Maman Suherman mengaku mendapatkan sensasi yang selama ini belum pernah dirasakan ketika bercengkerama dengan lebih dari 300 pelajar ragam tingkatan di Samosir. Menurut novelis pelahir sejumlah bacaan best seller tersebut, hatinya terkejut bercampur haru ketika kaum milenial masih gemar dengan buku fisik.
Di akunnya, Jumat, (12/7), penulis novel ‘Aku Takut Kehilanganmu’ itu mengaku merasa ikut ‘mewarnai dunia’ ketika oleh panitia Festival Literasi Nusantara-Danau Toba untuk menilai hasil kerja peserta Lomba Mewarnai. “Kalau kau tanya bahagiaku pagi ini, jawabnya berkumpul bersama lebih dari 300-an siswa-siswi PAUD/TK dan SD di Samosir, Danau Toba: Bersama Mewarnai Dunia…” tulis pria yang populer dengan panggilan Kang Maman tersebut.

Baca juga: Festival Literasi Nusantara Danau Toba Digelar di Samosir

Public Relations Officer PT Gramedia Asri Media Alchia Amanda Putri mengatakan, festival literasi tersebut mengadakan sejumlah lomba. Di hari kedua perlombaan, Jumat (12/7) diadakan Lomba Menulis Aksara Batak dan Lomba Permainan Tradisional dengan peserta di luar ekspektasi panitia.
Sebelumnya, digelar lomba resensi buku. Resensi diikuti pelajar dan masyarakat umum. Yang menarik, hampir seluruh peserta menulis resensi dengan tulisan tangan. “Hasilnya membahagiakan karena bakat-bakat cerdas warga Samosir disalurkan,” tambah Alchia.

Baca juga: Program Pengadaan Buku Bermutu CSR Literasi Nusantara di Yogyakarta

Dari peresensi, ada yang membaca buku Maman Suherman hingga mendatangkan keterkejutan bagi pria yang gemar berpetualang ke pelosok Nusantara itu. Padahal, untuk ikut lomba, bebas meresensi buku apapun. “Yang jadi patokan, literasi harus antihoax,” tegasnya.
Bagian lain yang menarik minat publik ketika Butet Manurung, si pencetus Sekolah Rimba ketika mengedukasi publik untuk membaca. Ia kagum dengan kapal yang berlabuh dari satu dermaga kecil ke tempat lainnya. “Tapi ingat lho… kapal yang berlabuh di dermaga memang pandangan mengasyikkan. Tapi bukan untuk itu kapal diciptakan,” ujarnya sambil menegaskan idealnya menumbuhkan minat baca kaum milenial.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…