Organizer

PT. Gramedia Asri Media
Phone
081211117114
Email
info.literasinusantara@gmail.com
Website
http://www.gramedia.id

Other Organizers

Location

Perpustakaan Nasional RI
Jalan Medan Merdeka Selatan, RT.5/RW.2, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia
QR Code

Date

Apr 08 2018

Time

08:00 AM - 06:00 PM

Gramedia Writers and Readers Forum 2018 Day 2

Halo Books Lovers!

Mari rayakan literasi dengan bertemu para penulis best seller, penerbit, dan sesama pecinta bukudi forum ini.
Kalian dapat belajar, sharing ilmu, dan berdiskusi langsung dengan mereka!

FREE ENTRY
Kuota Peserta TERBATAS!!!!
Ayo daftarkan dirimu segera di Acara Gramedia  Writers and Readers Forum”.
*Tiket dapat bawa saat pendaftaran dilokasi

Bawa hasil tulisanmu, karena akan ada “Editor Clinic” untuk review naskah yang kamu buat. Ikuti juga contest Photo dan Video dengan tema Explore Perpusnas dan dapatkan hadiah menarik dari Gramedia

Contact Person
Intan :081310713905
Iyan : 0818271223

Tema Hari Kedua

  • Laut Bercerita “Lit Movie”
    Laut bercerita merupakan kisah nyata yang terjadi di tahun 1998. Dalam novel ini mengungkap zaman kelam dan kekejian yang pernah terjadi dan dialami oleh para aktivis. Selain itu bercerita mengenai nilai-nilai tentang persahabatan dan tentang pengkhiatan di dalam sebuah kelompok. Dalam sesi ini Leila S Chudori akan membuka diskusi bagaiaman menulis cerita dari kisah nyata. Apa yang harus diperhatikan dalam menulis kisah laut bercerita. Selain diskusi sesi ini juga akan ada pemutaran film yang di adopsi dari novel Laut Bercerita.
  • Perhitungan pajak untuk penulis

    Pada sesi ini akan diisi oleh humas DJP. Sesi ini akan membahas mengenai perhitungan pajak untuk penulis.

  • Books fair all around the world
    Kesempatan pemasaran sebuah buku tidak hanya terbatas dalam kancah nasional saja. Setiap karya memiliki potensi untuk dapat dibaca oleh masyarakat di seluruh dunia. Komite buku nasional seringkali mengikuti pelbagai books fair di berbagai negara bersama dengan penerbit dan penulis terpilih. Dalam sesi ini, Komite Buku Nasional akan menjelaskan mengenai bagaimana tips dan kiat-kiat agar sebuah buku / penerbit mampu mencicipi panggung books fair intenasional.
  • Metamorfosis buku ke dalam film
    Pada sesi ini akan diisi oleh penulis buku yang karyanya sudah diadaptasi ke dalam sebuah film layar lebar. Sesi ini akan membahas pengalaman  penulis tersebut mengenai buku – buku mereka yang sudah didapatasi menjadi sebuah film dan juga akan mengupas tips mengenai bagaimana caranya agar karya anda dapat diangkat ke dalam sebuah film serta  cerita seperti apa yang banyak disukai oleh produser.
  • Tingkatkan naskah tulisanmu dengan ilustrasi yang menarik
    Ilustrasi merupakan bagian terpenting dalam sebuah naskah, ilustrasi dapat menggambarkan dan memperkuat naskahmu. Pada sesi ini membahas mengenai bagaimana cara memadukan naskah dengan ilustrasi dan ilustrasi yang mereka create dapat memperkuat dan memperjelas makna disetiap cerita pada buku mereka.
  • Menulis untuk pembaca millenials
    Wajah Indonesia di tahun ini banyak di warnai dengan generasi millenials, saat ini 50 persen penduduk Indonesia yang produktif berasal dari generasi millenials. Sebagai seorang penulis kita harus tau target segmentasi yang akan kita tuju dalam membuat sebuah buku. Pada sesi ini akan diisi oleh penulis – penulis yang pembaca bukunya rata – rata dari generasi millenials. Sesi ini akan membahas bagaimana menulis sebuah cerita untuk generasi millenials dan cerita seperti apa yang banyak di sukai oleh generasi millenials. Pada sesi ini penulis akan memberikan tips – tipsnya.
  • Jelajahi dunia dan tulis ceritamu 
    Menulis sebuah perjalanan adalah salah satu genre nonfiksi yang paling menarik. Sesi ini akan membahas bagaimana caranya untuk menulis cerita tentang perjalananmu dalam menjelajahi dunia. Bagaimana menggambarkan perjalananmu secara menarik untuk disajikan ke dalam bukumu sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pembaca.
  • Menyayangi puisi 
    Puisi merupakan karya sastra yang memiliki nilai keindahan dan memiliki nilai-nilai estetika. Puisi merupakan karya sastra yang memiliki nilai keindahan dan memiliki nilai-nilai estetika. Sebuah karya puisi memiliki ciri khas tersendiri dalam penyusunannya. Oleh karena itu, seringkali sebuah karya puisi dapat dinikmati sepanjang masa. Bagaimana caranya untuk memproduksi sebuah karya puisi yang memiliki nilai keindahan tak lekang oleh waktu. Dalam sesi ini Bapak Sapardi dan Bapak Joko Pinurbo akan membagi ilmu mereka dalam membuat karya puisi yang dapat dinikmati sepanjang masa.
  • Musikalisasi Puisi

    Sesi closing yang akan diisi oleh Bapak Joko Pinurbo dan Oppie Adaresta. Mereka akan berkolaborasi dalam menampilkan musikalisasi puisi.

Hourly Schedule

10.00 - 12.00
Leila S . Chudori (Ruang Auditorium lt. 2)
Laut Bercerita "Lit Movie"
10.00 - 12.00
Humas DJP (Ruang meeting lt. 4)
Perhitungan pajak untuk penulis
10.00 - 12.00
Komite Buku Nasional (Ruang serbaguna lt. 4)
Books fair all around the world
13.00 - 15.00
Donny Dhirgantoro, Erisca Febriani (Ruang Auditorium lt. 2)
Metamorfosis buku ke dalam film
13.00 - 15.00
Rain Chudori, Almira Bastari, Elvira Natali (Ruang serbaguna lt. 4)
Menulis untuk pembaca millenials
13.00 - 15.00
Sarah Ameeyo, Emte (Ruang meeting lt. 4)
Tingkatkan naskah tulisanmu dengan ilustrasi yang menarik
16.00 - 17.30
Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo (Ruang Auditorium lt. 2)
Menyayangi puisi
16.00 - 17.30
Agustinus Wibowo (Ruang serbaguna lt. 4)
Jelajahi dunia dan tulis ceritamu
17.30 - 18.00
Joko Pinurbo, Oppie Andaresta
Musikalisasi puisi
Sold out!

35 comments

  1. I wish there will be many more events like GWRF in Indonesia. As an amateur writer, I think it is very important to gain knowledge about how the publishing industry and market works —at least, in Indonesia— before publishing a book of writings. As it would be my first time attending this kind of event, I am sure GWRF could give me some hints and information about preparations and criteria of being a better writer/author as well as to improve the quality of my writings.

  2. saya udah coba klik “Next” di bagian bawah, tapi katanya “Invalid Request.” Boleh minta tolong cek dan kabari secepatnya tentang ini? Terimakasih sebelumnya.

  3. Baru aja nemu info ini..apakah sudah penuh ya kuotanya? Krn tidak bsa registrasi lagi. Apakah bs beli tiket di tempat acara langsung? Terima kasih

  4. Halo, aku mau nanya. Aku daftar buat 3 acara tapi dapet email konfirmasi pendaftarannya 5/6. Is that okay? Atau aku yang waktu itu salah daftarnya? Mohon dijawab yaa makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*