Tidak tenang menghadapi ujian memang menjadi sebagian besar masalah seorang siswa, ditandai dengan rasa gugup. Namun yang lebih dalam dari itu, rasa gelisah, menjadi urusan yang lebih berat diatasi. Riset yang dilakukan American Test Anxieties Association menemukan bahwa 16-20% siswa merasakan kecemasan dengan tingkat tinggi, sementara 18% lainnya berada pada level tidak tenang menghadapi ujian dalam kategori yang masih dapat dikendalikan.

Apa pun bentuk ujiannya, orang-orang yang menghadapinya akan merasa tidak tenang. Kecenderungan untuk berpikir “bagaimana jika aku salah” dan bagaimana jika-bagaimana jika yang lainnya kerap semakin memperkeruh suasana. Jadi bagaimana cara menenangkan pikiran menjelang ujian? Semoga tips di bawah dapat menjadi cara menenangkan pikiran yang cocok untukmu. Simak selengkapnya:

1. Buatlah Jadwal Belajar

Cara menenangkan pikiran yang pertama dimulai jauh-jauh hari. Persiapan itu perlu. Bibit tidak tenang menghadapi ujian biasanya muncul ketika kamu melihat sebegitu banyak materi yang harus dipelajari. Beruntunglah ketika kamu menyadarinya jauh-jauh hari karena belum terlalu fatal. Untuk membuat dirimu tenang menghadapi ujian, kamu perlu membuat jadwal belajar. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi rutin. Luangkanlah waktu barang 30 menit per hari hanya untuk membuka materi. Untuk awal, yang penting frekuensi saja. Tak perlu langsung banyak.

2. Ambil Jeda

Belajar berjam-jam tidak akan menghasilkan apa pun jika kamu tidak fokus dan terlalu terforsir. Terlalu lama belajar juga tidak baik karena kamu dapat terlalu terpaku pada materi dan menuntun pada kecemasan menghadapi ujian.

Mengambil jeda itu penting karena dapat memberimu ruang untuk mengingat kembali pelajaran dengan cara yang santai dan berusaha memilah perspektif untuk pemahaman baru yang telah dipelajari. Pada saat jeda, hiruplah udara segar, bermeditasi kecil, atau mendengarkan musik setiap 20-30 menit belajar.

Cara Menenangkan Pikiran Saat Ujian
Ambillah jeda sejenak supaya tidak jenuh. Sumber

3. Latih dengan Simulasi

Alasan utama tidak tenang menghadapi ujian adalah karena ketakutan pada ketidaktahuan. Maksudnya, kamu akan bertanya-tanya, “Pertanyaan ujian apa saja nanti yang akan keluar? Apa yang harus aku pelajari? Apakah aku harus mempelajari semuanya?” Untuk mengatasinya, cara menenangkan pikiran yang ini harus kamu lakukan.

Buatlah simulasi tes jauh-jauh hari. Buatlah senyata-nyatanya ujian, hindari gangguan, dan suara bising. Carilah soal-soal tahun lalu atau temukanlah di internet. Ketika kamu mengerjakannya, kamu otomatis akan menyesuaikan diri dengan suasananya. Ketika nanti dihadapkan pada ujian yang sebenarnya, ketakutanmu akan berkurang atau bahkan hilang.

Baca juga: Langkah Awal Mengajari Anak Menulis Sejak Dini dengan 12 Tips Mudah

4. Makan Makanan Bergizi Menjelang Hari Ujian Tiba

Mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan bergizi menjelang hingga hari ujian akan membantumu tenang menghadapi ujian. Makanan dengan protein yang tinggi akan memberi tubuh asupan energi dan mempertajam penalaran otak.

Yang tidak boleh dilupakan adalah sarapan pagi menjelang ujian. Sarapan yang baik juga akan memastikan kita tidak merasa bingung atau pusing. Dengan perut yang terisi, maka rasa lapar tidak akan menganggu konsentrasi kita dalam menghadapi ujian.

5. Datang Lebih Awal

Ujian adalah hari besar, maka dari itu segala persiapan harus direncanakan matang-matang. Telat adalah cara paling instan untuk merasakan kecemasan, kegelisahan, dan ketidaknyamanan saat ujian bukan?

Usahakan bangun lebih pagi dan mempersiapkan segalanya di malam sebelum kamu tidur. Ini untuk memastikan bahwa semua telah siap dan dengan begitu memperlancar kedatangan kita yang lebih awal ke tempat ujian.

Cara Menenangkan Pikiran Saat Ujian
Senyum menenangkan dari anak-anak taman baca KomposTIFA di Fakfak, Papua. (Gambar Ilustrasi/Dokumen pribadi).

6. Jangan Terlalu Mengkhawatirkan Nilai

Nilai memang sesuatu yang dikejar, tapi terlalu terobsesi dengannya sehingga membuatmu terus memikirkan nilai beserta kekhawatiran mendapat nilai di bawah target tentu membuatmu tidak tenang menghadapi ujian. Penting untuk menganggap serius nilai, tetapi nantinya kamu tidak akan dapat fokus pada materi karena kebiasaan ini menuntunmu sangat terpaku untuk tidak mendapatkan kesalahan.

Percaya diri adalah cara menenangkan pikran yang selanjutnya. Percaya dirilah dengan kemampuan yang selama ini kamu latih. Pahamilah bahwa ujian tidak akan membuat usahamu hancur. Tetaplah fokus dan berusaha sebaik mungkin. Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Baca juga: Kenali Metode Belajarmu: Belajar Kelompok atau Belajar Sendiri?

7. Jangan Terpaku Pada Pertanyaan Rumit

Ada pertanyaan di ujian yang rumit? Tentu. Tapi, tipnya, kerjakan yang mudah dahulu. Karena waktu terbatas, sementara pikiran kita lebih dinamis (kadang bisa berpikir cepat, kadang lambat), maka hindari membuang-buang waktu untuk pertanyaan yang rumit sebagai cara menenangkan pikiranmu.

Lewati dulu dan lanjut ke pertanyaan selanjutnya yang lebih mudah. Terlalu terpaku pada pertanyaan rumit dapat membuat semuanya berantakan. Mood kacau, pikiran ruwet tak keruan. Dengan menyisakan pertanyaan rumit di akhir, paling tidak, kamu telah dapat melalui pertanyaan-pertanyaan mudah di mana kamu dapat lebih percaya diri menjawabnya.

Baca juga: Punya Target Membaca Sekian Buku? Yuk Pelajari Cara Membaca Cepat

8. Bercengkerama Usai Ujian

Walaupun ujian telah usai, saat keluar dari ruangan kadang kita masih merasakan cemas dan gelisah. Masih ada pertanyaan-pertanyaan yang mungkin masih kamu ragukan jawabannya. Pastinya, kamu tidak sendiri. Teman-temanmu pasti juga memiliki pengalaman yang sama.

Bicarakan pada mereka. Apakah mereka melalui kesulitan yang sama denganmu? Apakah mereka mengetahui jawabannya? Dan yang perlu diingat, ujian telah selesai, kamu tidak dapat mengotak-atiknya lagi. Kalau sudah begitu, jangan jadi beban pikiran. Buatlah evaluasi dan santailah barang sejenak. Ujian telah selesai.

 

RUJUKAN

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…