Obrolan tentang waktu selalu mengisi keseharian kita. Entah saat kita menanyakan tanggal berapa hari ini, berapa hari lagi saudara kita sampai ke rumah, menentukan hari untuk bertemu dengan kawan lama, dan lain-lain.

Namun biasanya, kita lebih senang menyebutkan tanggal atau nama hari. Seperti: “Kita bertemu tanggal 2 saja ya …, Kamis temui aku di rumah ya …” dan lain-lain.

Untuk jangka waktu, terkadang hal ini cukup membuat kita berpikir sejenak. Tiga hari dari hari ini, empat hari dari hari ini. Atau dua hari kemarin. Sebenarnya, waktu-waktu tersebut ada lho kata sebutannya dalam bahasa Indonesia.

Di Universitas Al-Azhar, Kairo, Bahasa Indonesia Resmi jadi Bahasa Kedua

Lalu apa saja ya? Kita akan bahas sebutan keterangan waktu yang paling jarang diketahui yaitu selumbari, tulat/langkat, dan tubin. Yuk simak bagan di bawah:

Sebutan Keterangan Waktu Hari
Sebutan keterangan waktu dalam satu minggu. Sumber
  • Yang pertama kita mulai dari selumbari. Selumbari adalah H-2. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), selumbari berarti kemarin dulu.
  • Tulat atau langkat. Dua sebutan tersebut sangat jarang digunakan untuk mengatakan keterangan waktu H+3. Dua kata tersebut pun punya arti sama untuk menyebutkan keterangan H+3 ini. Singkatnya, tulat atau langkat adalah hari setelah lusa.
  • Terakhir, tubin. Tubin mungkin jadi kata yang paling jarang diucapkan untuk menyebut keterangan waktu H+4. Biasanya orang langsung menyebutkan hari atau tanggal waktu untuk menyatakan H+4. Semisal hari ini Senin 2 Desember 2019, maka yang kerap diucapkan adalah, “Jumat saja ya …, Besok, tanggal 6 kita bertemu di perpustakaan saja …, dll.”

Sebutan keterangan waktu tersebut memang jarang diucapkan, tapi tidak ada salahnya jika kalian ingin mempopulerkannya. Toh dengan melakukannya, kita turut memperkaya penggunaan kata bahasa Indonesia kepada masyarakat.

RUJUKAN

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…