Entah kamu seorang siswa, pekerja profesional, orangtua, atau seorang lanjut usia, kita semua tentu berusaha menghafal dengan cepat saat mempelajari hal baru setiap harinya. Mungkin belajar bermain gitar, belajar bahasa baru, belajar cara menanam, atau belajar hal-hal lainnya. Dengan belajar tentunya otak kita akan terus berkembang dengan informasi baru.

Memang mempelajari hal baru memerlukan usaha yang lebih melalui proses gagal berkali-kali sebelum mencapai titik mahir. Tapi bagaimana jika dengan beberapa trik, kamu dapat menghafal dengan cepat dan mudah hal yang sedang kamu pelajari? Sebaiknya kamu perlu mengethui 7 trik sederhana cara menghafal dengan cepat dan mudah ini sesegera mungkin. Yuk cek!

1. Olahraga sebagai Sarana “Membersihkan” Otak

Seperti yang kita semua ketahui, berolahraga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu bagian tubuh yang terkena dampak positif besar karena olahraga adalah otak. Berolahraga dapat mengembangkan skill kita dalam memahami suatu hal dan menghafal dengan cepat. Jika kamu penulis dan mengalami kebuntuan mencari ide atau kamu seorang siswa yang sulit menghafal dengan cepat sebuah teori, cobalah untuk sedikit memacu tubuhmu dengan berolahraga.

Menurut studi pada 2013, berolahraga dapat segera mempengaruhi kemampuan kognitif kepada semua kalangan, tidak terkecuali tua maupun muda. Setelah melakukan olahraga sederhana selama 15 menit, subjek penelitian menunjukkan adanya kemampuan mengingat dan pemrosesan informasi yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak berolahraga.

Cara Menghafal dengan Cepat
Berolahraga jalan cepat atau berlari dapat menjadi pilihan yang mudah dan murah. (Dokumen Pribadi)

2. Tuliskan Apa yang Ingin Diingat, Lagi dan Lagi

Apa iya berpengaruh? Terlihat sulit dan membutuhkan kerja lebih untuk melakukan sesuatu lagi dan lagi, tetapi aktivitas sederhana ini dapat membantu otakmu mengingat lebih baik. Riset dari Jurnal Oxford menunjukkan bahwa mencatat dan mengulangi apa-apa yang perlu diingat meningkatkan level mengingat dan menghafal dengan cepat lebih baik ketimbang aktivitas membaca lagi dan lagi secara diulang-ulang.

Di lain studi, menulis tangan membantu seseorang menyerap informasi lebih baik ketimbang mengetikkannya.

Baca juga: Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik. Bagaimana Faktanya?

3. Melakukan Yoga

Yoga adalah sebuah cara mudah supaya dapat menghafal dengan cepat. Mengapa demikian? Yoga mempengaruhi otak dengan cara melibatkan gerak kontrol otot dan persepsi sensor seperti pidato, memori, menentukan pilihan, dan kemampuan melihat.

Riset menunjukkan bahwa orang yang rutin melakukan yoga memperlihatkan lebih sedikit kegagalan kognitif. Di lain studi pada 2012 juga ditemukan bahwa dengna beryoga selama 20 menit dapat meningkatkan partisipasi belajar pada fungsi otak, mendorong otak berfungsi dapat berpikir lebih jernih.

4. Belajar di Sore Hari

Umumnya, persoalan kebiasaan belajar, dikelompokkan dalam kelompok orang yang belajar pagi dan orang yang lebih suka belajar malam hari. Paling tidak, sebuah studi Brazilian Journal of Medical and Biological Research menyatakan bahwa dengan belajar dan memfokuskan diri pada siang hari punya efek yang lebih hebat untuk skala mengingat jangka panjang supaya dapat menghafal dengan cepat dibanding waktu-waktu lain dalam sehari.

Cara Menghafal dengan Cepat
Anak-anak didik PAPUA HEI sedang membaca di rumah kayu. (Dokumen Pribadi)

5. Menghubungkan Hal Baru pada Hal yang Sudah Kamu Tahu

Maksudnya? Ketika kamu telah mengetahui sesuatu, cobalah untuk menghubungkannya dengan hal-hal baru. Mengacu pada Loma Linda University School of Medicine, teknik tersebut cukup efektif untuk dapat menghafal dengan cepat.

Contohnya, jika kamu sedang belajar sejarah mengenai tokoh-tokoh kerajaan. Kamu bisa membayangkan raja-raja itu seperti orang-orang terdekatmu. Sehingga kamu mempunyai “jembatan keledai” dengan informasi mengenai orang-orang paling dekat darimu. Hal ini selain membantu daya imajinasimu, juga mempermudah metode menghafal dengan cepat yang sedang kamu pelajari.

Baca juga: 8 Tips Singkat Cara Menenangkan Pikiran Saat Menghadapi Ujian

6. Jauhi Tugas Ganda (Multitasking)

Di dunia yang serba membutuhkan teknologi ini, kita kerap membalas pesan pendek atau bermain hp sembari belajar sesuatu. Di beberapa situasi, aktivitas ini tidak dapat secara efektif membantumu mempelajari hal baru dengan lebih baik. Sederhananya, fokus kita terbagi.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance menyarankan bahwa melakukan banyak aktivitas sekaligus, selain tidak efisien, juga membagi fokus dan waktu kita sehingga tugas menjadi berantakan dan kita tentunya tidak dapat menghafal dengan cepat suatu pelajaran yang sedang kita pelajari.

7. Ajarkan Apa yang Telah Kamu Ketahui

Tokoh yang sangat terkenal untuk trik menghafal dengan cepat yang terakhir ini adalah Richard Feynman. Ia adalah seorang fisikawan tersohor dari Amerika yang menggeluti dunia mekanika kuantum. Ia mengaku, kecerdasannya bukanlah berkah. Ia seorang pekerja keras yang pantang menyerah. Dan trik yang dilakukannya untuk dapat menghafal dengan cepat, selain terus belajar, adalah dengan mengajarkan apa yang telah ia pahami.

Membagikan apa yang pahami adalah sebuah cara yang efisien untuk membuat ingatan dan informasi tidak lenyap dari otak. Proses menerjemahkan informasi ke dalam kata-kata saat kita mengajarkan sesuatu membantu otak kita memahami topik lebih baik. Selain itu, cara ini juga dapat memberi informasi baru kepada orang yang kamu ajarkan. Simbiosis mutualisme, bukan?

Baca juga: Kenali Metode Belajarmu: Belajar Kelompok atau Belajar Sendiri?

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…