Kota Bekasi, (26/03) Geliat gerakan literasi di Indonesia kini kian pesat sejak adanya media sosial. Hal ini terjadi karena media sosial dapat digunakan siapa pun, sehingga publisitasnya dapat tersebar luas. Jika melihat berbagai informasi seputar kegiatan literasi di Indonesia melalui media sosial, maka ada banyak sekali orang-orang yang peduli pada dunia literasi. Entah mereka tua atau muda, laki-laki atau perempuan, atau dari beragam kalangan.

Di Jawa Barat, tepatnya di Jalan RA Kartini G1, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi sekumpulan ibu-ibu memperlihatkan kepedulian mereka pada peningkatan kecerdasan masyarakat. Para ibu-ibu tersebut menginisiasi adanya forum untuk membahas dan melakukan kegiatan literasi. Mereka tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Bekasi.

Ide membentuk forum ini telah lama ada dan bahkan kegiatannya telah berjalan. Namun belum ada struktur organisasi resmi untuk dapat bekerja sama dengan lebih baik. Tujuan dibentuknya organisasi ini supaya masing-masing pengelola dapat bahu-membahu sesuai dengan spesialisasi masing-masing.

Baca juga: Gramedia Dorong Kegiatan Belajar Bersama di Mata Aksara

Maka dari itu pelantikan pengurus dilaksanakan. Di Kedai Kreatif yang berada di Jalan RA Kartini, acara dimulai pukul 09.00 dengan berdoa bersama. Kemudian sambutan Kepala Perpusda Kota Bekasi Edy Rosyadi dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Santi Sukiarti sebagai perwakilan atas tidak hadirnya Kepala Perpusda tersebut.

Santi memaparkan, “TBM dibentuk sebagai sarana atau lembaga yang menjadi perpustakaan di masyarakat. Oleh karena itu Forum TBM sangat tepat dalam mendorong budaya membaca masyarakat dan justru memiliki posisi strategis karena ia ada di dekat masyarakat. Maka dari itu saya mendukung dengan harapan besar dan optimis karena akan sangat mewarnai dan mewujudkan masyarakat Bekasi yang cerdas.”

Selain Santi, terdapat tamu undangan lain yang menghadiri pelantikan ini. Ketua Forum TBM Jawa Barat Erik Herdian dan dari pihak Public Relations Gramedia Elisabeth Retno. Setelah sambutan telah disampaikan seluruhnya, prosesi hikmat pelantikan dimulai dengan ditandai oleh penyematan pin oleh Santi Sukiarti kepada Ketua Forum TBM Kota Bekasi Kiky Melly Koesniawati.

Baca juga: Kolaborasi Bersama untuk Kota Literasi Padang Panjang

Hingga di penghujung acara tepatnya pada pukul 13.00, acara diisi dengan musikalisasi puisi, pembacaan cerita rakyat Buaya Putih di Kali Bekasi, dan bercengkerama. Ketua Forum TBM Kota Bekasi mengharapkan ke depannya forum ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk menyebarkan manfaat ke masyarakat. Ia juga berharap masyarakat Bekasi dapat lebih giat melakukan kegiatan literasi agar berkahnya dapat dirasakan semua orang.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…