Apa sih artikel itu?

Artikel adalah sebuah kalimat yang disusun oleh seorang penulis dengan sebuah tujuan yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Setiap orang berhak menulis sebuah artikel untuk mengemukakan pendangan mereka terhadap suatu hal.  Menulis artikel yang menarik dan berkualitas memang bukan hal yang mudah untuk itu kita perlu berlatih dan memiliki wawasan serta pandangan yang luas  sehingga memunculkan ide – ide kreatif untuk kita tuangkan ke dalam kata -kata.

Banyak penulis pemula yang membuat sebuah tulisan berdasarkan dengan apa yang terlintas di dalam pikiran mereka lalu mereka posting di blog pribadi mereka. Ada beberapa netizen yang tidak mempermasalahkan hal tersebut, namun ada juga yang merasa hal tersebut belum benar. Jika ingin membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel anda, maka anda harus memikirkan struktur artikel dan isi tulisan yang menarik serta berkualitas bagi pembaca. Usahakan membuat artikel dengan kualitas yang baik, informatif, dan edukatif sehingga membuat pengunjung blog terus meningkat setiap harinya. Lalu bagaimana cara membuat artikel menarik dan berkualitas?  Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menulis sebuah artikel :

  • Mencari Ide
    Hal yang paling utama dalam membuat sebuah tulisan adalah mencari ide yang cemerlang untuk konten anda. Berpikirlah tentang ide seperti apa yang dapat membuat artikel yang menarik untuk pembaca. Segala hal yang besar bermula dari sebuah ide. Ide yang cemerlang dapat ditemukan dimana dan kapan saja, bisa ketika sedang bersantai, dapat dari membaca artikel dan referensi tulisan orang lain, atau dapat juga ketika anda sedang berinteraksi dengan orang lain. Setiap ide yang muncul sangatlah berharga, jangan lupa catat ide – ide tersebut dalam sebuah notes.
  • Tentukan Topik Yang Menarik
    Setelah mendapatkan ide maka tentukan topik yang menarik untuk artikel anda. Dalam memilih sebuah topik anda harus dapat menentukan dengan seksama. Usahakan selain memilih topik yang menarik, pilih juga topik yang informatif dan edukatif bagi pembaca.
  • Menentukan Judul Artikel
    Judul adalah penentu apakah artikel kita akan dibaca atau tidak oleh netizen. Sebaik apapun tulisan artikel anda tidak akan berguna jika anda salah mencantumkan judul. Judul yang baik adalah terdapat subjek, objek dan predikat yang jelas namun hal seperti ini jarang dilakukan oleh blogger karena dianggap telalu panjang dan tidak dapat memikat para pembaca. Tulis judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi artikel anda contohnya “5 Tips Menguasai Bahasa Inggris Dalam Sebulan” dengan judul seperti ini menekankan bahwa pembaca dapat menguasai bahasa inggris hanya dengan cara dan waktu yang singkat.
  • Buka dengan kalimat Yang Menarik
    Kalimat pembuka yang baik dapat memuat pembaca melanjutkan untuk membaca artikel sampai selesai. Kalimat pembuka pada artikel jangan terlalu panjang, sisipkan pertanyaan yang membuat pembaca menjadi penasaran. Tulis kalimat awal yang membuat pembaca penasaran karena hal ini dapat menarik pembaca untuk membaca artikel kita lebih lanjut.
  • Pasang Gambar Yang Menarik
    Memberikan sebuah gambar merupakan salah satu menghias artikel anda. Gambar membuat artikel anda lebih berwarna sehingga dapat mengurangi kejenuhan pembaca. Gambar pada artikel harus disesuaikan dengan isi artikel anda.
  • Gunakan Heading
    Heading sangat penting untuk pembaca. Heading berfungsi untuk menyusun level – level heading dan subheading pada wesbite. Heading mempermudah pembaca untuk memahami informasi dari artikel anda karena pengunjung website tidak selalu membaca semua text di dalam artikel anda. Dalam sebuah blog dengan menggunakan tag heading dapat mempermudah google dan mesin pencari lainnya untuk mengindex tulisan anda selain itu mempermudah pembaca untuk datang ke blog anda. Heading juga mempermudah pengguna untuk menyortir halaman lebih cepat.
  • Isi Dengan Konten Yang Berkualitas
    Konten yang anda tulis akan sia-sia jika tidak ada pembacanya. Tulisan yang berkualitas tidak akan berputar-putar terlalu jauh dan selalu fokus pada point tujuan masing-masing. Tulislah konten yang akurat dalam menyampaikan informasi. Berikan data dan fakta yang jelas ketika menulis sebuah artikel. Artikel tidak harus panjang yang terpenting semua informasi dapat tersampaikan secara baik dan benar dan gunakan kata “anda” “kalian” “kita” agar terlihat akrab oleh pembaca. Buatlah konten yang memorable bagi pembaca sehingga membuat mereka kembali membaca artikel anda dan merekomendasikan artikel anda kepada teman – temannya.
  •  Tutup Artikel Dengan Kalimat Yang Berkesan
    Ketika membuat kalimat pembuka yang menarik maka kalimat penutup pun harus berkesan bagi pembaca. Jika diawal memberikan sebuah pertanyaan maka di akhir artikel dapat memberikan sebuah jawaban, Jika di awal memberikan sebuah penjelasan maka akhiri dengan sebuah pertanyaan. Di akhir artikel kalian juga dapat membuat kesimpulan yang mempermudah pembaca untuk mengambil inti dari artikel anda.

Bagaimana lits? Apakah sudah jelas dan paham bagaimana menulis artikel yang menarik dan berkualitas?
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk menyusun artikel yang menarik lits! jika ingin menambahkan sesuatu pada artikel ini silahkan isi di kolem komen dibawah ini ya lits.

 

Sumber :

https://www.dewaweb.com/blog/cara-menulis-konten-berkualitas-dan-menarik/

http://www.nananggunawan.com/2017/08/tips-menulis-membuat-artikel-bagus-berkualitas.html

http://bektiiberbagi.blogspot.com/2014/01/tips-membuat-artikel-baik-menarik.html

Leave your vote

-2 points
Upvote Downvote

Total votes: 8

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 37.500000%

Downvotes: 5

Downvotes percentage: 62.500000%

Total
1
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…