaca Sambil Mencatat
Contoh indeks kata kunci. Terdapat kategori pembahasan dan angka sebagai nomor halaman. Sumber

Metode ini adalah cara termudah untuk melakukan kegiatan tugas ganda (multitasking) dalam hal membaca dan mencatat. Cobalah dan buktikan sendiri manfaatnya.

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…