Ketika kita belajar bahasa asli kita (bahasa ibu), hal pertama yang kita lakukan adalah mendengar dan berbicara, kemudian baru membaca dan menulis. Mendengar, berbicara, membaca, dan menulis adalah patokan dasar keterampilan berbahasa yang mesti kita kembangkan supaya komunikasi kita lebih baik lagi.

Mendengar dan membaca disebut keterampilan reseptif: input, yaitu menerima dan menyerap informasi. Berbicara dan menulis disebut keterampilan produktif: output, yaitu keterampilan memproduksi dan menyebarkan informasi.

Nah, 4 keterampilan berbahasa itu adalah dasar pembelajaran dari semua bahasa, termasuk bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara bisa bahasa Inggris dengan 4 keterampilan berbahasa?

Mendengar:

Mendengar atau menyimak menjadi bagian yang sangat penting untuk mempelajari bahasa Inggris. Mendengar dengan efektif membuat kita paham dan dapat mengembangkan akurasi kita ketika berbicara.

Bagaimana cara bisa bahasa Inggris melalui metode mendengar?

  • Dengarkan musik: Dengarkanlah musik yang berbahasa Inggris dan amati liriknya. Dengarkan dengan saksama, kata per kata. Terkadang dengan membaca liriknya, kita dapat memahami maksud lagunya.
  • Menonton film, menyimak berita, mendengar radio: Biasakanlah diri kita dengan bahasa Inggris, termasuk tontonan, berita, dan radio. Sekarang banyak sekali platform yang menyediakan konten-konten berbahasa Inggris, seperti YouTube. Saat menonton film, simaklah pembicaraan dan subtitle-nya dengan saksama. Naik ke level selanjutnya, gunakanlah subtitle berbahasa Inggris. Level lanjutannya lagi adalah film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Biasakan juga menyimak berita dan mendengarkan radio berbahasa Inggris, sehingga telinga kita akan terbiasa dengan kata-kata bahasa Inggris.
  • Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris: Masuklah sebuah komunitas bahasa Inggris, sehingga kita akan terlatih tidak hanya mendengar, tetapi juga 3 keterampilan bahasa lainnya seperti berbicara, membaca, dan menulis.

Berbicara:

Kerap menjadi salah satu keterampilan berbahasa yang paling sulit dari yang lainnya, tetapi semakin cepat kita bisa sedikit berbicara bahasa Inggris dan memberanikan diri untuk menggunakannya, akan ada banyak sekali keseruan dan pembelajaran yang cukup signifikan.

Lalu bagaimana cara bisa bahasa Inggris dengan metode berbicara?

  • Bergabung dengan grup voiced chatsSering bermain gim di HP? Pernah mendengar aplikasi iTalki? Atau pernahkah kalian mengikuti seminar internasional berbahasa Inggris? Cobalah bergabung dan yang paling penting, beranikan diri untuk berbicara bahasa Inggris. Jangan takut salah karena orang belajar pasti salah dan orang Inggris pun akan senang mendengar kita dapat berbicara dalam bahasa mereka. Jadi, beranikanlah diri.
  • Berbicara dan rekam: Terdengar tidak biasa, tetapi dengan berbicara bahasa Inggris dan merekamnya, kita dapat belajar mana ucapan kalimat yang perlu kita perbaiki. Bagaimana pengucapannya, apakah sudah jelas? Apakah sudah diucapkan seperti para penutur aslinya? Bicara dan rekamlah berkali-kali sampai kita merasa senang mendengarnya.
  • Mengobrol dalam bahasa Inggris dengan teman kelas: Buatlah kelompok, permainan, dan bahkan jadwal makan dengan teman sekelas kita. Tentunya, mengobrol harus dalam bahasa Inggris. Di kelompok ini, kita bisa saling mengoreksi satu sama lain dan belajar lebih berani mengungkapkan pikiran kita dalam bahasa Inggris.

Membaca:

Membaca merupakan kegiatan reseptif, yaitu menerima informasi. Jika kita membaca bacaan berbahasa Inggris, otak kita berusaha mengaitkan kata, kalimat, dan ekspresi yang dihadirkan melalui huruf-huruf. Dengan banyak membaca bacaan berbahasa Inggris, kita sedang belajar memahami grammar dan struktur bahasa Inggris.

Lalu bagaimana cara bisa bahasa Inggris dengan metode membaca?

  • Membaca buku dan artikel berbahasa Inggris: Sekarang coba ingat-ingat lagi. Adakah film yang pernah kamu tonton? Apakah ia diadaptasi dari buku? Kalau ya, cobalah cari buku berbahasa Inggris yang filmnya telah kita tonton. Jika pun terasa berat, cobalah baca buku anak-anak berbahasa Inggris. Buku anak-anak menggunakan kalimat populer dan sederhana yang dapat mempermudah kita belajar bahasa Inggris.
  • Ubah semua bahasa di gawai kita ke bahasa Inggris: Apa saja gawai yang kamu punya? HP? Laptop? Nah, sekarang cobalah ganti bahasa sistem operasi di gawai kita itu ke bahasa Inggris. Jika kita terbiasa dengan bahasa Inggris di gawai yang kita gunakan sehari-hari, maka kita akan lebih familiar dengan bahasa Inggris dan dapat menyerap lebih banyak kosakata baru.

Menulis:

Pada akhirnya nanti kemampuan bahasa Inggris kita akan diuji dengan menulis. Entah itu dalam ujian maupun dalam kehidupan sehari-hari. Menulis memperlihatkan kata dan struktur kalimat kita. Tapi jangan khawatir, dengan meningkatkan kedisiplinan dan latihan, maka bukan tidak mungkin kita akan lancar menulis dalam bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara bisa bahasa Inggris dengan metode menulis?

  • Seperti menulis catatan harian (diary), ekspresikanlah: Rajin-rajinlah menulis apa yang kita lakukan hari ini. Selain itu, jika kita menemukan ungkapan atau kalimat bahasa Inggris yang bagus, tambahkanlah ke tulisan catatan harian kita. Sehingga selain mendapatkan ungkapan baru, kita juga akan dapat lebih mengingatnya.
  • Berkomentar: Berikan komentar di blog ataupun forum berbahasa Inggris. Banyak orang menggunakan blog atau forum di internet untuk mengekspresikan apa yang mereka pikirkan tanpa takut dihakimi. Gunakan platform ini untuk memberikan gagasanmu pada topik-topik yang kamu sukai. Ketika mendapat respons dari orang lain, berikan respons balasan. Dengan cara ini, kita akan mempunyai partner diskusi dan juga dapat mengasah keterampilan menulis bahasa Inggris kita.

Baca juga: 

Mengapa Kemampuan Bahasa Inggris di Tempat Kerja Begitu Penting?

Seorang Penutur 9 Bahasa Berbagi Cara Efektif Belajar Bahasa Baru

 

RUJUKAN:

Wall Street English

Sumber gambar: Unsplash/Green Chameleon

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…