Kita tentu sadar, literasi punya cakupan yang sangat luas dalam pengertiannya. Literasi bukan bakat. Ia adalah keterampilan yang perlu dilatih.

Literasi, dikutip dari Guru Digital, secara umum diketahui sebagai seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Di abad 21 ini, keterampilan literasi adalah kebutuhan mendesak yang perlu dimiliki oleh siapa pun untuk dapat bersaing secara global.

Forum Ekonomi Dunia 2015 membagi gambaran tentang keterampilan literasi menjadi 6 dasar, yang dikutip dari Panduan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seperti berikut:

  • Literasi Baca Tulis
  • Literasi Numerasi
  • Literasi Sains
  • Literasi Digital
  • Literasi Finansial
  • Literasi Budaya dan Kewargaan

Di artikel ini, kita akan kupas pembahasan tentang literasi baca tulis. Yuk lanjut!

Pengertian

Bisa dikatakan, literasi baca tulis adalah ibu dari literasi-literasi lainnya. Literasi ini menjadi payung dari literasi yang lain. Awalnya memang literasi hanya fokus pada kegiatan membaca dan menulis, namun setelah diteliti kembali, ternyata pengertiannya jadi lebih luas. Sehingga, terciptalah 6 literasi dasar.

Mulanya “ibu” dari literasi dasar ini dipahami sebagai melek aksara, yaitu tidak buta huruf, mampu membaca. Maka literasi ini identik dengan kegiatan membaca dan menulis saja. Secara literal, literasi ini adalah kemampuan untuk dapat membaca dan menulis.

Dikutip dari Materi Pendukung Literasi Baca Tulis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam Deklarasi UNESCO, literasi ini juga terkait dengan kemampuan untuk mengidentifikasi, menentukan, menemukan, mengevaluasi, menciptakan secara efektif dan terorganisasi, menggunakan dan mengomunikasikan informasi untuk mengatasi bermacam-macam persoalan.

Tidak mengherankan, UNESCO menyatakan bahwa kemampuan baca tulis merupakan titik pusat kemajuan.

Baca juga: Literasi Finansial: Pengertian, Tantangan, dan Peluang

Tantangan dan Peluang

Tantangan: 

Sebagai bagian dari warga global yang aktif berpartisipasi, penguasaan keterampilan literasi akan mempengaruhi pula kompetensi dan kualitas karakter seseorang.

Menurut Forum Ekonomi Dunia pada 2015 dan 2016, bangsa-bangsa di dunia harus merumus visi baru pendidikan yang berisikan kurikulum literasi dasar, kompetensi, dan kualitas karakter.

Setiap hari kita ditantang untuk terus meningkatkan daya saing dan daya sanding (kolaborasi) karena seluruh negara terbuka satu sama lain membentuk kerja sama. Seperti era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sekarang ini.

Agar memiliki peran penting di dalamnya, kita perlu punya pondasi keterampilan. Semuanya -yaitu pondasi itu- dimulai dari literasi baca tulis.

Peluang:

Dalam konteks kekinian, literasi baca tulis akan mencakup pula pengetahuan tentang teknologi, keuangan, budaya kewargaan, kekritisan pikiran, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sehingga, kita dapat menyumbang respons aktif dan positif untuk apa pun dan siapa pun.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus menguasai literais yang dibutuhkan untuk dijadikan bekal mencapai dan menjalani kehidupan yang berkualitas, baik masa kini maupun masa yang akan datang.

Dengan penguasaan literasi baca tulis di era keterbukaan ini, kita dapat menjadi bangsa pemimpin dengan kemajuan pemikiran yang dapat berdampak positif bagi terciptanya inovasi. Dengannya pula, Indonesia mutu hidup masyarakat akan meningkat.

Tak perlu jauh-jauh. Dengan terampilnya kita pada literasi baca tulis, kita secara individu akan mendapatkan kehidupan yang lebih berkualitas dan kebijaksanaan yang tidak didapat orang oleh mereka yang tidak menguasai kemampuan literasi ini.

 

Sumber: Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 9

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 55.555556%

Downvotes: 4

Downvotes percentage: 44.444444%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…