Punya hobi menulis? Ingin menjadi penulis namun tidak tahu apa yang harus kamu lakukan? Banyak cara tentunya yang bisa kalian tempuh untuk menjadi seorang penulis hebat. Menulis dapat diartikan sebagai ruang tidak terbatas dalam menuangkan apa yang anda fikirkan ke dalam sebuah kertas. Untuk menjadi penulis sekelas Eka Kurniawan, Dewi Lestari, Sapardi Djoko Damono, serta Tere Liye tidaklah mudah semua membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

Menjadi penulis pemula tidak hanya harus dibekali dengan pengetahuan yang luas yang diperoleh dari kejadian dan informasi yang berkembang setiap harinya, namun ada beberapa langkah yang harus kalian ketahui agar dapat menjadi seorang penulis. Simak yuk dibawah ini adalah langkah – langkah untuk menjadi penulis pemula :

  • Banyak Membaca Karya-Karya Penulis Ternama
    Membaca karya penulis lain membuat kalian mendapatkan banyak pengetahuan. Dari karya penulis lain ini kalian dapat mengetahui kosa kata baru, kalian juga dapat lebih peka dalam menulis. Dengan membaca kalian akan tahu tulisan seperti apa yang sedang hits dan bagaimana cara penulisannya. Kalian juga akan mengetahui mekanisame penulisan yang baik dan benar dan dapat menghasilkan sebuah inspirasi yang baru buat tulisanmu.
  • Banyak Berlatih Menulis
    Berlatih akan membuat kalian semakin pandai dalam bidang apapun. Ibarat sebuah pisau jika tidak diasah maka tidak akan menjadi tajam. Sama halnya dengan otak manusia semakin dilatih maka kemampuannya akan semakin berkembang. Kemampuan dalam menulis juga harus dilatih setiap harinya agar kemampuan menulis kalian menjadi lebih baik ke depannya. Semakin banyak berlatih maka akan semakin lancar dalam mengekspresikan pikiranmu dan menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan. Menulislah sesering mungkin, maka akan semakin mempertajam gaya penulisanmu.
  • Mau Belajar
    Ada banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang penulis. Hal yang biasanya dianggap sepele ternyata penting untuk dipelajari jika ingin menjadi seorang penulis contohnya seperti penggunaan tanda baca kapan harus menggunakan tanda seru, titik, koma, huruf besar dan hurus kecil. Selain itu belajarlah untuk merangkai sebuah kalimat, jika menulis karya fiksi maka kalian harus dapat merangkai sebuah kalimat yang dapat membuat pembaca berimajinasi.
  • Selalu Catat Idemu
    Kemanapun kalian pergi bawalah sebuah buku catatan dan alat tulis, jika terlintas sebuah ide langsung catat di buku tersebut agar kalian tidak mudah lupa. Jangan menunggu nanti karena ide tersebut mudah muncul dan mudah juga menghilang. Ide dapat muncul dimana pun, bisa jadi saat kalian sedang berjalan – jalan di sebuah taman dan mendengarkan percakapan lucu yang dapat kalian tuangkan ke dalam tulisan kalian atau juga detail visual yang kalian lewati dapat menjadi inspirasi pada tulisan kalian.
  • Menjauh Dari Gangguan
    Menulis perlu keadaan yang tenang, nyaman serta bebas dari gangguan. Menulis akan berjalan dengan lancar jika tidak ada yang menganggu konsentrasi kalian. Gangguan seperti bunyi atau suara bising dapat menganggu konsentrasi kalian saat sedang menulis. Matikan handpone kalian, TV, atau apapun yang mengeluarkan suara – suara. Kunci pintu kamar kalian sehingga tidak ada yang menginterupsi kalian saat sedang membuat karya tulisan.
  • Perbanyak Koneksi
    Saat ini komunitas penulis sudah banyak yang menjamur. Gunakan media sosial untuk mencari dan memperbanyak koneksi dengan komunitas penulis. Bergabunglah dengan komunitas penulis, disana kalian dapat berkesempatan untuk sharing dengan sesama penulis. Selain itu komunitas penulis biasanya sering mengadakan pelatihan menulis sehingga dapat menambah ilmu tentang kepenulisan. Bergabung dengan komunitas penulis juga dapat membangun dan meningkatkan motivasi kalian untuk menjadi seorang penulis.
  • Coba Kirimkan Tulisan Anda
    Setelah memiliki beberapa koleksi tulisan yang menurut kalian cukup menarik, jangan ragu dan segan untuk mencoba mengirimkan tulisan kalian ke media maupun ke penerbit mayor. Namun ada baiknya sebelum kita mengirimkan tulisan tersebut mintalah teman kalian untuk membaca dan merevisi tulisan kalian sehingga makin membuat kalian yakin untuk mengirim tulisan tersebut.
  • Jangan Putus Asa
    Jika karya kalian belum berhasil untuk diterbitkan janganlah berputus asa. Kalian dapat mengupload tulisan kalian kedalam sebuah blog pribadi sehingga tetap dapat dinikmati oleh netizen. Cobalah terus menerus menghasilkan karya-karya tulisan lainnya dan selalu memperbaiki hasil tulisanmu hari demi hari.

Sumber :

Leave your vote

-10 points
Upvote Downvote

Total votes: 16

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 18.750000%

Downvotes: 13

Downvotes percentage: 81.250000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…