Membersihkan hp dan mencuci tangan adalah metode terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona, seperti yang dikatakan Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu (12/2) setelah adanya pesan peringatan yang disebar oleh empat dokter lokal di WhatsApp untuk menggunakan masker di tempat umum.

Peringatan tersebut, yang bertanggal 10 Februari dan ditandatangani oleh Colleen Thomas, Judy Chen, Tham Hoe Meng, dan Lim Pin Pin, menyeru pada warga Singapura untuk menggunakan masker ketika meninggalkan rumah dan hindari kontak di tempat umum, di mana mereka juga mengklaim bahwa tindakan ini dapat mencegah sebaran virus corona dalam 2 minggu.

Bagaimana pun, direktur layanan medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, mengatakan bahwa “banyak saran yang bermaksud baik”, termasuk dari kalangan dokter, namun belum ada bukti bahwa virus corona tersebar melalui udara dan penggunaan masker merupakan metode terbaik untuk melindunginya.

Kenneth menambahkan bahwa hal yang lebih penting adalah justru dengan membersihkan hp. Seperti dikutip The Strait Times, “Berhati-hatilah dengan barang-barang yang sering Anda sentuh. Barang yang paling Anda sentuh adalah hp, jadi menggunakan masker bukan hal yang paling penting.”

Baca juga: Apa Itu Virus Corona? Bagaimana Gejala dan Cara Mencegahnya?

Cara terbaik membersihkan hp

Hp merupakan barang paling kotor yang dimiliki seseorang karena seringnya ia disentuh. Hal ini juga ditunjang dengan fakta bahwa hp dibawa ke mana pun, termasuk ke toilet.

Buruknya, hp tidak jarang berada sangat dekat dengan mata, hidung, maupun bibir -bagian-bagian tubuh di mana virus corona paling sering menginfeksi manusia.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hp mengandung lebih banyak bakteri ketimbang dudukan toilet – yang berarti cara tercepat untuk membatasi kontaminasi bakteri adalah dengan tidak membawa hp saat ke toilet.

Merujuk pada studi di tahun 2018 yang dilakukan oleh empat peneliti dari Institut Teknologi Massachusetts, membersihkan hp dengan pembersih UV adalah metode paling efektif untuk membunuh bakteri.

Menggunakan cairan alkohol juga efektif, menurut studi. Faktanya, bakteri di antara hp dan kasing hp jauh lebih banyak ketimbang layar hp itu sendiri.

Seorang mikrobiologis Charles Gerba mengatakan pada Health bahwa cairan alkohol dapat dibuat di rumah dengan mencampur air (60 persen) dan spiritus (40 persen), kemudian usap hp dengan kain dan kapas.

Gerba dan CNeT menghimbau untuk tidak menggunakan semprotan alkohol untuk hp atau menggunakan tisu antibakteri karena keduanya akan membuat layar berminyak.

Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan kasing hp.

Dikutip dari CNet, benda lain yang tidak bisa digunakan untuk membersihkan hp adalah: pembersih jendela, pembersih dapur, makeup remover, sabun cuci tangan, sabun cuci piring, dan cuka.

Ketika tidak ada pembersih yang tersedia, cukup usap hp dengan kain bersih untuk meminimalisasi bakteri, temuan studi 2018.

 

RUJUKAN: Business Insider Singapore

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…