Organizer

PT. Gramedia Asri Media
Phone
081211117114
Email
info.literasinusantara@gmail.com
Website
http://www.gramedia.id

Other Organizers

Location

Perpustakaan Nasional RI
Jalan Medan Merdeka Selatan, RT.5/RW.2, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia
QR Code

Date

Apr 07 2018

Time

08:00 AM - 06:00 PM

Gramedia Writers and Readers Forum 2018 Day 1

Halo Books Lovers!

Mari rayakan literasi dengan bertemu para penulis best seller, penerbit, dan sesama pecinta bukudi forum ini.
Kalian dapat belajar, sharing ilmu, dan berdiskusi langsung dengan mereka!

FREE ENTRY
Kuota Peserta TERBATAS!!!!
Ayo daftarkan dirimu segera di Acara Gramedia  Writers and Readers Forum”.
*Tiket dapat bawa saat pendaftaran dilokasi

Bawa juga hasil tulisanmu, karena akan ada “Editor Clinic” untuk review naskah yang kamu buat. Ikuti contest Photo dan Video dengan tema Explore Perpusnas dan dapatkan hadiah menarik dari Gramedia

Contact Person
Intan :081310713905
Iyan : 0818271223

TEMA HARI PERTAMA

  • Sastra Indonesia di Dunia Internasional
    Pada sesi ini akan diisi oleh  Eka Kurniawan penulis sastra Indonesia  yang karyanya sudah mendunia. Eka akan memberikan tips bagaimana karyanya Beauty is Wound (Cantik Itu Luka) dapat diterjemahkan ke dalam 24 bahasa asing. Sesi ini Eka juga akan membagi pengalamannya sebagai penulis Indonesia yang karyanya berhasil menembus kancah internasional.
  • Meet with editors
    Pada sesi ini peserta berkesempatan bertemu dengan editor dari Gramedia. Editors akan sharing mengenai pengalaman mereka, kesulitan apa saja yang mereka hadapi selama menjadi editors, bagaimana menjadi editors yang sukses. Editors akan membagi ilmu mereka dalam  mengedit sebuah naskah.
  • Kreatif Ilustrasi untuk buku anak 
    Ilustrasi merupakan kompenen penting pada sebuag buku. Setiap illustrator harus dapat membuat ilustrasi yang menarik dan unik sehingga ilustrasi pada buku tersebut dapat meningkatkan daya tarik bagi pembaca buku, terutama pada buku anak. Pada sesi ini akan membahas mengenai bagaimana membuat ilustrasi yang menarik di buku anak dan membuat ilustrasi yang sesuai dengan cerita pada buku tersebut.
  • Menggerakkan literasi melalui sosial media 
    Peranan media  sosial  saat ini berkembang pesat dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Terutama bagi penulis, media  sosial dapat menjadi wadah bagi penulis untuk membagikan tulisan mereka agar bisa dibaca oleh semua orang.  Selain itu media sosial juga dapat menjadi tools bagi penulis untuk mempromosikan buku mereka. Pada sesi ini akan membahas mengenai manfaat kegunaan media sosial bagi penulis.
  • Buku anak yang menarik untuk kids jaman now
    Perkembangan jaman dan teknologi saat ini membuat anak – anak jaman sekarang atau dapat kita sebut dengan ”kids jaman now” memiliki kecanduang yang tinggi untuk  bermain gadget. setiap orang tua harus dapat membatasi setiap untuk bermain gadget dan membiasakan anak – anak untuk membaca buku. sebagai penulis buku anak ini merupakan salah satu tantangan terbesar untuk membuat buku yang menarik bagi ”kids jaman now” sehingga ”kids jaman now” dapat meninggalkan kebiasaannya dalam bermain gadget. Di sesi ini akan membahas mengenai bagaimana membuat buku anak yang menarik untuk kids jaman now.
  • Pengembangan IP (Intellectual Property)
    Mengembangkan suatu karya cerita menjadi produk lain yang memiliki identitas yang sama seperti film dan merchandise. Sesi ini akan diisi oleh penerbit KPG dari Gramedia yang sudah mengembangkan IP ke dalam sebuah film dan merchandise yang hak ciptanya  langsung dipegang oleh penerbit tersebut.
  • Rahasia di balik karya
    Di balik setiap karya – karya yang dihasilkan oleh penulis pasti memiliki rahasia. Rahasia yang membuat mereka mendulang kesuksesan, terlebih untuk penulis buku Tere Liye. Tere Liye dapat membuat karya dengan tema yang berbeda – beda. Ide yang dihasilkan dalam karyanya pun tidak monoton. Setiap karya yang dihasilkannya pun selalu membekas di ingatan para pembacanya. Sesi ini tere liye akan membagikan rahasianya kepada para peserta untuk menjadi penulis yang menghasilkan karya terbaik dan selalu digemari.
  • Antimainstream dengan cerita horor dan thriller 
    Cerita horor dan thriller mempunyai daya tarik senidiri bagi para pembaca. Di saat banyak buku bertema kan cinta namun ada beberapa penulis yang keluar dari zona tersebut dengan menuliskan cerita horror dan thriller. Ada beberapa penulis buku horor yang memang mengalami sendiri kejadian – kejadian horor tersebut. Sesi ini akan diisi oleh penulis buku horor dan thriller yang akan berbagi pengalaman kepada audience dalam menulis cerita antimainstream.
  • Komik Indonesia itu Asyik
    Banyak komik – komik karya komikus Indonesia yang tidak kalah menarik dengan komik buatan Jepang. Indonesia juga memiliki komikus – komikus yang sangat berbakat. Pada sesi ini akan diisi oleh komuikus Indonesia yang sangat berbakat dalam berkarya yaitu Sweta Kartika dan Jasmin. Mereka akan membagai pegalaman dan ilmu mereka dalam membuat komik, memberikan tips bagaimana membuat komik yang ceritanya asyik, seru dan menyenangkan. Serta Apa yang harus di dahulukan sebagai seorang komikus dalam membuat komik.

Hourly Schedule

09.00 - 12.00
Eka Kurniawan (Ruang Auditorium lt. 2)
Sastra Indonesia di Dunia Internasional
09.00 - 12.00
GPU, Elex Media Komputindo, Grasindo, KPG, M&C, BIP (Ruang serbaguna lt. 4)
Meet with editors
09.00 - 12.00
Herlina (Ruang meeting lt. 4)
Kreatif Ilustrasi untuk buku anak
13.00 - 15.00
Bernard Batubara, Maman Suherman (Ruang Auditorium lt. 2)
Menggerakkan literasi melalui sosial media
13.00 - 15.00
Yovita Siswati, Arleen, Dian Kristiani (Ruang serbaguna lt. 4)
Buku anak yang menarik untuk kids jaman now
13.00 - 15.00
Penerbit KPG (Ruang meeting lt. 4)
Pengembangan IP (Intellectual Property)
16.00 - 18.00
Tere Liye (Ruang Auditorium lt. 2)
Rahasia di balik karya
16.00 - 18.00
Ade Igama, Lexie xu, Hana Mizukimega (Ruang serbaguna lt. 4)
Antimainstream dengan cerita horor dan thriller
16.00 - 18.00
Sweta Kartika, Jasmin (Ruang meeting lt. 4)
Komik Indonesia itu Asyik
Sold out!

49 comments

  1. Saya ingin mengetahui banyak hal (best practise) dalam menumbuhkan minat baca, khususnya kepada anak-anak

  2. Writers & Readers forum adalah event yang penting bagi saya yang ingin belajar pada penulis dan editor bagaimana menembus dunia penerbitan & menghasilkan karya yg baik, terutama utk minat saya pd buku anak2

  3. Event ini sungguh berguna untuk mendapatkan wawasan dan share langsung dengan ahlinya literatur,i don’t wanna miss it!
    Thanks untuk mereka yang punya ide brilian untuk selenggarakan event ini,Hugs😍

  4. saya sangat berterima kasih dengan adanya acara seperti ini . karna dapat membangunkan semangat menulis dan berkarya .

  5. I wish there will be many more events like GWRF in Indonesia. As an amateur writer, I think it is very important to gain knowledge about how the publishing industry and market works —at least, in Indonesia— before publishing a book of writings. As it would be my first time attending this kind of event, I am sure GWRF could give me some hints and information about preparations and criteria of being a better writer/author as well as to improve the quality of my writings.

  6. Membuat ilustrasi cerita anak dan meramu cerita anak ternyata tak mudah. Dan event ini penting sekali, karena banyak pakar di bidang ini.

  7. Saya ingi menimba ilmu seputar dunia kepenulisan dari penulis bebat. Dan untuk menumbuhkan semangat literasi yang sedang saya jangkitkan di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar tempat saya tinggal.

  8. Sudah lama saya membaca novel eka kurniawan dari cantik itu luka, lelaki harimau, curat coret di toilet, sebab dendam harus dibayar tuntas, kekasih yang menemukan kembali cintanya melalui mimpi. Apalagi karya tereliye dari rindu, pulang, tentang kamu dan belasan lain yang saya koleksi. Ingin dong bersua langsung untuk menimba inspirasi dan menyimak proses kreatifnya….

  9. Halo, saya Amanda lupa mendowload untuk tiket nya. bagaimana ya? masih bisa hanya dengan lewat email saja atau wajib di print tiketnya ?

      1. Lalu bagaimana ya caranya agar bisa ngeprint lagi untuk tanda bukti sudah mendaftarnya? Karena saya lupa. Mohon info ny

  10. Min, saya td sudah membooking untuk day 1 cmn blm sempat download ticketnya dan email buktinya jg blm masuk sedangkan untuk ticket editor clinic sudah masuk emailnya. Tolong bantu min terima kasih

  11. Min, ini cara registernya gimanah yah? Setelah klik menu register kok yg keluar laman ini. Trus gimana saya mau daftar nama saya.
    Lalu, misal kita pilih untuk datang di hari 1, apkah itu berarti kita bisa menghadiri semua sesi di hari itu, atau kita harus memilih satu-dua sesi ajah untuk dihadiri?
    Trims penjelasannya ya Min

  12. Min saya kehabisan tiket day 1. Baru sempet register yg editor’s clinic untuk naskah fiksi. Nnti pas acara saya hrs daftar ots atau lgsg ke editor’s clinic min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*