Padang Panjang, (11/03) PT Gramedia Asri Media memiliki komitmen untuk terus membantu program pemerintah terkait tantangan literasi dan minat baca masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2016, Gramedia telah menggelar berbagai acara seperti Gramedia Reading Community Competition dan Festival Literasi Gramedia sebagai wujud kolaborasi bersama dengan banyak pihak. Tahun ini, Gramedia kembali menyelenggarakan Festival Literasi di Kota Padang Panjang pada Jumat s.d. Minggu, 15-17 Maret 2019, tepatnya di GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Berbeda dari acara festival literasi sebelumnya, kali ini Gramedia diberikan kehormatan untuk menyukseskan salah satu program Pemerintah Kota Padang Panjang yang ingin mengukuhkan diri sebagai kota literasi. Konsep acara Festival Literasi Gramedia adalah kolaborasi bersama antara pemerintah setempat, masyarakat, dan komunitas lokal, serta komunitas baca pemenang GRCC 2016 & 2018. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca serta literasi masyarakat melalui kegiatan menarik serta seru. Festival Literasi Padang Panjang adalah Festival Literasi Gramedia ke-5, setelah sebelumnya diadakan di kota Surabaya, Yogyakarta, Lombok, dan Banyumas.

Anak-anak turut memeriahkan dengan menabuh drum pada Festival Literasi Kota Padang Panjang.

Acara Festival Literasi Padang Panjang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat melihat dan melakukan transaksi di stand khusus Gramedia selama acara berlangsung. Beragam acara yang menarik juga disiapkan untuk warga Padang Panjang dan sekitarnya. Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran dan Corporate Secretary GM PT Gramedia Asri Media, Yosef Adityo membuka acara Festival Literasi Padang Panjang pada Jumat, 15 Maret 2019. Pada malam harinya, tim dari Gramedia diundang ke rumah dinas Walikota Padang Panjang untuk dinner bersama.

Rangkaian acara lainnya dalam Festival Literasi Padang Panjang meliputi lomba baca puisi tingkat Sumatera, mendongeng antar Guru TK, menulis cerita rakyat, menggambar untuk murid TK dan mewarnai untuk SD akan digelar. Selain itu, ada beberapa acara seremoni seperti pengukuhan Bunda Literasi dan Safari Perpustakaan Nasional RI. Karnaval atau pawai literasi menjadi pembuka rangkaian acara Festival Literasi Padang Panjang pada Jumat, 15 Maret pagi. Tema Gebyar Literasi dipilih oleh Pemerintah Kota Padang Panjang untuk rangkaian acara pada hari Jumat dan Minggu ini.

Antusiasme anak-anak mengikuti lomba mewarnai.

Tidak hanya itu, beragam seminar dari penulis serta tokoh kompeten di bidangnya akan Gramedia hadirkan di kota yang dikenal sebagai Serambi Mekkah ini pada Sabtu, 16 Maret 2019. Diawali dengan bedah buku dan workshop kepenulisan oleh Ahmad Fuadi (penulis trilogi 5 Menara), Seminar Literasi Digital oleh Maman Suherman (Penulis dan Pegiat Literasi) dan Amir Sodikin (News Managing Editor Kompas.com). Sementara sore harinya, ada Workshop Menulis Cerita dan Mendongeng Interaktif untuk anak-anak yang akan disampaikan oleh Watiek Ideo (Penulis Buku Anak) dan Nindia Nurmayasari (storyteller and storywriter). Salah satu tujuan utama dari seminar dan workshop ini ialah meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memilah isi bacaan agar terhindar dari paparan dan penyebaran berita bohong (hoaks)  atau konten yang menyesatkan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…