Dunia anak selalu lekat dengan khayalan yang hebat. Kemampuan setiap anak dalam mengembangkan sebuah cerita yang ada dikepalanya terkadang bahkan diluar nalar orang tuanya. Cerita pengantar tidur atau yang biasa kita sebut dengan dongeng mampu membawa imajinasi anak yang tanpa batas.

Kata mendongeng pastinya sudah tidak asing didengar lagi oleh masyarakat. Tetapi eksistensinya di kalangan masyarkat sudah semakin memudar. Mendongeng biasanya dilakukan oleh setiap orang tua sebagai pengantar tidur sang anak namun seiring perkembangan zaman, banyak sekali orang tua yang sudah meninggalkan budaya mendongeng untuk anaknya.

Semakin berkembangnya teknologi, para orang tua lebih memilih menggunakan teknologi digital untuk menyenangkan anak mereka daripada menggunakan sebuah buku untuk mendongeng. Ditambah lagi dengan kesibukkan waktu orang tua, ini juga menjadi salah satu alasan semakin memudarnya budaya mendongeng. Orang tua menganggap mendongeng satu hal yang merepotkan dan membuat mereka semakin lelah setelah seharian bekerja.  Padahal banyak sekali manfaat mendongeng bagi buah hati kita, dengan mendongeng setiap orang tua dapat membentuk hubungan yang semakin erat dan akrab dengan anak mereka. Bukan hanya itu, masih banyak lagi manfaat mendongeng bagi setiap anak antara lain :

  1. Dongeng Meningkatkan Daya Imajinasi Seorang Anak
    Perlu kita ketahui semua anak senang mendengarkan cerita, mereka biasanya hidup di dunia imajinasinya sendiri. Setiap anak memiliki “dunia-nya” sendiri. Bahkan jika anak tersebut mempunyai dunia sendiri, banyak dari mereka yang sering berbicara sendiri seperti memiliki teman khayalan. Hal seperti ini sebenarnya tidak menjadi masalah jika tetap dapat dikontrol karena dapat membantu proses perkembangan mereka. Dengan masih memiliki daya imajinasi yang masih bagus, sebaiknya orang tua dapat mengontrol daya imajinasi anak – anak mereka ke arah yang positif salah satunya dengan membacakan sebuah dongeng. Melalui dongeng yang dibacakan orang tua, imajinasi anak akan mengarah ke hal yang lebih baik.
  2. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa
    Membacakan cerita kepada anak akan membantu mereka untuk mengenal frasa baru dari cerita tersebut. Dongeng dapat merangsang keterampilan bahasa pada anak – anak. Anak yang rutin mendengarkan kisah dongeng akan memiliki pembendaharaan kosakata yang beragam dan akan lebih mampu berkomunikasi dengan sekitarnya. Dengan dongeng anak mampu mempelajari intonasi suara ketika ibu/ayahnya sedang bercerita dengan begitu anak tersebut dapat belajar mengekspresikan diri lewat suara. Kisah dongeng yang mengandung cerita positif dapat membuat seorang anak menyerap tutur kata yang lebih sopan.
  3. Meningkatkan Minat Baca
    Ini merupakan hal penting bagi setiap anak. Jika ingin anak kalian memiliki minat baca yang sangat baik maka dongeng adalah jalan menuju hal tersebut. Untuk anak yang belum bisa membaca, dengan mendengarkan dongeng dari orang tuanya akan membuat anak tersebut tergugah untuk dapat membaca buku dongeng yang diceritakan orang tuanya tersebut, terlebih lagi jika yang diceritakan adalah cerita yang disukai anak kalian. Membacakan dongeng kepada anak dapat membuat rasa penasaran anak menjadi meningkat maka akan menimbulkan rasa ingin tahu serta keinginan untuk memahami cerita tersebut sehingga membuat anak menjadi lebih kritis dalam berfikir.
  4. Meningkatkan Kecerdasan Emosional
    Dengan membacakan cerita dongeng untuk anak, maka dapat mempererat hubungan anak dengan orang tuanya. Setiap anak akan merasa kesulitan untuk mempelajarai nilai – nilai moral dalam kehidupan seorang diri. Setiap orang tua yang menceritakan dongeng kepada buah hatinya secara tidak langsung telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar mengenai hal tersebut. Dalam cerita dongeng banyak sekali kandungan pesan dan pelajaran moral, melalui bimbingan orang tua anak dapat belajar membedakan berbagai macam emosi yang ia dengarkan dalam dongeng tersebut selain itu anak juga dapat belajar mengelola dan mengendalikan emosi yang dirasakannya.
  5. Melatih Daya Ingat Anak
    Ketika selesai bercerita orang tua dapat bertanya kepada sang anak mengenai dongeng yang baru saja selesai didengarnya. Dengan begitu hal ini akan melatih daya ingat anak tersebut dan anak akan terbiasa untuk mengevaluasi segala hal. Dengan dongeng anak akan banyak belajar untuk mengingat hal – hal kecil dan detail seperti nama toko yang baik, nama tokoh jahat, dan alur cerita.
  6. Membentuk Rasa Empati
    Dalam cerita dongeng banyak yang mengajarkan tentang pentingnya membantu sesama, bersikap penuh kasih sayang serta bersikap dengan murah hati dengan sesama. Dengan dongeng anak akan mendapatkan pelajaran dalam berempati pada lingkungan sekitarnya. Dengan mendongengkan cerita yang mendidik kepada anak, maka anak akan mudah menyerap nilai positif di dalam dirinya.

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…