Kamu pasti punya target membaca sekian buku. Kadang kamu merasa waktu tidak cukup, padahal masih banyak sekali bacaan (atau bahkan masih banyak buku menunggu untuk dibaca?). Ada juga banyak materi yang harus dibaca, padahal sebentar lagi ujian tiba. Tidaklah menyenangkan, bukan?

Banyak yang berpikir bahwa membaca cepat dapat mengurangi konsentrasi kita pada bacaan. Padahal faktanya, hal ini justru berlawanan. Dengan membaca secara lambat, kamu berusaha membuat otakmu juga lebih lambat memfokuskan diri pada bacaan. Semakin rileks kita, semakin kita dapat membaca lebih cepat dan mengalir begitu saja tanpa mengurang konsentrasi.

Bagaimana pun, ada metode yang lebih efektif dan efisien untuk itu. Cara membaca cepat yang ini perlu kamu ketahui sekarang juga. Yuk ikuti selengkapnya.

1. Ukur kecepatanmu

Cara membaca cepat yang pertama adalah mengukur seberapa cepat kemampuan membacamu. Pilihlah sebuah buku yang belum pernah kamu baca. Siapkan jam sukat (stopwatch) kamu untuk satu menit dan mulailah membaca. Bacalah secara normal dan jangan berusaha mempercepatnya. Setelah jam sukat berbunyi, hitunglah berapa banyak kata yang kamu baca. Satu menit tadi akan memberitahu seberapa banyak kata yang kamu baca dalam waktu tersebut. Di lain waktu, gunakan metode yang sama untuk mengukur perkembangan kecepatan membacamu.

Cara Membaca Cepat
Cara membaca cepat yang pertama adalah dengan mengukur kecepatan membacamu terlebih dahulu. Sumber

2.  Kenali bacaanmu

Di cara membaca cepat yang kedua ini, kenali bacaanmu. Tidak hanya konteksnya, tetapi juga font, warna, seberapa renggang batas antara kata, kalimat, dan paragraf.

Berhentilah setiap saat untuk membaca beberapa baris yang menarik bagi kamu, dan perhatikan diagram apa pun. Cara membaca cepat ini mempersiapkan otakmu untuk belajar, dan meningkatkan minatmu pada materi, bahkan jika kamu sudah membaca teks sebelumnya.

Baca juga: Orang Sukses Membaca Sebelum Tidur Karena Mereka Tahu 10 Manfaat Ini

3. Baca sepintas

Dari subjudul tersebut terlihat jelas. Pengguna internet aktif adalah mereka yang punya kemampuan membaca sepintas lebih matang. Mata mereka terbiasa melihat sebuah informasi yang hanya menarik mata. Sebenarnya, skill ini juga dapat diterapkan sebagai salah satu cara membaca cepat.

Sebelum kamu mulai, indetifikasikan apa yang ingin kamu pahami pada bacaanmu. Lalu lihatlah secara sekilas tiap halamannya dan temukanlah informasi yang kamu cari. Kamu akan membaca judul bab, subjudul, kalimat pertama di masing-masing paragraf, dan bagian bawah halaman. Cara membaca cepat ini membantu otak untuk mengumpulkan informasi yang “hanya kita butuhkan” saja. Koneksi secara cepat tercipta antara informasi baru dan informasi yang telah diketahui, yang mana mengaktifkan bank memori kita dan dapat dengan cepat mengingatnya kembali di waktu lain.

Baca juga: Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik. Bagaimana Faktanya?

4. Kata menuntun mata

Saat membaca, mata kita tidak bergerak dalam garis lurus melintasi halaman. Dibutuhkan lompatan dan secara teratur berhenti pada kata-kata atau frasa yang dianggap otak “sulit”. Rata-rata orang menghabiskan 30% waktu untuk membaca kembali dan membaca kembali kata-kata, atau bahkan seluruh baris diulang lagi. Ini tidak meningkatkan pemahaman, tetapi menghabiskan banyak waktu.

Meta Guiding adalah satu cara membaca cepat yang mudah dalam meningkatkan skill membaca cepat kita. Meta Guiding adalah proses menuntun mata menggunakan jari, pensil, atau benda apapun untuk menuding, menunjukkan kata mana yang menuntun mata kita selama membaca. Cara ini membantu kita tetap fokus pada bacaan dan sebagai trik yang bagus untuk memberitahu otak kita untuk bilang secara tidak langsung bahwa “inilah kata-kata yang harus diingat”.

Cara Membaca Cepat
Gunakan metode Meta Guiding untuk menjaga fokusmu. Sumber

5. Usahakan pikiran jangan ikut mengucap kata

Ketimbang membaca setiap kata dan melafalkannya dalam otak, kebanyakan orang dewasa masih membaca dengan cara ini. Hal ini memang kadang terjadi secara otomatis, tapi kamu semua pasti pernah membaca suatu bacaan yang membuat dirimu seperti lupa dengan keadaan sekitar. Kamu begitu tenggelam dan larut dalam cerita. Di kondisi itu, otak kamu sama sekali tidak melafalkan apa yang kamu baca lho. Tapi ketika kamu sadar bahwa kamu melafalkan bacaanmu di dalam hati (otak), berarti konsentrasimu kurang.

Dengan menggunakan cara membaca cepat yang sebelumnya, yaitu Meta Guiding, otakmu tidak punya waktu untuk “menyuarakan” setiap kata yang kamu baca. Cara tersebut langsung membuatmu lompat kepada esensi dari bacaan. Setelah kamu benar-benar fokus pada bacaan, kamu berada di “dunia yang lain” dan bahkan kamu tidak menyadari hal-hal di sekitarmu. Konsentrasimu penuh pada bacaa.

Kalau begitu, tunggu apa lagi, kenapa tidak coba 5 cara membaca cepat di atas?

 

RUJUKAN

 

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…