Studi baru-baru ini di Journal of Writing Research membandingkan antara menulis tangan dan  mengetik melalui kibor. Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang menulis tangan punya memori pengingat yang lebih baik ketimbang mereka yang menulis menggunakan kibor. Lebih lanjut, kelebihan menulis tangan yang lain yaitu membantu seseorang memahami suatu hal lebih efektif . Bagaimana penelitian tentang ini dilakukan?

Proses penelitian

Proses penelitian ini mengambil 36 subjek penelitian dengan mengkategorikan mereka pada tiga jenis mencatat:

  • Mereka yang menulis menggunakan pena dan kertas
  • Mereka yang menulis melalui kibor virtual
  • Mereka yang menulis melalui kibor fisik
keuntungan menulis tangan
Kelebihan menulis tangan dibanding mengetik (ilustrasi).

Masing-masing kelompok membaca kalimat yang telah disiapkan peneliti dan mereka ditugaskan untuk menuliskan kalimat tersebut. Kalimat-kalimat yang ditulis kemudian diuji lagi kepada para subjek untuk kembali diingat. Sejak mengingat sebuah kata dari memori otak menjadi hal yang lebih sulit ketimbang mengenali kata, studi ini menyimpulkan bahwa terdapat kelebihan menulis tangan dalam membuat seseorang mengingat lebih baik.

Baca juga: Orang Sukses Membaca Sebelum Tidur Karena Mereka Tahu 10 Manfaat Ini

Lalu, kenapa dua metode menulis yang lain tidak punya kelebihan seperti menulis tangan?

Perhatian visual dari penulis kibor terbagi antara melihat teks yang muncul dan melihat kibor. Dari perspektif visual-spasial, kibor memisahkan “area motor” (atau area input) di mana huruf-huruf diproduksi (keyboard) dari area presentasi visual surat (layar; atau area output).

Jadi, saat menulis dengan kibor, kita dengan mudahnya menyalin dengan cepat kata-kata yang dilihat sehingga kemampuan untuk mengingat, yang mana membutuhkan kerja otak yang lebih, tidak sebanyak ketika menulis tangan. Saat menulis tangan, kita membaca beberapa kata dan berusaha mengingatnya sambil merampungkan kata demi kata yang ditulis. Kelebihan menulis tangan muncul karena kita merasakan pena dan kertas, menggerakkannya, mengimplementasikan bayangan tulisan di otak ke tangan, dan mengasah keterampilan gerak dari perintah otak.

Baca juga: Ingin Tetap Fokus Membaca Tanpa Terganggu Kegiatan Mencatat? Coba Cara Ini

Memahami suatu teks adalah proses memfokuskan perhatian kita. Jika fokus kita terbagi, maka kita tidak memahami sebanyak orang yang punya fokus penuh terhadap sesuatu. Maka dari itu, menulis tangan punya keuntungan lebih untuk pengalaman mengingat yang lebih baik.

 

RUJUKAN

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 60.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 40.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…