Mengutip dari situs berita Lokadata, baru-baru ini ada berita mengejutkan bahwa Indonesia diajukan ke dalam daftar negara maju World Trade Organization (WTO) oleh Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (USTR). Hal ini disambut positif pemerintah melalui tanggapan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, “Justru kita berbangga. Kita kan [negara anggota] G-20, sekarang peringkat ekonomi (berdasarkan GDP) ke-15 atau 16, dan [berdasarkan] purchasing power parity peringkat 7.”

Terlepas dari berita tersebut, apa yang membedakan negara maju dan berkembang? Apa indikatornya?

Produk Domestik Bruto

Faktor yang umumnya membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP), sebuah penghitungan dari seluruh barang dan jasa yang diproduksi di sebuah negara dalam waktu satu tahun.

Dalam pengertian yang lain, PDB merupakan jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh unit perekonomian. Singkatnya, PDB menjadi salah satu metode untuk menghitung seberapa besar pendapatan yang diperoleh negara.

PDB tersebut juga dihitung berdasarkan pembagian jumlah PDB dengan jumlah populasi. Contohnya, jika sebuah negara kecil memiliki PDB $1 miliar (sekitar Rp13,9 triliun) dan jumlah penduduknya 50.000 orang maka PDB per kapitanya adalah $20 ribu (sekitar Rp278,2 juta).

Baca juga: Dalam Sebuah Masalah, Ketimbang Memberi Saran, Lakukanlah Ini

Berapa PDB Indonesia? Menurut data BPS, PDB Indonesia di triwulan III 2019 mencapai Rp4.607 triliun. Capaian ini mengalami peningkatan 5,02% jika dibandingkan PDB di triwulan III 2018. Pendapatan per kapita Indonesia di 2019 senilai Rp59,1 juta atau setara dengan $4.174,9.

Beberapa pakar ekonomi menyebutkan, bila negara memiliki paling tidak PDB $12 ribu per kapita maka negara tersebut termasuk negara maju. Pakar ekonomi lainnya menetapkan setidaknya PDB $25 ribu per kapita untuk secara “aman” dapat menyebut suatu negara menjadi negara maju.

Standar Hidup

Untuk negara yang sulit dikategorikan, para pakar ekonomi mengambil indikator lain untuk menentukan status perkembangan. Pengukuran standar hidup, seperti tingkat kematian bayi dan tingkat harapan hidup, cukup berguna. Bagaimana pun, negara berkembang mengalami 10 kematian bayi per 1.000 kelahiran, dan penduduknya memiliki harapan hidup hingga rata-rata 75 tahun atau lebih.

Namun penpadatan PDB sendiri bukan ukuran pasti untuk menentukan sebuah negara menjadi negara maju. Qatar, contohnya. Negara ini memiliki PDB yang sangat tinggi pada 2018 yaitu $69,02 ribu. Namun ia belum masuk negara maju karena adanya ketimpangan pendapatan warganya (tidak setara), infrastruktur yang tidak merata, dan terbatasnya kesempatan penduduk untuk memperoleh pendidikan yang baik.

Baca juga: Kemampuan yang Harus Dimiliki di Era Industri 4.0 Ini

Pengukuran lainnya menggunakan tiga standar HDI (Human Development Index) yang meliputi tingkat literasi, akses ke edukasi, dan akses ke kesehatan. Penghitungan ini hanya menggunakan dua angka indeks, yaitu 0 dan 1. Kebanyakan negara maju mempunyai HDI sebesar 0,8. Menurut United Nations Development Programme, dalam laporan Human Development Reports pada 2017, Norwegia memiliki nilai HDI tertinggi sebesar 0,953403. Sedangkan Indonesia menempati posisi 111 dari 189 negara dan teritori dengan skor HDI 0,707.

Simpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan beberapa poin:

  • Negara dengan pendapatan ekonomi yang tinggi relatif dapat dikategorikan sebagai negara maju
  • Kriteria umum untuk menilai maju atau berkembangnya suatu negara dapat dilihat melalui data pendapatan per kapita suatu negara
  • Faktor non-ekonomi sebagai penilaian juga dapat dilihat melalui nilai Human Development Index (HDI)
  • PDB atau pendapatan per kapita bukan patokan utama suatu negara dapat dikatakan maju
  • Tingkat kematian bayi yang kecil, harapan hidup yang tinggi, infrastruktur merata, akses terhadap edukasi dan kesehatan serta pendapatan penduduk yang setara merupakan beberapa kriteria penting yang harus dimiliki negara maju

 

RUJUKAN

 

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…