Bagaimana cara membuat kegiatan membaca menjadi rutinitas? Kita tahu bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan yang memiliki sejuta manfaat. Tapi kenapa kita masih berpikir bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan? Kenapa meluangkan waktu untuk membaca begitu sulit?

Beberapa orang berpikir bahwa kegiatan membaca hanyalah kegiatan yang dilakukan saat di sekolah. Kegiatan membaca pun dipandang hanya sebagai cara untuk meraih nilai yang tinggi pada tugas atau ujian. Kita pun mungkin berpikir, tidakkah kegiatan yang selama ini didorong sekolah merupakan usaha untuk membuat kita menjadi rajib membaca? Itu persoalan lain yang perlu dijawab. Melalui artikel ini, kamu akan tahu bagaimana cara membuat kegiatan membacamu menjadi rutinitas dengan tips simpel. Simak tips berikut:

1. Bawa Selalu Bukumu

Tips ini wajib. Ke mana pun kamu pergi, bawalah buku yang ingin kamu selesaikan bersamamu. Percayalah, akan selalu ada waktu untuk membaca. Di bus waktu pulang, saat menunggu antrean, atau saat sedang tidak melakukan apapun. Pokoknya kapan pun kamu punya momen, kamu dapat membuka bukumu dan membacanya. Kini sudah ada buku elektronik bila kamu tidak ingin repot membawa buku fisik dan tentu kamu bisa membacanya di ponselmu.

Baca juga: 5 Desain Rak Buku Mudah dan Bikinan Sendiri

2. Tetapkan Daftar

Ada sebuah perasaan memuaskan kita kamu dapat merampungkan sebuah pekerjaan yang direncanakan. Rencana ini dapat berbentuk daftar. Dengan adanya daftar, kamu dapat terpacu untuk menyelesaikan apa yang kamu rencanakan dan memotivasimu untuk segera membaca lagi. Serunya, kamu dapat meminta rekomendasi temanmu untuk mengisi daftar bacaan yang harus kamu tuntaskan. Setelah daftar bacaan kamu rampungkan dengan benar-benar membaca, maka kamu maklum terkejut karena kamu telah berjalan sejauh itu.

3.  Catat Bagian Penting

Dengan sembari rutin mencatat bagian penting, kita akan dilatih proses kedisiplinan. Dengan terus menghilangkan kemalasan kita, rutinitas akan segera terbentuk. Bagaimana cara membuat kita mengingat lebih banyak informasi yang kita baca? Dengan cara mencatat. Persentase terbesar mendapatkan pemahaman dan manfaat dari buku yang dibaca adalah dengan tidak sekadar dibaca saja, namun dengan mencatat bagian-bagian yang penting. Membaca memang membuat kita menjadi lebih banyak tahu, namun banyak hal yang sering terlupa. Dengan mencatat bagian-bagian yang menurutmu penting, kemampuan kita untuk meningkat menjadi dua kali lipat.

4. Berbagi dengan Kawan

Berjanjilah kepada diri sendiri bahwa membagikan ilmu yang kamu punya adalah wajib. Paling tidak, kepada teman-temanmu. Membagikan pengetahuanmu adalah cara untuk benar-benar mengukur apakah kamu benar-benar memahami pesan yang terdapat dalam buku. Richard Feynman, seorang fisikawan Amerika peraih penghargaan Nobel mungkin adalah guru terbaik. Karena apa? Karena ia dapat mengajarkan fisika yang rumit dengan cara-cara yang paling dapat dipahami anak-anak. Intinya menurut Feynman, semakin orang paham akan sesuatu, semakin ia dapat menjelaskannya dengan sangat sederhana kepada seseorang. Mempunyai kualitas obrolan yang bermutu dapat memuaskan diri, lho. Makanya, supaya obrolan kamu menyenangkan, baca buku dulu ya!

Baca juga: Beli di Toko Buku Online? Kenali Mana Buku yang Asli dan Bajakan

5.  Buatlah Prioritas

Langkah ini harus kamu tempuh untuk membuat dirimu menjadikan kegiatan baca sebagai rutinitas. Membaca harus kamu jadikan prioritas nomor satu dari sekian banyak kegiatan yang tidak wajib lainnya. Kamu dapat menggantikan kegiatan seperti membuka media sosial yang berlebihan dengan membaca buku. Awalnya memang sulit, tapi pikirkan beberapa hal. Jika kamu menggunakan media sosial sebagai tempat mencari informasi, buku pun juga bisa menjadi sumber informasi. Begitu juga kasusnya jika kamu mencari hiburan, buku pun bisa menggantikannya. Tidak apa-apa walau sulit awalnya, paling tidak kamu harus mencobanya dulu. Semangat!

6. Bergabunglah dengan Klub

Bagaimana cara membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan? Bergabunglah dengan klub. Banyak dalam bentuk taman bacaan masyarakat yang melakukan kegiatan literasi berkualitas. Kamu harus punya kawan. Kawan di sini adalah kawan yang memulai rutinitas membacanya bersama kamu, sehingga kamu tahu masing-masing prosesnya telah sampai mana. Atau, temukanlah kawan di komunitas baca yang telah membiasakan diri mereka dengan rutinitas membaca. Selain meminta rekomendasi bacaan, kamu dapat berdiskusi dengan teman-teman di klub pembaca untuk mengasah kemampuan analisis dan perbedaan pendapat yang membuatmu berpikiran terbuka. Kamu juga dapat mengenal teman baru, bekerja sama bersama atau seru-seruan bareng.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…