Banyak siswa tidak yakin apakah lebih efisien belajar kelompok dengan teman sekelas atau belajar sendiri. Terkadang mereka lebih memilih belajar sendiri karena dapat mengontrol situasi dan dapat lebih kondusif, sementara siswa lainnya yang suka belajar kelompok terbantu dengan motivasi yang datang dari teman-temannya.

Untuk menjelaskan keduanya, Literasi Nusantara akan memberikan kamu pengetahuan seputar manfaat kedua metode belajar tersebut beserta kapan waktu terbaik untuk menggunakan metode-metode tersebut.

Manfaat Belajar Kelompok

Mendiskusikan Konsep dengan Menguji Pemahaman Orang Lain

Cara terbaik untuk melihat pemahaman seseorang tentang suatu pelajaran adalah dengan mencoba mereka menjelaskannya kepada orang lain. Belajar dengan orang lain memberi kita kesempatan untuk memahami lebih baik tentang suatu topik dengan mendiskusikannya dengan orang lain. Jika ada seseorang yang masih kurang baik dalam menjelaskan suatu topik, bisa jadi ia kurang memahami topik tersebut.

Belajar Kelompok Belajar Sendiri
Anak-anak di Taman Baca KomposTIFA, Fakfak, Papua sedang belajar kelompok di bibir pantai. (Dokumen pribadi).

Membantu Menjernihkan Pertanyaan

Tidak memahami suatu konsep maupun tidak memiliki siapa pun untuk ditanya tentu menghambat proses belajar kita. Manfaat utama dari belajar kelompok adalah kita dapat meminta pendapat pada sesuatu yang masih mengawang. Dengan belajar kelompok, kita punya teman untuk meneliti hasil kerja kita dan dapat saling bahu membahu mencari pemahaman yang lebih dalam tentang suatu topik.

Baca juga: KomposTIFA, Api yang Tak Pernah Redup Memberi Cahaya

Memotivasi Belajar

Jika berada di sekeliling teman-teman saat belajar membuat nilai maupun pemahamanmu semakin baik, berarti belajar kelompok adalah pilihan yang bagus. Banyak orang mendapat energi dan dorongan dengan berada di sekitar orang lain. Dengan belajar kelompok, kita juga dapat belajar memahami pendapat orang lain, memberi kita tenggang rasa untuk saling membantu mereka yang belum memahami topik diskusi.

Manfaat Belajar Sendiri

Lebih Sedikit Gangguan

Jelas, poin utama manfaat belajar sendiri adalah untuk mengurangi gangguan. Mereka yang belajar sendiri berusaha membuat situasi kondusif dengan memaksimalkan fokus. Kita pun tidak perlu khawatir jika nantinya belajar kelompok malah jadi tempat bermain karena lebih asyik bercengkerama ketimbang belajar bersama. Dengan belajar sendiri, kita dapat menempatkan 100% perhatian kita untuk belajar.

Belajar Kelompok Belajar Sendiri
Seorang murid sedang membaca di taman baca JRUK Sumba. (Dokumen pribadi).

Mengendalikan Suasana Belajar

Semua orang punya metodenya sendiri-sendiri untuk membuat mereka nyaman mdalam belajar. Belajar sendiri memungkinkan mereka untuk dapat belajar dengan cara apa pun yang mereka inginkan, selama itu dapat membantu pemahaman mereka pada hal yang dipelajari. Mungkin ada di antara kita yang harus menyiapkan makanan dan minuman tertentu untuk membantu kita tetap fokus, ada dari mereka yang harus belajar sambil mendengarkan musik melalui penyuara telinga (earphone), dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Baca juga: Dari Sumba, Melalui Taman Baca, Melawan Perdagangan Manusia

Bebas Menentukan Waktu

Tidak sedikit orang yang lebih menyukai belajar di malam hari ketimbang di siang hari. Ketika mereka belajar, mereka dapat merencanakan jadwal yang menurut mereka paling baik. Ketika seseorang mengikuti belajar kelompok, ia harus mengikuti kesepakatan bersama untuk menentukan waktu dengan teman-temannya yang lain. Tentunya hal ini lain dengan mereka yang memilih belajar sendiri karena ia memiliki kebebasan waktu kapan pun mereka mau.

Bagaimana Aku Tahu Mana yang Terbaik?

Untuk tahu mana yang terbaik, kamu harus mencoba masing-masing metode belajar sendiri dalam beberapa kali coba. Dengan beberapa pengulangan, kamu akan merasakan pengalaman yang umum dirasakan mereka yang belajar kelompok maupun belajar sendiri.

Baca juga: Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik. Bagaimana Faktanya?

Ingatlah beberapa indikator. Ketika kamu belajar dengan masing-masing metode, apakah membantu pemahamanmu? Apakah metode belajar yang diambil meningkatkan produktivitasmu? Apakah pertanyaan-pertanyaan yang masih menggantung telah terjawab? Temukanlah metode belajar yang terbaik untuk dirimu.

 

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…