Sekitar 10,6% manusia adalah orang kidal (kidal: bersifat lebih terampil tentang anggota badan (tangan) bagian kiri daripada bagian kanan). Ada pertanyaan: Apakah orang kidal terbentuk sebelum dilahirkan? Atau setelah? Penelitian saintifik mencoba menjawabnya.

Satu cara yang umum untuk mengetahui apakah seseorang kidal atau bukan biasanya dilihat dari caranya menulis. Studi sains menunjukkan bahwa orang kidal sebenarnya terbentuk lebih awal dari usia sekolah dasar. Faktanya, orang kidal terbentuk sebelum lahir.

Para ilmuwan telah meneliti kekidalan bayi yang belum lahir dengan menggunakan rekaman suara ultra waktu nyata (real-time ultrasound) untuk melihat gerakan lengan dan tangan si bayi di dalam kandungan.

Contohnya, suatu studi menganalisis suara ultra waktu nyata pada 72 janin selama 10 pekan setelah kehamilan dan fokus memperhatikan gerakan lengan kiri dan kanan. 10 pekan setelah kehamilan pada trimester pertama adalah titik waktu di mana pergerakan lengan dapat dilihat.

Ilmuwan menemukan bahwa janin punya kecenderungan untuk menggerakkan lengan kanannya lebih banyak ketimbang lengan kiri. Faktanya, 85% janin menunjukkan pergerakan lengan kanan lebih banyak daripada lengan kiri, mirip dengan persentase jumlah pengguna lengan kanan pada orang dewasa.

Baca juga: 

Dimaksudkan untuk Menghibur Tentara, Terapi Musik Kini Jadi Pengobatan

Bagaimana Cara Memaafkan Meski Terasa Berat? Begini Kata Psikolog

Studi lain juga meneliti perilaku mengisap jempol oleh bayi. Dengan menggunakan suara ultra waktu nyata untuk meneliti 224 janin, telah ditemukan kecenderungan janin mengisap jempol tangan kanan. Secara keseluruhan, hanya ada 12 dari 224 janin (5,4%) yang mengisap jempol tangan kiri, dibandingkan janin yang mengisap jempol tangan kanan (94,6%).

Ilmuwan secara berulang merekam suara ultra dari sejumlah kecil janin dalam kandungan. Mereka dapat menunjukkan bahwa kecenderungan individu itu tidak terganti selama kehamilan hingga nanti beranjak dewasa, entah itu pengguna tangan kanan maupun kiri. Sangat jarang kasus peralihan orang kidal menjadi pengguna tangan kanan. Begitu juga sebaliknya.

Kecenderungan mengisap jempol saat janin menunjukkan tidak ada perubahan hingga dewasa pada 70 dari 75 anak. Persentase kebenarannya adalah 93,3%, di mana orang kidal maupun pengguna tangan kanan telah terbentuk sebelum seseorang lahir.

 

RUJUKAN:

Psychology Today

Sumber gambar: Kompas.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…