Ketentuan Donasi

Umum

Menu Donasi adalah fitur yang dikelola oleh manajemen Literasinusantara.com yang menyediakan media untuk beberapa bentuk donasi khususnya di bidang literasi kepada para pemenang Gramedia Reading Community Competition. Terkait dengan fitur ini, ada beberapa hal umum yang perlu diperhatikan :

  1. Literasinusantara.com bukan merupakan situs pengumpul atau penggalangan dana dalam bentuk donasi, namun sebagai media untuk menginformasikan dan mempromosikan kegiatan atau aktivitas literasi yang telah atau akan diselenggarakan oleh para penggiat literasi khususnya pemenang Gramedia Reading Community Competition atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan Literasinusantara.com.
    Literasinusantara.com tidak membebankan biaya administrasi apapun dari setiap donasi yang terkumpul di tiap donasi atau penggalangan dana.
  2. Literasinusantara.com dan/atau PT Gramedia Asri Media tidak pernah menampung segala bentuk bantuan atau donasi yang telah diberikan oleh donatur kepada penerima donasi.
  3. Donasi yang diberikan oleh para donatur diserahkan secara langsung kepada penerima donasi dan tidak melalui tata cara donasi yang telah disediakan.

Jenis Donasi

Terdapat beberapa jenis donasi yang dapat dilakukan oleh para donatur melalui media Literasinusantara.com :

  1. Donasi Dana Operasional
    • Donasi ini merupakan penyerahan bantuan secara langsung berupa dana kepada para penggiat literasi yang terdaftar dalam Literasinusantara.com untuk keperluan operasional komunitas/taman baca
    • Para donatur Donasi Dana Operasional wajib mentaati segala peraturan yang berlaku dan mengikuti tata cara yang berlaku
    • Para donatur wajib mengisi data diri di dalam formulir yang telah disediakan sesuai dengan keadaan sebenarnya.
    • Para donatur dipersilakan untuk memilih komunitas / taman baca yang akan diberikan bantuan donasi sesuai dengan keinginnanya masing-masing.
    • Para donatur akan dihubungi oleh pihak Literasinusantara.com apabila diperlukan.
    • Para donatur dapat menghubungi atau melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada penerima donasi apabila diperlukan.
    • Para donatur dapat melakukan donasi via transfer secara langsung kepada para penggiat literasi melalui tata cara yang telah disediakan.
    • Segala bentuk donasi yang diserahkan donatur melalui fitur donasi harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu dengan cara mengirimkan atau mengunggah bukti transfer dalam form yang telah disediakan.
    • Pihak Literasinusantara.com berhak menghubungi donatur maupun penerima donasi terkait konfirmasi atas donasi yang telah diberikan.
  2. Donasi Paket Buku
    • Donasi Paket Buku merupakan penyerahan bantuan berupa bantuan paket buku secara fisik melalui pembelian di Gramedia terdekat yang selanjutnya diserahkan kepada para penggiat literasi yang terdaftar dalam Literasinusantara.com.
    • Para donatur paket buku wajib mentaati segala peraturan yang berlaku dan mengikuti tata cara yang berlaku
    • Para donatur wajib mengisi data diri di dalam formulir yang telah disediakan sesuai dengan keadaan sebenarnya.
    • Para donatur dipersilakan untuk memilih komunitas / taman baca yang akan diberikan bantuan donasi buku berserta nominal paket buku yang diinginkan.
    • Para donatur dapat menghubungi atau melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada penerima donasi paket buku apabila diperlukan.
    • Literasinusantara.com untuk selanjutnya akan meneruskan informasi permohonan donasi buku kepada Gramedia terdekat dari komunitas / taman baca penerima donasi.
    • Para donatur dapat melakukan pembayaran paket buku via transfer secara langsung kepada Toko Gramedia terdekat.
    • Para donatur akan dihubungi oleh pihak Literasinusantara.com atau Toko Gramedia tempat membeli buku apabila diperlukan.
    • Literasinusantara.com maupun Toko Gramedia terdekat akan menyerahkan donasi paket buku yang diberikan secara langsung ataupun melalui pengiriman kepada komunitas / taman baca penerima donasi paket buku.
    • Apabila donatur berkenan untuk turut hadir dalam penyerahan donasi paket buku maka diwajibkan untuk melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Literasinusantara.com.
    • Segala bentuk donasi yang diserahkan donatur melalui fitur donasi harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu dengan cara mengirimkan atau mengunggah bukti transfer dalam form yang telah disediakan.
  3. Donasi Kampanye Kegiatan Literasi
    • Donasi Kampanye Kegiatan Literasi merupakan penyerahan bantuan dana secara langsung untuk keperluan pelaksanaan kegiatan literasi yang dilaksanakan oleh masing-masing komunitas / taman baca yang terdaftar dalam Literasinusantara.com .
    • Para donatur Kampanye Kegiatan Literasi wajib mentaati segala peraturan yang berlaku dan mengikuti tata cara yang berlaku
    • Para donatur wajib mengisi data diri di dalam formulir yang telah disediakan sesuai dengan keadaan sebenarnya.
    • Para donatur dipersilakan untuk memilih jenis kampanye yang akan diberikan bantuan donasi berserta nominal dana yang diinginkan.
    • Para donatur dapat menghubungi atau melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada penyelenggara kampanye kegiatan literasi apabila diperlukan.
    • Para donatur dapat melakukan donasi via transfer secara langsung kepada penyelenggara kampanye melalui tata cara yang berlaku.
    • Segala bentuk donasi yang diserahkan donatur melalui fitur donasi harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu dengan cara mengirimkan atau mengunggah bukti transfer dalam form yang telah disediakan.
    • Pihak Literasinusantara.com berhak menghubungi donatur maupun penerima donasi terkait konfirmasi atas donasi yang telah diberikan.

Kewajiban Pengguna Situs

  1. Wajib menyatakan diri sebagai seseorang yang cakap di mata hukum sehingga dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan yang merupakan kelalaian dan/atau pelanggaran atas syarat dan ketentuan penggunaan Literasinusantara.com;
  2. Wajib memberikan data dan informasi dengan benar, tidak menyesatkan, dan/atau pemalsuan;

Larangan

  1. Dilarang memberikan dan/atau menyuruh pihak lain untuk memberikan data atau informasi yang tidak benar, serta memalsukan data atau keterangan pihak lain;
  2. Dilarang melakukan dan/atau menyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkan pelanggaran terhadap sebagian atau seluruh hak kekayaaan intelektual dari Pengelola Situs maupun Pengguna Situs lainnya;
  3. Dilarang melakukan dan/atau menyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang dapat merusak, mengganggu, atau membatasi sistem pada Situs.
  4. Dilarang melakukan dan/atau menyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang bertentangan dengan hukum, melanggar kesusilaan, maupun melanggar hak Pengelola maupun hak pihak Pengguna Situs lainnya.

Bagi Donatur

Donatur adalah Pengguna Situs yang memberikan bantuan dalam satu atau beberapa bentuk donasi dalam upaya mendukung penggiat literasi dan kampanye penggalangan dana berkewajiban untuk:

  1. Segala bentuk donasi baik dalam bentuk dana operasional, donasi buku, maupun kampanye literasi yang terdapat dalam Literasinusantara.com diatur dan melalui proses identifikasi, registrasi, dan konfirmasi terlebih dahulu
  2. Wajib mencermati segala informasi mengenai tata cara donasi atau kampanye penggalangan dana yang dimuat di dalam fitur Donasi sebelum memberikan dukungan;
  3. Tidak memberikan informasi tambahan yang palsu dan/atau menyesatkan atas segala halaman, tautan, dan berbagai bentuk media lainnya dari kampanye suatu penggalangan dana di Literasinusantara.com;
  4. Bertanggung jawab atas donasi yang telah disalurkan dan menyadari konsekuensi bahwa Pemilik Kampanye penggalangan dana berkemungkinan tidak dapat melaksanakan secara sebagian atau sepenuhnya atas kampanye dan/atau reward/imbalan yang telah dijanjikan sebelumnya pada kampanyenya;
  5. Sepakat untuk tidak mempermasalahkan dan/atau menuntut secara hukum Pihak Pengelola Situs atas penyalahgunaan donasi yang dilakukan oleh Pihak Pemilik Kampanye;
  6. Calon donatur dapat memanfaatkan kontak narahubung yang tertera di tiap halaman donasi untuk mengetahui detail suatu kampanye baik pada saat penggalangan dana maupun ketika masa implementasi kampanye dari narahubung secara langsung;
  7. Saat berdonasi secara anonim artinya nama & alamat email donatur tidak akan terlihat di halaman donasi namun tetap dapat terlihat oleh penggalang dana;
  8. Wajib tidak melakukan pencucian uang dan/atau menggunakan uang yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum dalam mendonasikan uangnya untuk melakukan donasi dalam bentuk apapun maupun kampanye penggalangan dana yang ada di dalam Literasinusantara.com;
  9. Donasi yang masuk ke Literasinusantara.com tanpa memakai kode unik dan tidak melakukan konfirmasi akan dicatat sebagai donasi umum yang kemudian diinformasikan oleh Literasinusantara.com kepada penerima donasi.
  10. Segala bentuk dana yang telah didonasikan tidak dapat dicairkan kembali.

 

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…