Sebagai salah satu bentuk perayaan 50 tahun Gramedia, Gramedia Garut menyelenggarakan acara Bincang Literasi yang mengundang para penulis nasional dan tokoh masyarakat. Bermacam-macam kalangan yang terdiri dari pelajar, guru, penggiat literasi, dan komunitas turut memadati Gramedia Garut yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (8-9/2). Acara ini adalah respon dari antusiasme masyarakat yang tinggi setelah pada Desember lalu Gramedia resmi membuka store barunya.

Acara Bincang Literasi ini menghadirkan Maman Suherman, penulis dan penggiat literasi; tiga orang penulis best seller Tere Liye (Darwis), Luluk HF, dan Eka Aryani serta Opik selaku ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat. Turut hadir pula di acara ini Wakil Bupati Kabupaten Garut Helmi Budiman yang juga menjadi pembicara di Bincang Literasi.

Di hari pertama penyelenggaraan, sesi pertama bertema “Dari Media Sosial ke Buku” diisi oleh Eka Aryani. Di sesi kedua, Luluk HF berbicara tentang bagaimana penulis dapat menemukan gaya tulisannya melalui tema “Temukan Tulisan Khas Dirimu”. Keduanya sepakat, bahwa untuk menjadi seorang penulis, maka teruslah menulis dan jangan takut untuk mempublikasikan karyanya.

Hari kedua antusiasme masyarakat semakin tinggi. Sesi pertama Bincang Literasi mengundang Tere Liye untuk berbincang soal rahasia kepenulisan kreatif dan bagaimana kiat-kiat tetap produktif dalam berkarya. Setelahnya di jeda antar sesi, direksi Gramedia yang diwakili oleh V. Sugiarto selaku Operation Director dan pemerintah Garut melalui Wakil Bupati Helmi Budiman memberikan kesan pesan.

Kemudian sebagai sesi penutup, acara dilanjutkan dengan mengundang Wakil Bupati Helmi Budiman, Maman Suherman, dan Opik untuk memulai Bincang Literasi dengan topik bahasan “Membentuk Karakter Masyarakat Melalui Taman Baca”.

Melalui Bincang Literasi, pihak Gramedia ingin menghubungkan berbagai elemen masyarakat seperti pemerintah, komunitas, dan warga untuk bahu membahu meningkatkan literasi. Acara ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan ilmu praktis kepenulisan serta meningkatkan minat baca masyarakat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…