Beruntungkah kita dapat mencari dan menikmati beragam informasi yang beredar di internet? Internet membuka banyak jalan. Dari internet pun, kita dapat memperoleh barang yang kita perlukan. Internet membantu kita memangkas ongkos dan waktu yang tidak perlu dalam mendapatkan barang. Contohnya untuk membeli buku melalui toko buku online.

Sebagai pencinta dunia literasi, pasti kamu pernah berselancar di internet untuk mencari buku yang kamu suka. Ada banyak pilihan yang disajikan di internet. Bahkan saking banyaknya pilihan, kita bingung mana toko buku online yang menyediakan kebutuhan kita yang paling sesuai. Pertimbangannya pun banyak, seperti: ketersediaan barang, harga, lokasi penjual, rekening pembayaran yang sama, dan lain-lain.

Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa tidak sedikit di antara buku-buku yang dijual di toko buku online itu ternyata adalah buku bajakan. Umumnya penjual buku bajakan ini adalah toko buku online yang memiliki reputasi tidak baik dan bukan toko buku online terkenal. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kamu menerapkan beberapa tips untuk mengetahui apakah buku tersebut asli atau bajakan. Yuk simak!

1. Cover Buku

Memang buku asli memiliki cover yang ‘licin’, tapi kamu dapat mengidentifikasi licin atau tidaknya dari foto yang jelas. Tentu sebagai pembeli, kamu berhak meminta foto untuk melihat rupa buku yang akan kamu beli. Pertama, pastikan bahwa cover buku yang kamu beli memiliki judul yang dicetak timbul. Bila tidak dicetak timbul, bukan berarti buku itu bajakan. Lihat dari warna covernya. Bila kusam, tampak dop, dan tampak tidak licin atau kesat (terlalu mengkilat), maka buku itu memiliki kualitas cover yang rendah sehingga dapat dikategorikan sebagai buku bajakan.

Kedua, jangan berhenti di situ. Lihat juga bagian samping buku yang biasanya bertuliskan judul serta pengarang buku. Pastikan cover di bagian ini tidak keriput. Keriput di sini karena buku bajakan memiliki kualitas lem yang buruk sehingga saat ditumpuk akan terjadi pengeriputan. Ketiga, cover belakang juga jangan lepas dari sorotan. Biasanya di bagian barcode cetakannya membayang, seakan-akan dobel. Ini biasanya terjadi karena mesin pencetak tidak baik atau hasil dari copy berwarna. Jadi jangan sampai ada yang terlewat ya. 3 tips dalam mengidentifikasi cover buku ini juga dapat diterapkan untuk buku bekas.

Baca juga: 6 Cara Cepat Mengingat Bacaan dari Buku yang Anda Pelajari

2. Kualitas Kertas

Hampir semua buku-buku yang dicetak saat ini, bekas maupun baru, menggunakan kertas yang berwarna kuning. Kertas ini disebut kertas bookpaper atau stora enso. Kertas ini menjadi standar suatu buku yang dicetak dari suatu penerbit berkualitas. Buku-buku bajakan jarang sekali menggunakan kertas ini, karena harganya jauh lebih mahal ketimbang kertas HVS putih biasa. Kertas stora enso juga lebih tebal serta lebih halus yang ramah untuk jari kita.

Jangan juga membeli buku yang memiliki kertas buram. Warnanya hampir abu-abu, dengan beberapa tulisan yang tampak pudar. Jika membaca adalah pengalaman yang mencerahkan, membaca buku dengan kertas ini akan mengurangi pengalaman membaca kamu. Tentu kamu ingin mendapatkan pengalaman membaca yang menyenangkan bukan?

3. Format Penulisan

Ini yang paling penting. Pastikan kamu meminta foto bagian-bagian dalam isi buku untuk melihat apakah ada tulisan yang miring, kertas yang terbalik, halaman yang acak, kalimat yang terhapus, dan sebab-sebab lain mengenai layout. Kamu bisa meminta kepada toko buku online, misalnya untuk memfoto halaman 13, 71, 94, dan 102. Sehingga kamu dapat memastikan bahwa si penjual tidak memberikan kamu foto di bagian-bagian yang tidak memperlihatkan bahwa buku itu bajakan.

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Buku Agar Tidak Mudah Rusak

4. Tidak Terbungkus dengan Baik

Poin ini dimaksudkan untuk buku-buku baru, bukan buku bekas. Kalian tahu suatu buku baru pasti disegel rapi dengan plastik. Jika buku tersebut tidak dilapisi plastik dengan rapi, maka bisa jadi buku itu bajakan. Beberapa buku bajakan memang menggunakan plastik untuk membungkusnya, namun biasanya lapisan plastik pembungkusnya tidak kencang, bahkan terlihat sangat mudah dilepas. membeli buku di toko buku online juga bermodal kepercayaan. Tentunya kamu tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan bila buku saja tidak dibungkus palstik dengan baik?

5. Harga yang Murah

Jelas bahwa buku bajakan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran maupun harga dari penerbit asli. Banyak buku-buku bajakan di toko buku online yang dijual begitu murah. Murah di sini dikarenakan penggunaan bahan-bahan dalam pembuatan buku-bukunya juga murah, di mana mayoritas dari mereka adalah hasil copy. Ada juga yang mendekati aslinya karena dicetak dari penerbit/percetakan ilegal. Tapi dengan tips-tips di atas, pasti kamu akan tahu kekurangan dari buku bajakan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 50.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…