Hidden paradise merupakan julukan yang sangat cocok untuk negeri kita, Indonesia. Terlebih lagi, baru-baru ini, majalah online luar negeri money.co.uk menobatkan Indonesia sebagai “The Most Beautiful Country in The World“.

Di dalam laporan Natural Beauty Report milik money.co.uk tersebut, menyebutkan Indonesia menempati posisi teratas mengalahkan 50 negara lain di seluruh dunia yang memiliki keindahan alam setiap 100.000 kilometer per segi daerahnya.

Indonesia mendapatkan nilai 7.77 dari 10, mengalahkan Selandia Baru, dan disebutkan dalam laporan tersebut bahwa, “Indonesia merupakan rumah dari 17.000 pulau menakjubkan, 50.000 km garis pantai, dan lebih dari 50.000 km per segi terumbu karang indah yang kaya akan kehidupan.”

Natural Beauty Report juga menyebutkan bahwa hutan tropis Kalimantan dan Sumatra merupakan “Most Popular Natural Attractions” dan rumah dari berbagai macam situs budaya dunia UNESCO.

Laporan ini membuktikan bahwa keindahan alam Indonesia patut untuk diperhitungkan. Sudah sepantasnya pula kita sebagai warga negara Indonesia harus menikmati keindahan-keindahan tersebut secara langsung!

Maka dari itu, berikut Litmin rangkum 10 hidden paradise Indonesia untuk destinasi wisata kamu selanjutnya!

1. Tangkahan (Sumatra Utara)

surga tersembunyi

Tangkahan, Sumatra Utara

Tangkahan merupakan wisata alam yang berada di Sumatra Utara. Tempat ini merupakan wisata alam andalan daerah Sumatra, selain Danau Toba, Bukit Lawang, dan Berastagi. Tangkahan memiliki alam yang sejuk, rindang, dan menjadi tempat berbagai macam flora dan fauna khas Sumatra. Semua itu siap disuguhkan untuk setiap wisatawan yang datang.

Sambil menikmati keindahan alam Tangkahan, banyak aktivitas yang dapat wisatawan lakukan. Mulai dari memandikan Gajah, trekking hutan hujan Tangkahan yang lebat dan eksotis, mandi di air terjun Gelugur, berendam air hangat, river tubing, hingga berfoto di jembatan gantung yang menjadi tempat syuting lagu “Adu Rayu” karya Yovie, Tulus, dan Glenn Fredly.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya Tangkahan dijuluki sebagai “The Hidden Paradise in Sumatra”.

2. Lembah Harau (Sumatra Barat)

surga tersembunyi

Lembah Harau, Sumatra Barat

Lembah Harau merupakan lembah yang berada di Sumatra Barat, tepatnya di dekat Kota Payakumbuh. Jaraknya kurang lebih empat jam perjalanan dari pusat kota Padang.

Lembah Harau memiliki landscape desa persawahan dengan luas sekitar 669 hektare, diapit oleh dua bukit granit indah yang menjulang setinggi 300 meter, air terjun dan sungai-sungai kecil yang jernih. Wisatawan dalam dan luar negeri mengatakan bahwa panorama di Lembah Harau sangat mirip dengan Taman Nasional Yosemite di California, Amerika Serikat.

Lembah Harau juga menyediakan kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan sambil mengagumi keindahan panorama Lembah Harau. Di antaranya, memanjat tebing granit, bermain di bawah air terjun, bermain perahu, berfoto di kampung Eropa, dan berburu sunset dengan landscape perbukitan di Lembah Harau.

3. Labuan Cermin (Kalimantan Timur)

surga tersembunyi

Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Labuan Cermin yang berada di daerah Kalimantan Timur ini, memiliki ciri khas yang sangat unik. Danau ini memiliki air yang sangat bening, hingga bagian dasar dari danau terlihat dengan jelas bak cermin. Tidak hanya itu, Labuan Cermin juga dikelilingi oleh hutan bakau yang rimbun, menambah keindahan dan menambah kesan eksotis tempat ini.

Mengapa Labuan Cermin dapat terlihat begitu bening? Jawabannya adalah, karena pada danau ini, terdapat dua lapisan air; air laut pada permukaan danau, air tawar pada dasar danau. Hal ini menyebabkan danau memiliki lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Oleh karena itu, Labuan Cermin memiliki julukan “Danau Dua Rasa”.

Wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas sambil memanjaan mata berkunjung ke danau ini. Diantaranya, bermain perahu, snorkeling menyelam ke dasar danau, atau jika tidak ingin menyelam, bisa menyewa ban dan terapung sambil menikmati keindahan danau. Wisatawan juga dapat menginap di biduk-biduk penginapan, dengan kisaran harga Rp 100.000 – Rp 300.000. Jika ingin lebih hemat, bisa juga menginap di rumah warga sekitar biduk-biduk.

4. Pulau Weh (Sabang)

surga tersembunyi

Pulau Weh, Sabang

Pulau Weh merupakan salah satu pulau kecil di Indonesia yang selalu dibanjiri wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Terletak di daerah Sabang, dan dapat ditempuh dari pelabuhan Aceh selama 1 jam perjalanan.

Meskipun berupa pulau kecil, ternyata banyak sekali spot-spot wisata serta aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Weh. Mulai dari scuba diving dan snorkeling di Pantai Aneuk dan Pantai Gapang, yang kaya akan biota laut dan bergam jenis terumbu karang, Berendam di Air Terjun Pria Laot yang airnya mengalir indah melalui tebing batu hingga ke kolam air terjun dan bersantai di Pantai Iboih yang terkenal akan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancingnya dengan ikut para nelayan setempat untuk memancing ke tengah laut. Hasil tangkapan kamu bisa jadi makanan bakar yang lezat. Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi Pulau Weh dengan becak motor, mengunjungi Tugu Kilometer Nol, mencicipi kuliner khas Pulau Weh, atau sekadar berkeliling melihat pemandangan Pulau Weh yang eksotis.

5. Teluk Kiluan (Lampung)

surga tersembunyi

Teluk Kiluan, Lampung

Teluk Kiluan yang terletak di Tenggamus, Provinsi Lampung ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat mempesona. Keindahannnya membuat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri tertarik untuk berlibur di teluk ini. Dengan tiket masuk yang relatif murah, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat mahal.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Teluk Kiluan ini. Diantaranya, naik kapal ketinting berkeliling Teluk Kiluan. Jika beruntung, pada jam-jam tertentu wisatawan juga dapat melihat lumba-lumba hidung botol muncul dari permukaan air. Wisatawan juga bisa bersantai di pantai sekitar teluk Kiluan yang berwarna putih dan bertekstur sangat lembut.

Banyak spot foto yang bisa wisatawan kunjungi di Teluk Kiluan, seperti di laguna Teluk Kiluan yang merupakan air genangan tepi pantai yang mengisi lingkaran bebatuan, membentuk sebuah kolam. Ada juga Pantai Gigi Hiu, Pantai unik yang memiliki karang-karang lancip berbentuk gigi hiu yang tersusun indah di tepian pantai.

BACA JUGA: 10 Taman Nasional terindah di Indonesia yang Mendunia!

6. Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu (NTB)

hidden paradise

Air Terjun Benang Stokel & Benang Kelambu, NTB

Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu adalah air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Air terjun yang disebut-sebut sebagai legenda pewayangan tempat pemandian Dewi Anjani ini, terbentuk dari letusan gunung berapi, lalu menyebabkan patahan sehingga air keluar dari patahan tersebut. Kedua air terjun ini sangat cocok dengan julukan hidden paradise Rinjani.

Kedua air terjun ini letaknya sangat berdekatan, sehingga para wisatawan sudah dipastikan dapat mengunjungi kedua air terjun ini dengan mudah. Perbedaan air terjun ini terletak pada jumlah dan ketinggian air terjun. Air terjun Benang Stokel memiliki tinggi 30 meter, sedangkan air terjun benang kelambu lebih pendek. Namun Air terjun Benang Kelambu memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan Benang Stokel.

Perjalanan menuju lokasi air terjun akan sangat memanjakan para wisatawan. Jalur yang sudah tertata dengan baik, terbuat dari susunan bebatuan dan lapisan tembok, dan panorama alam rindang akan membuat perjalanan menuju air terjun menjadi tidak terasa membosankan.

Ketika sudah sampai, wisatawan akan disuguhi pemandangan Air terjun, dengan panorama hutan hujan eksotis di sekelilingnya. Wisatawan juga dapat mengunjungi taman indah yang memiliki panorama alam Geopark Rinjani, dan melakukan aktivitas seperti berenang, berfoto ria, dan beragam aktivitas wisata air lainnya.

7. Pulau Dodola (Maluku Utara)

hidden paradise

Pulau Dodola, Maluku Utara

Pulau Dodola di Maluku Utara ini sangat cocok disebut sebagai hidden paradise. Pulau Dodola terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Dodola Besar, dan Pulau Dodola kecil. Uniknya, Kedua pulau ini hanya akan tersambung ketika laut sedang surut dan membentuk jalan pasir.

Pasir yang sangat putih dan sehalus bubuk, pohon-pohon hijau, dan pemandangan laut jernih biru sejauh mata memandang, akan membuat para wisatawan kagum dan betah untuk bersantai di sana.

Para wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti menyebrangi kedua pulau dan merasakan kesegaran sensasi angin laut dan pasir yang lembut, snorkling dan diving di 13 titik penyelaman untuk menikmati keindahan panorama bawah laut yang kaya akan kehidupan dan terdapat beberapa kapal dan pesawat karam bekas perang dunia ke-2 yang saat ini sudah menjadi terumbu karang buatan.

8. Pulau Misool (Papua Barat)

hidden paradise

Pulau Misool, Papua Barat

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau besar yang berada di Kepulauan raja Ampat, Papua Barat. Memiliki luas 2.034 kilometer persegi, dan titik tertinggi pulau 535 meter, Pulau Misool memiliki pemandangan perairan laut biru yang jernih, bukut-bukit hijau yang sangat mempesona.

Di Pulau Misool, banyak sekali spot-spot wisata yang bisa para wisatawan kunjungi, seperti Danau Karawapop dan Lenmakana, Puncak Defalen, dan Harfat, Pantai Kalek, Goa Keramat, Batu Susun, Dinding Telapak Tangan, dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu keunikan Pulau Misool, yaitu pada spot wisata danau Karawapop, yang seringkali disebut sebagai simbol cinta dari Tanah Papua. Hal ini disebabkan danau tersebut berbentuk seperti hati, jika dilhat dari atas. Air danau ini jernih, berwarna toska, dan berwarna biru di bagian tengahnya. Di sekitar danau terdapat pohon dan semak rindang yang mengelilingi danau, seperti sedang menyembunyikan danau tersebut. Karena itu, sudah sepantasnya keindahan pulau Misool ini termasuk ke dalam hidden paradise Indonesia.

 

9. Pulau Ngurtafur (Maluku Tenggara)

hidden paradise

Pulau Ngurtafur, Maluku Tenggara

Pulau Ngurtafur merupakan pulau yang terletak di Maluku Tenggara, tepatnya di wilayah Ohoi Warbal. Pulau Ngurtafur dipenuhi dengan pasir putih pantai yang menjorok ke laut sepanjang 2000 meter dana dikelilingi pulau-pulau kecil lainya. Pulau Ngurtafur juga merupakan salah satu pulau dari kepulauan Kei, yaitu pulau-pulau indah dengan pantai sejernih kristal biru.

Pada satu spot pulau ini, terdapat pulau Gosong, yang mana merupakan jalan mengular selebar 7 meter yang terdiri dari pasir putih timbul yang cemerlang. Fenomena unik ini hanya dapat dinikmati oleh wisatawan, ketika air laut tengah surut.

Wisatawan dapat mengunjungi spot ini dengan cara berjalan kaki atau naik perahu sekitar 2 kilometer mendekati perairan. Jika beruntung, wisatawan juga dapat melihat kawanan pelikan Australia tengah bermigrasi, yang akan menambah suasana eksotis pantai pada pulau ini. Tak cuma menikmati pemandangan pulau dan pantai, pemandangan bawah lautnya tak kalah indah untuk dinikmati dengan cara snorkeling.

10. Taman Laut 17 Pulau Riung (NTT)

hidden paradise

Taman Laut 17 Pulau Riung, Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa tenggara Timur dikenal dengan destinasi wisata yang sangat menarik dikunjungi. Sebutlah Kepulauan Komodo, Pantai Pink, Danau Kelimutu, Pantai Lasiana, Pulau Padar, dan masih banyak lagi.

Untuk tempat satu ini juga tak kalah menariknya; Taman Laut 17 Pulau Riung yang berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa tenggara Timur. Bahkan keunikannya dapat kita lihat pada nama taman laut tersebut, angka 17 yang melambangkan tanggal kemerdekaan Negara Indonesia. Penyematan angka 17 ini dimaksudkan agar taman laut ini mudah diingat.

Keunikan lainnya dari taman laut ini adalah memiliki 24 gugusan pulau, yang semuanya merupakan hamparan pasir putih bersih, dihiasi pohon hijau rindang dan bebatuan besar, serta laut biru jernih. Sangat cocok untuk para wisatawan menikmati keindahannya dengan snorkeling dan diving.

Diantara 24 gugusan pulau indah ini, terdapat 4 gugusan pulau unik yang wajib kamu kunjungi. Antara lain, Pulau Batang Kolong yang terkenal dengan mawar laut, Pulau Meja yang terkenal dengan Acropora dan karang lunak, Pulau Sui yang terkenal dengan tebing curam, dan Pulau Ontologi, yang terkenal dengan hutan mangrove, kelelawar, dan monyet liar.

24 gugusan pulau ini tidak ramai penduduk, jadi sangat cocok bila Taman Laut 17 Pulau Riung ini masuk ke dalam daftar hidden paradise Indonesia.

 

Nah, itulah 10 hidden paradise Indonesia yang bikin para wisatawan betah di sana dan enggan pulang! Kita sebagai warga Indonesia tentunya harus menikmati serta menjaga hidden paradise Indonesia ini agar tetap asri, dan menjadi kebanggaan kita bersama di dalam negeri maupun luar negeri! #pancaronaindonesiaku!

 

 

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…