Buat kalian para pencinta buku, pernahkah kalian mengalami reading slump? Apa sih Reading Slump itu? Reading Slump adalah suatu kondisi di mana saat kalian membaca buku, kalian tidak bisa menikmati cerita pada buku tersebut, pikiran kalian kemana-mana, dan kalian merasa tidak bergairah untuk membaca buku seakan kalian kehilangan mood untuk membaca pada saat itu. Tidak fokus membaca buku dapat terjadi kepada siapa saja termasuk kepada serorang kutu buku sekalipun pasti pernah mengalami hal tersebut.

Biasanya tidak fokus membaca buku ini terjadi karena beberapa hal seperti banyaknya kerjaan yang kita lakukan sehingga kita hanya fokus pada pekerjaan itu dan melupakaan buku – buku yang kita miliki, pengaruh gadget juga dapat menjadi sebab loh lits! Apalagi saat ini banyak akun social media yang tanpa kita sadari banyak waktu terpakai hanya untuk membuka social media, atau bisa juga karena efek buku yang sebelumnya kita baca tidak sesuai dengan ekspetasi sehingga membuat kita kecewa jadi membuat kita malas membaca buku lagi.

Jika kalian sedang mengalami reading slump jangan sampai merasa stres karena ternyata penyakit tidak fokus membaca buku ini bisa dihilangkan. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan saat sedang mengalami reading slump:

Menata Ulang Kembali Bukumu

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi reading slump adalah dengan menata kembali buku-bukumu. Bisa jadi, virus reading slump ini terjadi karena melihat buku-bukumu yang berantakkan dan tidak tertata dengan rapi. Coba bersihkan dan tata kembali bukumu, membersihkan dan merapikan rak buku itu pentig loh lits! Barangkali dengan menata ulang buku-buku itu kamu dapat menemukan buku yang  belum sempat kamu baca atau menemukan buku favoritmu sehingga dapat membuat kamu tertarik untuk membacanya.

Baca juga: Orang Sukses Membaca Sebelum Tidur Karena Mereka Tahu 10 Manfaat Ini

Memberikan Jeda Waktu Untuk Membaca

Saat sedang mengalami reading slump, kalian tidak perlu memaksakan diri untuk terus membaca buku. Beri jeda waktu sekitar 1 minggu untuk mengistirahatkan sejenak pikiran kalian. Setelah cuti membaca buku kalian bisa memulai kembali dengan memberikan batas waktu misalnya kalian stop membaca setiap 2 s.d. 3 jam sekali.

Jika dalam 1 minggu cuti kalian masih belum mood untuk membaca buku, tambahkan kembali jangka waktu cuti tersebut sampai kalian menemukan mood untuk membaca buku kembali . Sebab lain dari reading slump bisa juga karena kalian telah membaca buku yang menarik sebelumnya jadi saat membaca buku yang lain, kalian belum dapat move on dari buku yang lama.

Tips dan Trik Mengatasi Tidak Fokus Membaca Buku (Reading Slump)
Gie (Nicholas Saputra) sedang membaca The Rebel karya Albert Camus. Sumber (Ilustrasi)

Baca Buku dengan Genre yang Berbeda

Tidak fokus membaca buku dapat disebabkan juga oleh rasa jenuh ketika membaca novel dengan genre yang sama. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk membaca buku dengan genre lain yang bukan selera kita karena biasanya mencoba hal baru dapat mengurangi rasa jenuh  loh lits! Jika kamu biasa membaca buku dengan genre romance, cobalah baca buku dengan genre thriller. Semakin banyak genre buku yang kalian baca maka akan semakin mengurangi rasa bosan kalian terhadapat buku tertentu.

Baca juga: Punya Target Membaca Sekian Buku? Yuk Pelajari Cara Membaca Cepat

Mengubah Suasana Membaca Buku

Mengubah suasana saat kalian membaca buku merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalahtidak fokus membaca buku. Untuk mengembalikan mood kalian dalam membaca buku, kalian dapat mencari tempat yang sebelumnya belum pernah kalian gunakan untuk membaca buku.

Misalnya jika sebelumnya kalian membaca buku di dalam kamar atau di dalam rumah, mungkin kalian dapat mencoba membaca buku diruang terbuka seperti taman, atau juga kalian dapat mencoba untuk membaca buku di cafe dengan suasana yang lebih santai. Dengan mengubah suasana tempat saat membaca buku diharapkan juga dapat mengubah mood kalian dan dapat mengusir masalah reading slump kalian.

Tips dan Trik Mengatasi Tidak Fokus Membaca Buku (Reading Slump)
Sedang membaca (ilustrasi). Sumber

Baca Ulang Buku Favoritmu

Virus reading slump dapat mempengaruhi ketertarikan kalian dalam membaca buku. Biasanya orang yang sedang mengalami reading slump cenderung tidak berselera untuk membaca buku. Dengan membaca kembali buku favoritmu maka dapat mengembalikan semangat baca dan membangkitkan kembali minat baca. Membaca ulang buku favoritmu merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengembalikan minat baca kalian loh lits!

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Untuk Kamu Para Pencinta Buku

Blog Walking

Bekunjung ke situs blog atau website yang menyediakan review mengenai buku-buku terbaru merupakan salah satu cara untuk mengatasi virus reading slump. Dengan melihat foto-foto buku yang cantik , caption menarik dan ulasan mengenai kelebihan dari buku tersebut dapat membuat kalian kembali tertarik untuk membaca buku. Selain itu melihat antusiasme orang lain terhadap buku tersebut juga akan membangkitkan antusiasme kalian untuk membaca minimal pada buku yang diulas di blog tersebut.

Nah itu dia tips untuk mengatasi reading slump. Semoga tips di atas dapat mengatasi virus tidak fokus membaca buku kalian ya. Selamat mencoba!

RUJUKAN

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 4

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Total
10
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…