Tahukah kalian mendongeng banyak memiliki manfaat bagi masa perkembangan anak? Manfaat mendongeng diantaranya adalah dapat meningkatkan daya imajinasi anak, mengembangkan kemampuan bahasa, meningkatkan daya ingat, dan yang paling terpenting dapat meningkatkan minat baca sih kecil. Oleh karena itu membacakan dongeng bagi sih kecil sebaiknya dilakukan sejak anak masih bayi sampai dengan beranjak usia masuk sekolah dasar.

Menurut Kak Seto menerapkan budaya mendongeng di era ini dapat menolong anak – anak masa kini yang lebih mengenal teknologi sehingga kurang terampil untuk berkomunikasi. Dengan mendongeng anak dapat berlajar cara berkomunikasi dengan orang tua masing – masing. Biasanya anak – anak mudah sekali bosan untuk itu sebagai orang tua kalian harus kreatif dalam mendongeng. Berikut ini adalah tips mendongeng seru untuk sang anak :

  1. Pilih buku dongeng sesuai usia anak
    Sebelum mulai mendongeng yang harus dipastikan adalah memilih buku yang isi ceritanya sesuai dengan usia anak anda. Jangan sampai menceritakan sebuah cerita yang membuat sang anak tidak mengerti dengan jalan ceritnya, atau sebaliknya mendongengkan untuk anak usia 5 tahun namun cerita dongeng tersebut untuk anak usia 2 tahun ini akan membuat anak anda cepat bosan.
  2. Menggunakan Gambar
    Menggunakan buku yang isinya lebih banyak cerita bergambar daripada tulisan, pilih gambar yang menarik dan berwarna. Bagi anak yang masih belum dapat membaca, gambar dapat membantu anak untuk lebih memahami cerita tersebut. Untuk anak yang sudah dewasa cerita bergambar menjadi salah satu cara mengurangi kebosanan anak.

Baca juga: Tips dan Trik Mendongeng Sesuai Usia Anak yang Tepat

  1. Interaktif
    Agar dongeng menjadi semakin seru, setiap orang tua dapat mengajak anaknya untuk ikut serta. Cara seperti ini dapat mengasah kreativitas sang anak misalnya kita sebagai orang tua memulai terlebih dahulu cerita dongeng tersebut, selanjutnya biarkan anak anda yang melanjutkan ceritanya.
  2. Menggunakan Media Pendukung
    Ketika mendongengkan sang anak kita dapat menggunakan media pendukung seperti boneka tangan, boneka punggung atau alat pendukung lainnya. Cara ini dilakukan agar kegiatan mendongeng menjadi lebih hidup dan nyata. Cara ini juga dapat menjadi daya tarik sih kecil.

Baca juga: Suka Bercerita? Ingin Tahu Bagaimana Caranya Mendongeng? Yuk Cek!

  1. Ekspresi
    Bacakan cerita dongeng untuk anak anda dengan ekspresif. Ekspresi ketika sedang mendongeng itu penting loh lits! Ekspresi ketika sedang mendongeng dapat menghidupkan tokoh dalam dongeng tersebut. Mendongeng tanpa eksperesi akan terlihat kaku maka dari itu gunakan ekspresi emosi, ekspresi sedih, senang disertai dengan mimik muka dan gerak tubuh yang sesuai dengan cerita yang sedang dibaca.
  2. Gunakan Suara Yang Berbeda
    Ketika sedang mendongeng kalian harus dapat mengolah suara. Suara pada saat mendongeng bukan hanya untuk membacakan sebuah cerita, mengatakan kalimat atau megucapkan sebuah dialog. Namun lebih dari itu kalian harus memvariasikan volume suara dan karakter suara untuk memperkaya cerita tersebut.

Nah bagaimana? Sudah siapkah kalian mendongeng?
Selamat mencoba dirumah ya!

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…