Pendiri : Sisi Wahyu
Kontak : 085697011865
Alamat : Komplek Sekretariat Negara RI , Jl. Palem Raja Raya, RT 01 RW 06, Pondok Kacang
Barat, Tangerang Selatan, 15226

Warung Baca Mata Air Indonesia adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam Bidang Pendidikan Sosial, tersedia untuk anak –anak yatim, kurang mampu, dan anak-anak yang ada keinginan kuat untuk terus belajar dan belajar. Mata Air lahir dari kegundahan seorang ibu rumah tangga bernama Sisi Wahyu atau biasa anak-anak memanggilnya ‘mama ua’, yang prihatin melihat banyak anak – anak hanya gemar bermain dan sedikit waktu berfikir untuk kepentingan sekolahnya. Awalnya mama ua mengikuti aktivitas teman-teman Aura yang rajin datang untuk bermain sambil berdagang dirumah ala anak-anak.

Mencermati secara langsung, mama ua banyak lihat dan dengar hal-hal yang terjadi diseputar usia mereka yang masih tingkat SD. Melalui buku bacaan bekas dan majalah anak, mama ua terus melakukan pendekatan agar anak tertarik melakukan perubahan yang lebih baik, dimana disampaikan saat berbincang tentang sebuah bacaan, senantiasa disisipkan pesan seperi : jika bermain, bermainlah dengan waktu-waktu yang tepat, jika bermain jangan dilupakan tugas-tugas sekolah dan lain sebagainya.

Rutinitas obrolan yang mengalir setiap harinya, tak disadari anak ternyata buat mereka jadi banyak belajar, mereka jadi banyak baca, anak-anak di sekitar rumahnya begitu senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang lambat laun terdengar diberbagai kalangan anak dan orang tua sampai keluar komplek Setneg Pondok Kacang Barat.

Meskipun dengan jumlah buku yang sangat minim,tapi tak menghalangi niatnya untuk terus berbagi. Maka mama ua sering kehadiran Banyak Mahasiswa yang juga ingin belajar tapi dapat turut membantu aktivitas Literasi di ‘Warung Baca Mata Air Indonesia’ dan mereka pun dikenali sebagai kakak Volunteer.

Sejak Senin, 27 Oktober 2008 di rumah mama ua aktivitas Baca Tulis Hitung dasar hidup hingga sekarang hampir 9 tahun lamanya. Mama Ua didukung banyak anak-anak dari tingkat SD hingga perguruan tinggi terus fokus dalam menangani masalah bidang pendidikan sosial dan pengembangan Literasi pada anak – anak dilingkungan sekitar dengan pola Sharing, Fun and Education.

Ruang Lingkup Terapan Literasi Mata Air

Mengenal lebih dekat Taman Baca Masyarakat di area Tangsel yang bernama “ Warung Baca Mata Air Indonesia” kegiatannya aktif disetiap hari minggu pagi dirumah Mama ua, dan sudah satu tahun ini dialihkan lokasinya, numpang sementara di Pos RW 06 Komplek Setneg RI Pondok Kacang Barat dengan fasilitas ruang ukuran 3.5 x 4 meter persegi.

Banyak dari mereka yang bertanya, kenapa bernama Warung Baca Mata Air Indonesia? Baik, kami sebagai tim Redaksi akan menjelaskan filosofi dan makna nama tersebut :

1. Warung adalah sebuah tempat yang menyajikan berbagai menu pendidikan.
2. Baca adalah aktifitas melihat, mendengar dan mengetahui ilmu melalui salah satu media utamanya yaitu buku.
3. Mata Air adalah sumber kehidupan bagi alam semesta dan isinya.
4. Indonesia adalah suatu wilayah yang mempunyai kekayaan serta keanekaragaman seni budaya dan bahasa dalam bingkai persatuan yang saling menguatkan.

Jadi, Warung Baca Mata Air Indonesia adalah sebuah wadah berkumpulnya anak tumbuh bersama dalam lingkungan pendidikan yang sehat dan positif untuk belajar menjadi pribadi yang baik, cerdas, mandiri dan berakhlakul karimah. Melihat kondisi anak-anak yang sangat fluktuaktif saat mengikuti kegiatan dan belum terjangkaunya informasi tentang taman baca masyarakat ini, membuat para volunteer berinisiatif untuk menjemput bola, dengan membawa buku-buku didalam kardus menuju ke tempat/lapak yang banyak anak bermain, disitulah kami menggelar lapak Warung Baca KELILING Mata Air Indonesia.

Dilihat sangat efektif berbagai aktivitas ditiap minggunya dan mengingat ruang baca yang juga belum memadai, belajarpun masih menggunakan area parkiran maka kegiatan ini menjadi rutinitas yang sangat membantu dari berbagai Terapan Literasi Mata Air yang ada. Dengan sebutan MODUS (Motor Kardus). MODUS aktif di 6 titik area padat penduduk. Para Volunteer intinya berasal dari kalangan SMA sampai Mahasiswa, yang saat ini jumlahnya berkisar 15 orang. Selain MODUS, saat ini Mata Air juga memiliki beberapa aktivitas unggulan, dimana kegiatanya bersamaan dilakukan pada hari minggu. Diantaranya adalah :

1. Ruang Baca yang dipenuhi baca bareng, kaji bareng, praktek bareng dengan buku bacaan.
2. Ruang IT adalah Pembelajaran pengetahuan dunia informasi dan tekhnologi.
3. Entrepreneur Class merupakan kelas khusus anak mulai tingkat SMP belajar ilmu komunikasi, kepemimpinan dan kewirausahaan. Bertujuan untuk mencetak generasi sehat yang mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.

Volunteer Terdidik

Saat ini Mata Air membina kurang lebih 85 anak-anak binaaan termasuk dari OSIS sekolah Yapera Tangerang yang sedang rutin mengikuti dan membantu disetiap kegiatan Mata Air. Kami terus berusaha merangkul dan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga formal, seperti Sekolah dan Perguruan Tinggi, sebagai jembatan menyentuh anak. Walaupun kami menyadari akan banyak kekurangan baik dari segi pembiayaan, pengetahuan dan sarana yang mendukung, tapi semua itu tak menjadi sebuah hambatan bagi kami untuk terus melangkah kedepan.

Menjalankan berbagai kegiatan literasi terkadang kami harus patungan bersama agar bisa terwujud, semua itu kami lakukan semata- mata untuk mencari ridho Allah, dalam rangka ikut serta mencerdaskan generasi Bangsa Indonesia. Hasil yang tidak berkhianat pada setiap usaha Mama Ua dan anak-anak. Mata Air pun berhasil meraih Juara 2 untuk Regional DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dalam ajang lomba bergengsi ‘Gramedia Reading Community Competition tahun 2016 ‘ yang diadakan oleh Gramedia.

Our GOALS (God Always Listening)

Di usianya yang menginjak 9 tahun di bulan oktober tahun ini, banyak sekali harapan baik para Volunteer seperti adanya dukungan bantuan para pemerhati pendidikan (Donatur) agar menunjang upaya pengembangan Literasi di wilayah kami, Tangsel. Untuk dapat terus berkarya terutama pengadaan ‘sepeda motor buat Warung Baca KELILING kita, kami ingin dapat menjangkau dan memperluas jumlah titik/lapak BACA yang nantinya bukan hanya di kelurahan Pondok Kacang Barat saja, tapi bisa mencapai titik-titik darurat area Tangsel.

Kami juga terus berusaha untuk mewujudkan pembangunan RUANG PERPUSTAKAAN yang memadai buat kepentingan banyak anak. Ruang kerja para Volunteer Mata Air yang telah terdidik di tahun 2019 juga kami butuhkan, yang biasanya kami gunakan tempat-tempat seadanya saat berkumpul, berdiskusi jadi tempat untuk ‘Pusat Pengembangan Kreatifitas dan Usaha Siswa’. Adapun Ruang Serbaguna tak luput jadi bagian impian kami dimana ruang yang luas adalah area merdeka bagi kami para pegiat literasi berekspresi.

Kami sadar semua ini hanyalah sebuah mimpi belaka bila tidak ada dukungan dan kerja sama dari semua pihak, minimal adalah sebuah doa yang begitu indah bagi para volunteer yang memperjuangkan mimpi ini, dan semoga semua mimpi ini bisa terwujud.

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…